Tempat Prakerin di Purbalingga

Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pembelajaran yang dilakukan didunia industri dan dunia usaha yang relevan dengan kemampuan (kompetensi) sesuai bidang yang siswa minati.

Prakerin (Praktek Kerja Lapangan) merupakan kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswanya dan dilakukan didunia usaha atau dunia industri. Pelaksanaan prakerin ini dilaksanakan dengan prosedur tertentu.

Contents

Bagaimana Cara Menentukan Tempat Prakerin yang Tepat??

Tujuan Prakerin Bagi Siswa SMK dan Manfaatnya | SMK Negeri 1 Kuningan

Dibawah ini adalah cara menentukan tempat prakerin (Praktek Kerja Lapangan):

°Mencari tempat prakerin yang sesuai dengan bidangnya.

°Memilih perusahaan yang mempunyai peluang dimasa yang akan datang

°Mempertimbangkan lokasi prakerin.

 Hal-hal yang harus dilakukan dan diperhatikan siswa ketika sedang melaksanakan prakerin.

Contoh Laporan Prakerin SMK TKJ | Mualtry

*Menjaga nama baik diri sendiri dan sekolah.

*Melaksanakan dan menaati peraturan tata tertib yang berlaku ditempat prakerin.

*Menjalin kerjasama yang baik dengan karyawan dan teman ditempat prakerin.

*Melaksanakan dan memperhatikan aturan-aturan keselamatan kerja yang didapat dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

*Bertanya kepada pihak yang berkompeten ketika kurang paham dan kurang mengerti.

*Melaksanakan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

°Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang sudah disepakati oleh masing-masing pihak.

*Bersikap sopan santun dan bekerja dengan jujur  

Manfaat Pelaksanaan Prakerin

Summary of FEB MAGANG HYBRID MARET 2021

Dibawah ini adalah manfaat Pelaksanaan Prakerin adalah sebagai berikut: 

*Menambah Keterampilan

 Menambah ketrampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan tentang dunia usaha serta industri yang profesional.  Ketrampilan dan pengetahuan ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi siswa ketika mereka terjun kedunia industri.

*Menjalin Kerjasama

Kegiatan prakerin tidak hanya bermanfaat bagi para siswa saja, tetapi sekolah pun juga dapat merasakan manfaatnya. Dengan adanya kegiatan prakerin dapat menciptakan kerjasama yang baik antara sekolah dengan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia industri.

Baca Juga :  PKL SMK OTKP Gorontalo

*Mengenalkan Siswa Pada Pekerjaan Lapangan

Prakerin  bermanfaat untuk memperkenalkan siswa pada lingkungan kerja di dunia usaha dan di dunia industri. Dengan begitu, maka ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sebenarnya, mereka diharapakan tidak canggung lagi dan dapat beradaptasi dengan cepat.

*Mengasah Ketrampilan

Manfaat Prakerin yang selanjutnya adalah  membantu mengasah ketrampilan yang sebelumnya sudah diberikan disekolah. Dengan melaksanakan kegiatan Prakerin  diharapkan, keterampilan siswa dapat semakin terasah.

Setelah mengikuti kegiatan Prakerin , siswa mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenal pandangan dalam dunia kerja, dan siswa diharapkan menjadi lebih terampil .  Khususnya untuk menumbuhkan etos kerja yang tinggi dan sifat dewasa yang lebih profesional . Prakerin adalah salah satu wadah bagi siswa agar lebih siap dan tidak akan kaget lagi ketika memasuki dunia kerja yang sebenarnya dan yang saat ini semakin ketat pesaingnya.

Tujuan Diadakannya Prakerin

Simak! Program Magang Ini Beri Kesempatan Besar Bekerja di Luar Negeri - Parapuan

Berikut ini adalah Tujuan diadakannya kegiatan Prakerin (Praktek Kerja Industri):

°Bisa membentuk etos kerja yang baik bagi siswa prakerin. Sehingga kedepannya siswa dapat menjadi seseorang lulusan yang berkualitas, dengan kemampuan dan skill yang sangat dibutuhkan ketika sudah terjun kedunia kerja yang sesungguhnya.

°Bisa menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha yang dipilih siswa untuk tempat prakerin.

°Dapat menambah jenis ketrampilan yang dipunyai siswa supaya dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini berguna bagi siswa untuk dapat meningkatkan ketrampilan yang dipunyai, dan akan dibutuhkan ketika terjun kedunia kerja.

Baca Juga :  PKL SMK AKL Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

°Mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa.

°Dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan disekolah. Tidak hanya materi yang harus dikuasai tetapi juga praktek saat terjun ke dunia industri dan dunia usaha.

°Melatih siswa untuk berkomunikasi/berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sesungguhnya. Supaya tidak merasa canggung lagi saat harus berkomunikasi secara profesional dengan didepan publik atau didepan banyak orang.

Landasan Hukum Prakerin

Sebelum Magang Di Game Lab Bagian Marketing, Kamu Harus Tahu Ini | Berita | Gamelab Indonesia

  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 323/U/1997 tentang Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.••

Keputusan Mendikbud tahun 1997 menjadi landasan dijalankannya Praktek Kerja Industri, yang mulai diterapkan ditahun ajaran 1998/1999.

  • UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional••

Undang undang tersebut menjadi dasar dari sistem pendidikan yang ada diindonesia. Berdasarkan pasal 1 UU No. 20 tahun 2003, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, akhlak mulia, kecerdasan dan keterampilan yang diperlukan siswa.

••Kemendikbud No. 080/V/1993 Tentang kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.•• 

Adapun keputusan menteri pendidikan kebudayaan kala yang berisikan: 

1.Melaksanakan sebagaian kelompok mata pelajaran kejuruan disekolah, dan yang sebagainnya dilaksanankan di dunia usaha dan dunia industri

2.Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya dimasyarakat dunia usaha dan dunia industri

3.Menggunakan unit produksi sekolah beroperasi secara profesional sebagai wahana pelatihan kejuruan

  • PP No.29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah

Related Article…