Tugas Seorang Data Analyst

Tugas Seorang Data Analyst – Saat ini era digital semakin berkembang, karena semuanya dilakukan menggunakan pendekatan digital, termasuk juga bisnis. Perusahaan memanfaatkan data dari target market berdasarkan pencarian dan pembahasan yang sering dilakukan di internet.

Dengan maraknya bisnis digital yang membuat bidang digital marketing semakin banyak diikuti dan mencetak banyak profesi baru di perusahaan, salah satunya yaitu profesi data analyst.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, gaji yang diterima, tugas-tugas, dan kemampuan yang harus dimiliki seorang data analyst.

Tugas Seorang Data Analyst

Tugas Seorang Data Analyst

Pengertian Data Analyst

Data analyst merupakan pekerjaan yang berfokus pada berbagai jenis data untuk kebutuhan tertentu. Seorang data analyst bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset data dengan menggunakan tools tertentu.

Pada dunia bisnis, data analyst melakukan riset untuk marketing atau pengembangan produk, dimana dengan melakukan aktivitas target pasar melalui internet.

Saat ini, seorang data analyst sangat dibutuhkan di dunia bisnis karena perilaku, selera, dan tren yang sedang berjalan di pasar sangat cepat mengalami perubahan.

Sehingga untuk membuat dan mengumpulkan waktu lebih baik menggunakan proses analytics, karena lebih menghemat waktu dan datanya lebih akurat, dibandingkan dengan riset manual yang membutuhkan waktu lebih lama.

Tidak hanya di dunia bisnis, seorang analyst juga dibutuhkan di bidang akademis dan penelitian, karena kemampuan analisis data sangat mempermudah dalam melakukan riset terhadap data yang padat, akurat, dan waktu yang efisien, dengan ini berpeluang besar untuk peneliti dan dosen mendapat proyek riset lain dengan berbagai pihak. Pada umumnya, pemanfaatan data untuk perusahaan atau lembaga untuk mengambil keputusan penting bagi pengembangan bisnis.

Gaji Data Analyst

Berdasarkan data dari indeed tahun 2021, rata-rata gaji yang didapat seorang data analyst yaitu sekitar Rp 4.200.000.

Namun hal tersebut disesuaikan dengan kondisi perusahaannya, serta berdasarkan tingkatan dan durasi kerja seperti entry level dan senior, tentunya akan mendapat gaji yang berbeda-beda, bisa lebih dan kurang dari nominal tersebut.

Baca Juga :  Profesi Database Administrator

Tugas-tugas Data Analyst

Tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang data analyst, adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan Data

Merupakan tugas utama seorang data analyst. Bisa dimulai dengan cara mendapatkan data dari database perusahaan atau mengekstraknya dari sumber eksternal untuk melakukan penelitian dan analisis lebih lanjut.

  1. Menafsirkan Data

Data- data yang sudah dikumpulkan kemudian akan dianalisis dan ditafsirkan menjadi sebuah informasi, sehingga seorang data analyst harus memiliki kemampuan untuk menafsirkan data menjadi sebuah informasi.

  1. Membuat Laporan

Setelah data ditafsirkan, data akan disusun sebagai informasi yang mudah dipahami. Terdapat beberapa software yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan data, seperti Power BI dan Tableau.

  1. Membersihkan Data

Sebelum memulai analisis, perlu melakukan proses pembersihan data secara menyeluruh, agar bisa menganalisis dengan baik dan tidak terganggu dengan data yang mengganggu proses analisis data.

  1. Berpikir Logis dan Analitis

Saat melakukan analisis data, seorang data analyst harus mengikuti proses evaluasi data menggunakan penalaran analitis dan logis untuk memeriksa setiap komponen data yang ada, yang biasanya menggunakan alat statistik seperti alat dan bahasa pemrograman untuk menganalisis dan menafsirkan data.

  1. Menemukan Tren, Korelasi, dan Pola

Seorang data analyst bertugas untuk menemukan tren, korelasi, dan pola dalam kumpulan data yang rumit. Seperti mencari tren jangka pendek dan jangka Panjang. Dan dari hasil temuan tersebut, perusahaan dapat membenahi atau mengambil keputusan yang diperlukan bagi keberlangsungan perusahaan.

  1. Terampil Dalam Presentasi

Seorang data analyst tidak hanya berdia diri di depan komputer saja, tetapi harus mampu berkomunikasi dengan baik, mampu menceritakan kisah yang menarik dengan data sangat penting untuk menyampaikan maksud dari analisis tersebut. Visualisasi data juga sangat diperlukan, dengan menggunakan bagan dan grafik yang menarik dan berkualitas tinggi, agar presentasi temuan menjadi lebih ringkas dan jelas.

  1. Teliti Dalam Penyimpanan

Seorang data analyst harus memiliki keahlian teknis mengenai model data, pengembangan desain database, karena bertugas untuk memastikan bahwa penyimpangan, ketersediaan data yang disimpan secara elektronik memenuhi kebutuhan perusahaan.

Kemampuan Yang Dibutuhkan Seorang Data Analyst

Hardskill Yang Dibutuhkan

Untuk menjadi data analyst, anda harus mampu bersifat lebih kepada teknis pekerjaan atau yang biasa disebut dengan hardskill.

Baca Juga :  Profesi Public Relation

Berikut adalah beberapa hardskill yang dibutuhkan untuk menjadi data analyst:

  1. Memahami Bahasa Pemrograman

Mengetahui bahasa pemrograman dengan baik akan bermanfaat dan mempelajari cara membuat kode, sangatlah penting bagi seorang data analyst, agar dapat melakukan analisis numerik, dan statistik data besar. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan yaitu SQL, Oracle, dan Python.

  1. Kemampuan Matematika

Sebagai data analyst, akan selalu berhubungan dengan data. Dengan itu perlu untuk memahami matematika, dan statistik yang sangat baik. Data analyst juga perlu memiliki kemampuan dalam menjabarkan angka ke grafik, tabel, dan elemen grafis.

  1. Menganalisa, Menyajikan, dan Menginterpretasi Data

Seorang data analyst harus mampu menganalisa, menyajikan, dan menginterpretasi data dengan baik, karena salah satu tugas data analyst yaitu menganalisa dan menafsirkan data ke dalam informasi atau laporan.

  1. Kemampuan Dalam Menggunakan Adobe Campaign

Sebagai seorang data analyst, perlu untuk memahami software Adobe Campaign dengan baik untuk memungkinkan mengelola data dan memantau campaign antar jaringan.

Softskill Yang Harus Dimiliki

Seorang data analyst juga harus memiliki softskill yang mumpuni.

Berikut adalah beberapa softskill yang harus dimiliki oleh seorang data analyst, yaitu:

  1. Akurasi dan Detail

Data analyst harus bisa memerhatikan data dan hasilnya dengan teliti dan memastikan keakurasiannya.

  1. Dapat Bekerjasama Dengan Tim

Untuk mencapai tujuan bersama atau tujuan perusahaan, diperlukan suatu kerjasama dari anggota-anggota yang ada di dalamnya. Sehingga penting untuk menjalin kerjasama agar tim terus berdampak positif.

  1. Mampu Berpikir Logis dan Metodis

Hal ini berguna untuk memudahkan dalam menganalisis data yang dimiliki dengan rapih dan teratur.

  1. Memiliki kemampuan Analisis Yang Baik dan Kreatif

Diperlukan teknik analisis yang baik dan kreatif agar mampu mengelola data dengan efisien.

  1. Perhatian Terhadap Detail

Hal ini diperlukan karena, seorang data analyst harus menganalisa kode atau detail teknisnya dengan membaca dan menilai coding yang rumit dan struktur yang teknikal.

 

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, gaji yang diterima, tugas-tugas, dan kemampuan yang harus dimiliki seorang data analyst. Semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada para pembaca, terutama untuk anda yang ingin mengembangkan karir di bidang analisis data.

Related Article…