SMKN 2 Pekanbaru

SMKN 2 pekanbaru – untuk anda yang berada di pekanbaru, jika anda sedang mencari sekolah lanjutan maka ada salah satu sekolah yang bisa direkomendasikan yaitu SMKN 2 Pekanbaru.

Disini tersedia banyak jurusan yang sangat cocok untuk anda. Apa saja itu? Simak pembahasan berikut.

Jurusan

Ada beberapa jurusan yang berkaitan dengan bidang teknik yang tersedia di SMKN 2 pekanbaru. Jurusan ini yaitu : 

Teknik rekayasa perangkat lunak

Jurusan pertama yang tersedia di SMKN 2 pekanbaru adalah jurusan rekayasa perangkat lunak. Di sini siswa akan mendalami cara pengembangan perangkat lunak.

Dalam kasus ini cakupannya mulai dari pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan juga proses manajemen kualitas. 

Teknik komputer dan jaringan

Ada juga jurusan teknik komputer jaringan di SMKN 2 pekanbaru. Di sini siswa akan belajar tentang seluk beluk yang ada di dunia komputer dan jaringannya.

Siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang proses instalasi operating system, penanganan masalah PC, perbaikan perangkat komputer, pembuatan jaringan LAN dan lainnya serta pembuatan Web dan masih banyak lainnya.

Teknik jaringan tenaga listrik

Ada juga kompetensi tentang ketenagalistrikan pemasangan dan pemeliharaan jaringan listrik. Siswa akan belajar tentang pemeliharaan dan pemasangan jaringan listrik.

Nantinya siswa akan belajar tentang pemasangan alat kontrol, proses pemeliharaan dan pemasangan instalasi pelayanan dan pemeliharaan sistem kendali, serta pelayanan dan pemeliharaan peralatan penunjang. 

Teknik instalasi tenaga listrik

Di SMK ini tersedia pula program keahlian instalasi tenaga listrik.

Program keahlian instalasi tenaga listrik merupakan jurusan yang akan mempelajari tentang perencanaan dan proses pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan, proses pengoperasian motor listrik dengan menggunakan berbagai alat kendali.

Alat kendali ini bisa berupa elektromekanik, elektronik dan PLC atau kontrol logika terprogram. 

Teknik elektronika industri

Jurusan lain yang tersedia adalah jurusan teknik elektronika industri. Di jurusan ini siswa akan memiliki keterampilan untuk maintenance peralatan industri berbasis electrical control dan microprocessor. Siswa akan belajar tentang keterampilan elektronika umum, mikrokontroller dan mikroprosesor, pneumatik dan PLC, programming berbasis komputer yang berhubungan dengan proses produksi di dalam industri.  

Baca Juga :  SMK Negeri 1 Kaligondang

Teknik audio video

Tersedia juga jurusan teknik audio video. Di jurusan ini siswa akan mendapatkan keterampilan tentang pembuatan perangkat audio, pengoperasian sound system, pengoperasian alat rekam gambar dan suara, penguasaan proses siaran televisi, dan program lainnya yang berkaitan. 

Teknik pemesinan

Untuk yang mencari tentang jurusan permesinan, di sekolah menengah kejuruan ini juga tersedia jurusan teknik pemesinan.

Jurusan ini akan berkaitan tentang mata pelajaran gambar teknik mesin, pekerjaan dasar teknik mesin dan juga perancangan mesin.

Nantinya siswa juga akan belajar tentang mesin bubut, dan permesinan lainnya. Siswa yang mengambil jurusan ini memiliki peluang kerja di industri yang berhubungan dengan produksi mesin seperti alat transportasi, makanan, tekstil, obat dan lainnya. 

Teknik kendaraan ringan

Tersedia juga tentang program keahlian teknik kendaraan ringan.

Di program keahlian ini siswa akan belajar tentang alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang terus berkembang. Siswa nantinya akan belajar mulai dari sistem sampai tingkat subsistem yang ada di dalam kendaraan. 

Teknik geomatika

Ada juga jurusan teknik geomatika yang akan membuat siswa banyak belajar tentang manajemen data tanah.

Teknik geomatika adalah bidang ilmu modern yang menghubungkan antara pengumpulan, pemodelan, analisis, dan manajemen data spasial yang berbasiskan lokasi.

Nantinya data yang didapatkan bisa berupa pengukuran tanah, laut, wahana angkasa, dan sensor – sensor satelit dengan acuan di dasar geodesi.  

Teknik kimia industri

Program teknik kimia industri juga tersedia di smk yang satu ini. Jurusan atau program keahlian ini akan berfokus pada pemrosesan bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.

Bahan yang akan siswa pelajari seperti minyak bumi, gas bio, detergen, cairan anti kuman, plastik, kertas dan lainnya.

Teknik analisis pengujian laboratorium

Ada juga jurusan tentang teknik analisis pengujian laboratorium.

Di jurusan ini siswa akan belajar tentang analisis kuantitatif konvensional, mikrobiologi, kimia instrumen, kimia terapan, dan dapat melahirkan berbagai produk kreatif dan kewirausahaan.

Baca Juga :  SMK Negeri 4 Pangkalpinang

Setelah lulus siswa dapat bekerja sebagai quality control atau sebagai laboran. 

Teknik bisnis dan sepeda motor

Ada juga program keahlian yang bernama teknik dan bisnis sepeda motor. Jurusan ini termasuk dalam cabang ilmu teknik mesin dan akan mempelajari tentang perancangan, pembuatan, dan pengembangan alat – alat transportasi darat yang menggunakan mesin terutama pada sepeda motor.

Nantinya siswa akan mempelajari tentang pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, dan juga keselamatan dan lingkungan. 

Teknik pendingin dan tata udara

Ada juga jurusan teknik pendingin dan tata udara.

Disini siswa akan belajar tentang kebutuhan ruangan dan keperluan prosesing pengawetan bahan pangan, pelayanan/produksi, pemeliharaan dan juga perawatan serta pengendalian mutu alat pendingin.

Teknik desain dan permodelan dan informasi bangunan

Jurusan ini akan mempelajari tentang proses perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung, dan perbaikan gedung.

Nantinya siswa akan belajar juga tentang penggambaran desain rumah, gedung, dan apartemen, penghitungan biaya bangunan, pelaksanaan pembangunan, dan proses pemeliharaan konstruksi bangunan. 

Teknik pengelasan

Ada juga jurusan teknik pengelasan yang akan mempelajari tentang cara pengelasan yang baik, dan teori yang ada di dalam bidang tersebut. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat luas di berbagai perusahaan. 

Alamat

Sekolah menengah kejuruan 2 pekanbaru beralamat di jalan pattimura No.14 Pekanbaru, Riau. tempat ini termasuk mudah diakses karena masih berada di jalan perlintasan. 

SMKN 2 Pekanbaru

Visi misi

Sekolah ini memiliki visi yaitu terwujudnya SMK negeri 2 Pekanbaru sebagai pusat pendidikan dan pelatihan teknologi berkualitas internasional, ramah lingkungan dan menghasilkan lulusan yang berkarakter baik dan mampu bersaing di pasar global. 

Untuk bisa mencapai visi tersebut, Sekolah ini memiliki misi yaitu : 

  1. Mengembangkan pendidikan karakter sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki karakter mulia, menguasai teknologi, terserap dalam dunia usaha/dunia industri, mandiri dan mampu bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
  2. Meningkatkan kemitraan dengan dunia usaha/dunia industri atau lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri. 
  3. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan standar nasional dan perkembangan teknologi.
  4. Menumbuhkan pendidikan dengan wawasan kewirausahaan.
  5. Menerapkan pendidikan lingkungan.
  6. Meningkatkan profesionalisme staf edukatif dan non-edukatif. 
  7. Perbaikan terus-menerus dari semua sumber daya melalui sistem manajemen mutu. 
  8. Menerapkan konsep pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. 

untuk mendapatkan informasi lainnya, silahkan kunjungi https://pklsmk.com dan https://akademikombas.co.id

Related Article…