Tips dan Trik PKL SMK Online #2

Tips dan Trik PKL Online #2 -Halo Semuanya kali ini kita akan membahas tips and trik mengikuti praktik kerja lapangan (PKL) secara online. Oh iya kalian pasti sering binggung bagaimana cara melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara online? Nah melalui artikel ini saya tulis semoga kalian dapat memahami dan mengerti bagaimana tips and cara melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara online. Yuk kita simak artikel dibawah ini.

Kondisi Pembelajaran di Masa Pandemi

Selama masa pandemi covid-19 Banyak sekali perubahan yang kita alami dari dampak virus covid-19. Dimana kita dituntut untuk work from home. Dan kita harus mematuhinya agar kita terhindar dari penyebaran virus covid-19. Selain orang dewasa juga ada para siswa dan siswi yang terkena dampaknya dari virus covid-19 seperti adanya kebijakan yang mengharuskan para siswa melakukan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dirumah masing-masing dengan memanfaatkan media online sebagai sarana pembelajaran jarak jauh.

tips dan trik pkl online

Tujuan PKL

Dalam melakukan PKL ini, pada umumnya siswa dan siswi mempraktekkan pembelajaran yang sudah  guru berikan di lapangan. Hal ini untuk bekal esok bekerja agar tidak kaget dalam  bekerja tetapi sekarang PKL dilaksanakan secara online. ada sebagian dari siswa dan siswi yang tidak menyukai PKL secara online dan  mereka lebih menyukai PKL secara offline yang alasannya seperti tidak paham apa yang harus kita  dilakukan atau juga  jaringan internet yang susah dan masih banyak lagi alasan lainnya. Dan ada pula siswa yang menyukai PKL secara online karena tidak perlu repot memakai seragam,berdandan hanya ingin rebahan dan melihat laptop atau handphone.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Tips dan Trik

Meskipun sulit dalam melakukan kegiatan PKL online Kali ini saya akan membagikan tips and trik agar siswa dan siswi tidak kesulitan dalam melaksanakan pkl secara online yaitu.

Memanfaatkan teknologi dan sosial media yang ada.

Kita bisaa memanfaatkan teknologi dan sosial media untuk bertanya kepada para mentor tentang materi yang belum kita pahami atau juga bisa untuk mencari referensi materi.

Aktif

Aktif jika mentor sedang melakukan proses tanya jawab kita harus aktif menjawab. Gapapa jawaban yang kita berikan salah tetapi setidaknya kita menjawab dan pastinya akan diperbaiki oleh mentor. Dan Jangan sampai diam saja ketika ditanya sudah paham atau belum dan jawabannya sudah padahal belum paham dengan apa yang sedang mentor dibahas.

Jangan malu bertanya

Nah ini nih yang sulit siswa dan siswi lakukan yaitu malu dalam bertanya sebab banyak siswa yang enggan untuk bertanya ketika mereka belum memahami materi yang diberikan oleh mentor mereka lebih memilih bertanya kepada teman yang bahkan belum tentu itu benar. Maka dari itu kita tidak perlu malu ataupun takut bertanya jika ada materi yang belum dipahami atau masih bingung terhadap materi yang diberikan oleh mentor.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Aceh

Membagi waktu belajar dengan istirahat.

Sering kali kita merasa bosan dan cape jika terus menerus belajar,oleh karena itu kita harus membagi waktu untuk belajar dan istirahat agar otak dan fikiran kita tidak setres dan merasa lelah.

Usahakan bangun lebih

Usahakan kita bangun pagi untuk mandi dan makan sebelum memulai aktifitas PKL,agar keadaan kita jauh lebih fres dan mudah konsentrasi dalam mengerjakan tugas tersebut.

Menyiapkan kuota untuk kegiatan PKL

Kesimpulan dari artikel saya adalah dalam melakukan kegiatan PKL kita harus lebih siap dalam melakukan kegiatan tersebut dan dalam melakukan kegiatan ini juga dilakukan secara enjoy dan juga jangan merasa terbebani dalam kegitan PKL.

Sekian dari artikel saya mengenanai tips and trik melakukan PKL online #2. Semoga artikel yang saya buat dapat memberikan manfaat dan membuat wawasan kalian semua menjadi lebih luas.

untuk mendapatkan info PKL lainnya silahkan kunjungi pklsmk.com

dan jika ingin tahu tentang kegiatan SMK lainnya silahkan kunjungi akademikombas.co.id

Related Article…