SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

Contents

SMTI Bandar Lampung merupakan salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Sekolah tersebut didirikan oleh Dinas Perindustrian Rakyat Provinsi Lampung berdasarkan Surat Keputusan No. 217/D/1968 dengan nama Sekolah yaitu Perindustrian Menengah Atas (SPdMA) Tanjungkarang.

Dan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur No. 5/G/TU/68 lalu diubah kembali menjadi Sekolah Teknik Industri dan Kerajinan Menengah Atas (STIKMA) dan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur No. 6/SS/TU/1968 diubah lagi menjadi Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) Tanjungkarang dan pada akhirnya berdasarkan SK Menteri Perindustrian RI No.235/M/SK /6/1985 pada tanggal 24 Juni 1985 Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) diubah menjadi Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Tanjungkarang pada tahun 2011 diubah lagi menjadi SMK SMTI Bandar Lampung.

 

 

SEJARAH BERDIRINYA SMK SMTI BANDAR LAMPUNG 

Sejak berdirinya pada tahun 1968 SMK SMTI Bandar Lampung sudah berperan selama 55 tahun dengan tugas menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam bidang kimia Teknologi Industri sehingga mampu mendukung pertumbuhan serta perkembangan industri di Sumatera khususnya dan di Indonesia.

Oleh karena itu untuk mengikuti pesatnya perkembangan industri dan teknologi pada saat ini.

Maka SMK SMTI Bandar Lampung ikut mempersiapkan diri dan berusaha meningkatkan mutu terutama dibidang sumber daya manusia dan industri tingkat menengah yang mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan industri dengan memanfaatkan serta mengembangkan segala potensi sumber daya alam yang ada untuk digunakan dalam proses industri kimia baik secara teoritis maupun aplikatif.

Sehingga dapat dimanfaatkan dalam menangani kegiatan industri kimia, melaksanakan prosedur laboratorium kimia, mengelola limbah industri kimia dan juga berjiwa wirausaha dalam bidang industri kecil kimia untuk meningkatkan nilai tambah dalam menumbuhkembangkan industri serta agar dapat meningkatkan pendapatan negara.

Baca Juga :  PKL SMK DIGITAL MARKETING

Seiring dengan perkembangan tersebut SMK-SMTI Bandar Lampung juga telah melakukan evaluasi diri guna mewujudkan kemandirian antara lain dengan cara mengkaji berbagai komponen seperti kurikulum dan pembelajaran, administrasi dan manajemen, organisasi dan kelembagaan, sarana dan prasarana, ketenagaan, pembiayaan dan pembiayaan, peserta didik, peran masyarakat serta program keahlian lingkungan budaya. 

Dalam hal ini sebagai wujud nyata pengembangan diri tersebut maka sejak tahun pelajaran 2006/2007 SMK-SMTI Bandar Lampung menyesuaikan 2 program keahliannya dari program keahlian lama yaitu Program Teknologi Agro Industri menjadi Program Keahlian Kimia Industri dan untuk Program Keahlian Pengendalian Mutu Kimia menjadi Program Keahlian Kimia Analis. 

Dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan tentunya diperlukan rencana strategis antara lain dengan melalui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang telah direncanakan bagi seluruh guru, karyawan dan juga para siswa SMK SMTI Bandar Lampung sejak 10 September 2007.

 

ALAMAT SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

SMK-SMTI Bandar Lampung memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu berada di jantung Kota Bandar Lampung, berada di Jalan Jendral Sudirman terletak kurang lebih 500 meter dari tugu adipura / bundaran gajah sebagai titik Kota Bandar Lampung sehingga memiliki akses yang sangat mudah untuk dilewati angkutan umum.

SMK SMTI Bandar Lampung sendiri terletak di Jl. Jendral Sudirman No.43, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

SMK ini juga menyediakan berbagai macam ekstrakurikuler yang sangat menarik.

Selain dapat menambah ilmu juga dapat menambah skill anak didik dengan bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan ini.

Anda dapat mengakses informasi mendalam dari SMK ini dengan menggunakan nomor telepon 0812-6251-6633

 

VISI DAN MISI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG 

Umumnya di setiap sekolah pastinya memiliki visi dan misinya tersendiri layaknya SMK SMTI Bandar Lampung ini pun juga memiliki visi dan misinya sendiri yang tak kalah menarik dari Sekolah Menengah Kejuruan lainnya.

Baca Juga :  MEMBANGUN BRAND AWARENESS DALAM KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING 

Berikut visi dari SMK SMTI Bandar Lampung adalah Mewujudkan SMK SMTI Bandar Lampung Sebagai 

Center Of Excellence Di bidang Kimia Analis dan bidang Industri.

Dan untuk Misinya yaitu:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Kejuruan Dual System Dengan Model Pembelajaran STEM yang Bertaraf Internasional.
  2. Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Dalam Pengembangan Ekosistem IKM
  3. Pengembangan Kompetensi Industri Melalui Pembangunan Satelit PIDI 
  4. Pengembangan Skema Kompetensi Dan Uji Kompetensi LSP
  5. Mengembangkan Kelas Industri

 

EKSTRAKURIKULER SMK SMTI BANDAR LAMPUNG 

 

SMK SMTI Bandar Lampung dibangun tidak hanya berfokus pada bidang akademik saja tetapi SMK-SMTI Bandar Lampung juga memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang lainnya.

Untuk mendukung minat dan bakat mereka, SMK-SMTI Bandar Lampung menyediakan banyak pilihan ekstrakurikuler bagi para peserta didiknya, baik dibidang akademik itu sendiri, maupun dalam bidang lainnya seperti seni, olahraga, keterampilan, dan pengembangan diri.

 

Berikut ini pilihan-pilihan ekstrakurikuler yang ada di SMK-SMTI Bandar Lampung yaitu:

 

  1. Pramuka
  2. OSIS
  3. Paskibra
  4. Rohis
  5. KIR
  6. Mading
  7. Paduan Suara
  8. Tari
  9. Futsal
  10. Taekwondo
  11. Klub Bahasa Inggris
  12. BTAQ

 

Demikian artikel mengenai SMK SMTI Bandar Lampung berserta Sejarah, alamat Sekolah,Visi dan misi, dan Ekstrakurikuler SMK SMTI Bandar Lampung. untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi website smtibdl.sch.id dan Jangan lupa untuk kunjungi juga website kami untuk informasi menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi nomor ini +628112829002

 

Dan kunjungi website kami pklsmk.com

Related Article…