Syarat Masuk SMK Jurusan Otomotif

Syarat Masuk SMK Jurusan Otomotif – SMK jurusan Otomotif merupakan suatu jurusan yang berkaitan dengan dunia mesin, jurusan ini banyak diminati khususnya bagi kalangan laki-laki.

Tentunya untuk masuk ke jurusan ini tidak asal-asalan, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk ke jurusan Otomotif. 

Lalu apa saja sih yang menjadi syarat masuk SMK jurusan Otomotif? Yuk simak pembahasannya dibawah ini readers!

Contents

Apa Itu SMK Jurusan Otomotif? 

Jurusan Otomotif adalah suatu jurusan yang mempelajari berbagai hal terkait bidang Otomotif, seperti mobil, sepeda motor, truk, dan kendaraan bermotor atau bermobil lainnya. 

Selain itu, jurusan ini juga mengasah keterampilan dan juga kreativitas siswa, seperti membuat kendaraan bermotor atau penemuan lainnya. 

Jurusan Otomotif merupakan jurusan yang mempelajari ilmu tentang teknik otomotif dan bagaimana prosedur cara membuatnya. Jurusan otomotif yang paling banyak diincar dan diminati adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. 

Pada jurusan ini, akan diajarkan mengenai keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan dan bermotor.

Jurusan ini mengharapkan agar setelah lulus nantinya siswa bisa mahir di bidang otomotif dan bisa bekerja atau berwirausaha sendiri sesuai dengan bidangnya.

Syarat Masuk SMK Jurusan Otomotif 

Untuk masuk ke SMK jurusan Otomotif tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

Lalu apa saja sih persyaratan tersebut supaya bisa masuk ke jurusan Otomotif? Yuk simak pembahasan berikut ini.

  • Lulusan SMP atau Sederajat 

Syarat pertama untuk bisa masuk ke jurusan ini adalah memiliki ijazah SMP atau sederajat. 

Calon siswa juga harus memiliki nilai rata-rata yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh sekolah atau kementerian pendidikan setempat. 

  • Nilai Matematika Yang Baik

Jurusan Otomotif merupakan jurusan yang membutuhkan kemampuan Matematika yang mumpuni. Oleh karena itu, calon siswa yang ingin masuk ke jurusan ini harus memiliki nilai Matematika yang cukup baik.

  • Nilai IPA Yang Memadai

Jurusan Otomotif merupakan jurusan dengan bidang yang berhubungan dengan sains dan teknologi, oleh karena itu calon siswa yang akan masuk ke jurusan tersebut harus memiliki nilai IPA yang memadai.

Baca Juga :  SMK Jurusan Sekretaris

Mata pelajaran Fisika dan Kimia akan banyak sekali ditemui dalam pembelajaran otomotif, misalnya tentang ukuran kecepatan, hingga zat kimia yang terdapat pada accumulator.

  • Minat dan Bakat di Bidang Otomotif 

Calon siswa yang nantinya akan masuk ke jurusan Otomotif tentunya harus memiliki minat dan bakat di bidang Otomotif. Mereka harus memiliki keinginan yang kuat untuk belajar dan bekerja di bidang Otomotif. 

Biasanya akan diadakan interview atau wawancara pada sast hendak memasuki jurusan tersebut. 

  • Tes Masuk Menjadi Syarat Mutlak

Tes masuk merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi untuk masuk ke jurusan Otomotif. Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan akademik dan kemampuan praktis calon siswa.

Tes yang biasanya diujikan yaitu, tes Matematika, tes IPA, tes wawasan kebangsaan, tes psikologi, tes agama dan juga tes keterampilan. 

  • Kesehatan Yang Baik

Calon siswa yang akan memasuki jurusan Otomotif tentunya harus memiliki kesehatan yang baik. Mereka harus bebas dari penyakit menular dan memiliki kekuatan fisik yang cukup.

Nah itulah yang merupakan syarat untuk bisa masuk ke jurusan Otomotif, bagi kamu yang berminat masuk ke jurusan tersebut tentunya persyaratannya harus terpenuhi ya readers.

Lulusan SMK Jurusan Otomotif Bisa Kerja Apa?

Seperti yang kita ketahui, di kehidupan sehari-hari setiap manusia pasti menggunakan kendaraan yang mereka miliki dan setiap kendaraan pasti membutuhkan servis atau perbaikan. 

Karena banyaknya orang yang mempunyai kendaraan bahkan lebih diri satu, maka tak heran jika lulusan jurusan otomotif banyak dicari dan tenaganya banyak digunakan oleh beberapa perusahaan.

Berikut ini yang merupakan prospek kerja yang bisa didapatkan oleh SMK jurusan Otomotif :

  • Mekanik

Tugas seorang Mekanik adalah bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan juga perbaikan berbagai kendaraan ringan.

  • Operator Alat Berat

Seorang Operator Alat Berat bertugas untuk mengoperasikan alat-alat berat, seperti buldozer, excavator, wheel loader, dan lain sebagainya. 

Seorang Operator Alat Berat juga bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap alat berat sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku.

  • Modifikator 

kamu juga bisa menjadi seorang Modifikator. Tugas Modifikator adalah bertanggung jawab untuk melakukan modifikasi atau kustomisasi di beberapa bagian kendaraan sesuai dengan permintaan klien.

  • Pegawai Industri Otomotif 
Baca Juga :  SMK Jurusan Teknik Sipil

Kamu bisa bekerja di beberapa pabrik perusahaan tersebut dengan menjadi seorang operator produksi, operator perakitan, dan operator Quality Control (QC).

Nah itu dia yang merupakan prospek kerja atau peluang kerja yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari SMK jurusan Otomotif. 

Selain beberapa poin yang disebutkan tadi, kamu juga bisa meniti kariermu sebagai pegawai showroom/dealer, tenaga pengajar, dan tentunya kamu juga bisa berwirausaha dengan bekal ilmu yang sudah kamu miliki.

PKL SMK Jurusan Otomotif 

Pada SMK tentunya ada suatu kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh siswa kelas 11 sebagai penentu kelulusan nantinya.

Di setiap jurusan yang ada di SMK, diwajibkan untuk mengikuti kegiatan PKL, salah satunya adalah jurusan Otomotif. 

Lalu ngapain aja sih PKL jurusan Otomotif? Yuk kita ulas kegiatan PKL nya dibawah ini! 

Kegiatan PKL yang dilaksankan biasanya berlangsung selama 6 bulan. Kegiatan PKL sendiri bertujuan untuk menerapkan materi yang selama ini di dapatkan di sekolah dan dipraktekkan langsung di dunia kerja agar mendapatkan pengalaman secara langsung.

Tentunya sebelum melaksanakan kegiatan PKL, kamu akan dibekali dengan beberapa materi teori dan juga praktek supaya kamu mempunyai ilmu yang cukup saat terjun ke dunia kerja.

Pada jurusan Otomotif sendiri, nantinya akan melaksanakan kegiatan PKL di suatu bengkel otomotif yang sesuai dengan bidangnya.

Disana kamu akan dihadapkan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan otomotif atau mekanik suatu motor maupun mobil.

Kamu akan belajar mengenai nama-nama alat dan mesin, serta bagian-bagian dari kendaraan dan cara memperbaiki serta merawatnya.

Pada saat PKL nanti kamu harus melaksanakannya dengan sungguh-sungguh karena kamu membawa nama baik sekolah dan nama baik diri kamu sendiri.

Sekian pembahasan mengenai syarat masuk SMK jurusan Otomotif, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi kamu yang berminat untuk memasuki jurusan Otomotif. 

Untuk informasi lebih lengkap lainnya seputar dunia SMK, simak dan ikuti terus website ini ya readers!

Related Article…