Sosial Media Sebagai Media Promosi

Sosial media sebagai media promosi – pada era sekarang pastinya perkembangan digital sudah sangat canggih. maka sebagai orang dan pembisnis lainnya yang pasti hebat akan memanfaatkan peluang sosial media sebagai media promosi. apalagi sekarang bertubrukan dengan virus yang namanya covid 19 pasti sangat pesat peluang promosi tersebut.

Mengenal Sosial Media

Sosial Media merupakan suatu platform media digital yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk melakukan komunikasi dan interaksi sosial jarak jauh. Di era serba digital saat ini sosial media menjadi platform jejaring sosial yang banyak sekali digunakan oleh berbagai kalangan orang di berbagai belahan dunia.

Sosial media juga sangat berpengaruh untuk meghapus batasan-batasan orang dalam bersosialisasi, batasan ruang atau waktu. Dengan sosial media ini banyak orang dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka berada dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam.

Perkembangan Sosial Media 

Sosial media di seluruh belahan dunia mulai berkembang pesat mengikuti perkembangan akses internet pada para pengguna sosial media di dunia, terlebih lagi dengan perkembangan infrastruktur internet yang ada di beberapa negara di dunia ini yang lebih maju seperti misalnya akses wifi, jaringan fiber dan lain sebagainya. Perkembangan yang sangat cepat pada sosial media di masa kini disebabkan oleh semua orang yang merasa seperti bisa “memiliki” media sendiri. Pada saat menggunakan sosia media bisa menjadikan seseorang sebagai dirinya sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan media sosial berkembang pesat. Tidak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan sebuah personal branding.

Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam kehidupan banyak orang. Keberadaan sosial media juga telah mempengaruhi pola perilaku kehidupan yang mengalami pergeseran baik budaya, etika serta norma yang ada di beberapa negara.

Penggunaan sosial media memberikan pengaruh besar kepada penggunanya untuk memudahkan berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah.

Baca Juga :  Pengertian Youtube

SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI?

Sosial media sebagai media promosi

Sosial media sebagai media promosi

kamu tau iklan yang di tv? nah seperti itu fungsi Sosial media sebagai media promosi karena proses pemasarannya yang efektif , menyampaikan informasi memikat bagi  konsumen dan akses internet yang luas, kurang lebih 90% orang merupakan pengguna aktif media sosial jadi para onwer menjadikan mereka semua sasaran anak panah yang tepat untuk menawarkan produknya menggunakan sosial media. 

dengan sosial media Onwer bisa menawarkan pelayanan produknya lebih luas sasarannya jadi bisa membuat orang mudah menemukan produk. Nah semua media sosial juga sudah menyediakan layanan belanja online bukan hanya promosi saja, maka hal tersebut memicu ketertarikan generasi GENG Z yang serba instan untuk membeli barang ga langsung ke toko 

MACAM MACAM MEDIA SOSIAL YANG PATUT  DI MANFAATKAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Beberapa sosial media berikut adalah yang paling sering digunakan sebagai media promosi, antara lain :

Instagram

Banyak onwer membuat akun instagram jadi konsumen dengan mudah mecari, untuk produk yang dipasarkan bisa diupload menggunakan foto atau video dan jangan lupa menggunakan hastag sehingga Brand atau produkmu mucul dan berseliweran di halaman beranda konsumen

Tiktok

Nah orang mana si yang ngga tau sosial media yang satu ini, Selain untuk  video bersenang senang memiliki banyak pengguna, dan mudah digunakan

sosial media ini juga sekarang mencadangkan layanan ads yang gunanya sebagai iklan jadi pengusaha dapat dengan mudan memasarkan produknya , dan fitur Tiktok shop sehingga pengguna bisa langsung berbelanja loh. 

Facebook

Tidak kalah menariknya media sosial yang satu ini memiliki banyak pengguna, terutama pengguna yang masih baru pertama kali menggunakan media sosial. Banyak dari masyarakat di berbagai negara yang menentukan sosial media ini untuk mencari teman atau berpromosi

Twitter

Siapa yang tahu dengan media sosial simbol burung merpati putih? Ternyata twitter juga bisa loh sebagai media promosi yang efektif. Contohnya seperti para kpopers yang menjual Mercedes seperti album, potocard dan lain sebagainya sehingga jangkauannya bisa sampai ke belahan dunia

Toko online

Disini pasti tau dong toko online yang trend banget di indonesia contohnya toko oren, toko hijau, toko love bener bgtt semenjak ada toko tersebut konsumen jadi lebih praktis buat belanja wkwk

Baca Juga :  Aplikasi Media Sosial Terbaik

Youtube

Kalian bisa menggunakan aplikasi dengan memuat konten review produk dari brand barang kamu sendiri dan jangan lupa ya harus selalu menggunakan hastag dan judul menarik ya bestie

MANFAAT MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi bagi pengusaha/pembisnis, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan antara lain : 

Meluaskan brand barang/produk

Penggunaan sosial media yang bisa menjangkau area yang lebih luas akan membuat jangkauan bisnis yang dilakukan menjadi lebih luas dari sebelumnya. Pebisnis dapat memasukkan brand produk mereka dan memasarkannya menggunakan internet. Dengan pemakaian internet yang hampir menjangkau seluruh negara, maka peluang peningkatan bisnis menjadi semakin terbuka.

Lebih ekonomis

Pemakaian sosial media juga bisa menghemat pengeluaran bisnis. Pengusaha tidak perlu memiliki toko asli untuk bisa memasarkan produknya. Pembayaran yang perlu dilakukan hanya berupa kuota internet, tanpa perlu memikirkan terkait dengan sewa gedung dan lainnya.

Membangun hubungan dengan konsumen

Manfaat selanjutnya adalah pengusaha dapat lebih mudah membangun hubungan dengan konsumen. Cara ini bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pengusaha dapat berkomunikasi dengan konsumen melalui sosial media yang mereka miliki.

Bisa memutuskan sasaran target

Penggunaan sosial media untuk bisnis juga bisa membuat pengusaha lebih memusatkan target sesuai produk dan sasaran mereka. Biasanya yang tidak menggunakan jalur online akan kesulitan untuk memutuskan target mereka, dan kesulitan dalam bergerak. hal ini akan membuat usaha mereka juga ikut tidak bergerak. Dengan bantuan sosial media maka pencarian targget akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan daripada sebelumnya.

Peluang usaha banyak

Mengingat penggunaan sosial media sebagai bagian dari usaha sekarang ini sangat luas, penerapan sosial media juga akan membantu mereka untuk bisa menemukan peluang usaha baru. Peluang usaha baru bisa muncul dari kita yang melihat penggunaan atau keluhan yang tersebar di sosial media. Dengan cara ini maka kita bisa menciptakan peluang usaha yang lebih luas.

Ramah lingkungan

Manfaat yang terakhir dari penggunaan sosial media adalah kita bisa ikut dalam upaya pelestarian yang ramah lingkungan. karena bahan yang kita gunakan bisa dikurangi dan menjadi tidak terlalu menimbulkan banyak penumpukan sampah.

Menjadi generasi maju  jangan mau di kendalikan oleh media sosial tetapi bagaimana cara berpikir kritis menjalankan peluang tersebut dengan berniaga, apabila sudah dikerjakan. Jangan lupa juga untuk membagikan kegiatan yang sudah dikerjakan sebagai Media promosi di sosial media.

Related Article…