Teknik Gambar Bangunan

Teknik Gambar Bangunan – Teknik Gambar dan Bangunan (TGB) merupakan salah satu kompetensi keahlian yang membekali peserta didik dengan sikap pengetahuan dan keterampilan dalam hal seperti mengerjakan gambar konstruksi beton bertulang, mengerjakan gambar konstruksi tangga, dan mengerjakan gambar konstruksi lantai dan dinding bangunan.

Kira-kira apa saja yang akan dipelajari di Jurusan TGB ?

Pembelajaran / Materi yang diberikan biasanya adalah mengenai dasar-dasar ilmu bangunan dan teknik menggambar baik secara manual ataupun secara digital. 

Teknik gambar bangunan

Dasar ilmu bangunan tersebut meliputi :

– Mengenal terlebih dahulu mulai dari nama bangunan, fungsi, material, pembuatan dari bagian-bagian bangunan gedung beserta ukurannya. misalnya seperti mengenal pondasi, dinding, kusen, atap dan lainnya.

– Mengetahui cara pemasangan bagian-bagian bangunan (misal: sambungan kayu, rangka atap, pintu, kusen, dll)

– Menghitung kekuatan dan pembebanan bangunan atau mekanika teknik misalnya seperti menghitung berat bangunannya berapa, kekuatan betonnya berapa, momen dan pembebanan pada platnya dan sebagainya.

– Dan yang terakhir dilanjutkan dengan menghitung volume bangunan beserta harganya atau rencana anggaran biaya bangunan (RAB Bangunan) 

Baca Juga :  Rekayasa Pertanian

 Untuk materi menggambar ada beberapa hal yang akan anda pelajari disini yaitu seperti : 

– Menggambar manual (yang menggunakan pensil, trek pen, rapido, sepasang segitiga, dan lainnya)

– Menggambar proyeksi (isometri, proyeksi miring, orthogonal, dll)

– Menggambar perspektif teknik 

– Menggambar digital ( yang dimana anda akan menggunakan Autocad, Archicad, Google Sketchup, Style Builder, dll)

Adapun profesi yang berkaitan dengan hal ini:

– Kontraktor/ Pemborong, yaitu dimana seseorang berada di bagian pelaksana proyek atau pekerjaan bangunan yang memimpin sebuah kontrak kerja atau lebih dari segi material maupun tenaga kerja saja

– Pengusaha properti/ Developer, dengan bekal illmu bangunan yang telah anda miliki anda bisa saja mendirikan CV dengan syarat tertentu dan tentunya ini bukan usaha yang kecil dan untungnya juga akan sangat sangat menjanjikan sekali. 

– Menjadi direktur atau pemilik perusahaan, merupakan suatuimpian yang tinggi sekali. Ini merupakan sesuatu yang sangat mungkin terjadi jika mau melihat sejenak ternyata banyak pimpinan perusahaan bangunan di Indonesia yang mengawali karir dari bawah. 

Baca Juga :  Teknik Instalasi Tenaga Listrik

– Pelaksana bangunan : yang dimana anda akan mempunyai tugas seperti mengarahkan tukang bangunan dan mengaplikasikan gambar ke dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan.

– Drafter : merupakan seseorang yang tugasnya membuat gambar shop drawing atau gambar pedoman untuk pelaksanaan.

– Quantity surveyor : disini anda mungkin saja akan bertugas menghitung volume dan kebutuhan material bangunan.

– Quality control : Seseorang yang akan bekerja melakukan pengontrolan dan pengecekan, pelaksanaan dan pembangunan agar menghasilkan produk yang bagus dan sesuai dengan prosedur kerja yang telah dibuat.

– Pengendalian proyek : disini kerjanya menghitung rencana anggaran biaya bangunan ( RAB Bangunan ), menghitung rencana anggaran biaya pelaksanaan ( RAP ) sehingga proyek bangunan yang dikerjakan dapat memberikan keuntungan.

– Logistik proyek : Sesorang yang bertugas mengadakan dan melakukan pembelian material bangunan.

Sekian pembahasan tentang jurusan teknik gambar bangunan.

Related Article…