SMK NEGERI 7 PALEMBANG

SMK Negeri 7 Palembang merupakan sekolah menengah kejuruan yang ada di kecamatan Sukarami, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

 


Contents

Biografi SMK Negeri 7 Palembang


 

Berdirinya SMK Negeri 7 Palembang bermula pada tanggal 5 Maret 1985.

Awal berdirinya Sekolah tersebut beralamat di jalan Demang Lebar Daun Pakjo Palembang.

Saat itu SMK Negeri 7 Palembang masih menumpang pada gedung SMPS Palembang.

Status sekolah pada saat itu masih Sekolah Menengah Kesenian dan Industri Kerajinan(SMKIK) karena terdiri dari 3 jurusan yaitu Seni Tari, Seni Lukis dan Seni Kriya Dengan surat keputusan nomor 1928/I.11.54/I/1984.

Dengan perjuangan kepala sekolah yang pada saat itu kepala sekolah yaitu Drs. Ahmadiah Hambali beliau mengusulkan penegrian sekolah tersebut karena tenaga guru honorer semakin menyusut.

Dan akhirnya dengan surat keputusan penegrian nomor 052/O/1988 yang sebelumnya sekolah tersebut bernama SMKIK(Sekolah Menengah Kesenian dan Industri Kerajinan) berganti nama menjadi SMSR Negeri Palembang(Sekolah Menengah Seni Rupa) dengan dua program studi yaitu Seni Lukis dan Seni Rupa.

Seiring berjalannya waktu Seni tari tidak dapat Negeri karena seni Tari rumpun seni pertunjukan.

Pada tahun 1989 Sekolah Menengah Seni Rupa berpindah lokasi di Jalan Mayor Ruslan No. 1172 menempati sebuah gedung lama.

Setelah beberapa tahun berada dilokasi tersebut akhirnya berpindah lokasi kegedung yang baru yaitu yang berlokasi di kegedung baru berlokasi di Jalan Naskah II Km.7 Kecamatan Sukarami Palembang karena pada saat itu untuk Sekolah Seni minimal harus memiliki tanah seluas 2 Hektar sedangkan pada saat di jalan Mayor Ruslan No. 1172 tidak memenuhi syarat tersebut.

Dengan kuota dana dari APBN sekolah tersebut dibangun secara bertahap hingga selesai dan hanya memerlukan waktu sekitar 2 tahun hingga selesai.

Baca Juga :  MENGOPTIMALKAN MOBILE MARKETING DALAM PKL KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING 

Karena kebijakan dari pemerintah terutama dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan nama Sekolah Seni Rupa berubah nama menjadi SMK Negeri 7 Palembang.

Seiring berjalannya waktu SMK Negeri 7 Palembang pun mengalami kemajuan sekolah tersebut sekarang lebih maju dan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai.

Ditinjau dari segi usianya SMK Negeri 7 Palembang usianya belum terlalu tua dibandingkan dengan SMK lain yang ada di Palembang.

 


Visi Dan Misi SMK Negeri 7 Palembang


Visi

Mewujudkan sebuah lembaga pendidikan dan sebuah pelatihan yang berkualitas, Profesional, Berkarakter, Sehat serta memiliki wawasan terhadap lingkungan dan berdaya saing global.

Misi

  1. Menyelenggarakan lembaga pendidikan serta pelatihan yang sesuai dengan standar mutu pendidikan secara konsisten.
  2. Memberikan pelayanan diklat dibidang seni, kriya, teknologi secara profesional serta memberikan pelayanan yang up to date.
  3. Mengembangkan kurikulum bersama dengan Dunia Industri serta memvalidasi yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja serta perkembangan yang ada di IPTEK.
  4. Menanamkan budaya peduli kepada lingkungan kepada para warga sekolah.
  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, hijau, indah, rapi serta kondusif bagi pengembangan nilai nilai budaya bangsa yang berwawasan lingkungan.
  6. Menyediakan wawasan yang berkualitas sesuai dengan bidangnya dan sesuai dengan kebutuhan yang ada di Dunia kerja baik nasional maupun internasional.

Demikian Visi dan Misi yang ada di SMK Negeri 7 Palembang, semoga Visi dan Misi tersebut dapat terus terlaksana dengan baik.

 

Nama Kepala Sekolah Yang Pernah Menjabat Di SMK Negeri 7 Palembang

Seiring berjalannya usia SMK Negeri 7 Palembang dari awal berdirinya hingga saat ini Sekolah tersebut telah beberapa kali mengalami pergantian kepala sekolah. Berikut ini kepala sekolah yang pernah menjabat di SMK Negeri 7 Palembang :

  1. A. Manap (beliau merupakan pendiri SMK Negeri 7 Palembang beliau menjabat dari tahun 1985 sampai dengan 1987).
  2. Drs. Ahmadiah( beliau menjabat dari tahun 1987 Sampai dengan 1988).
  3. Drs. Iso Sukardi(Menjabat 1988 Sampai dengan 1997).
  4. Drs. Pirhan( menjabat dari tahun 1997 sampai dengan 2002).
  5. Drs. Ismail(di SMK Negeri 7 Palembang beliau hanya menjabat selama 2 tahun yaitu pada tahun 2002 Sampai dengan 2004).
  6. Drs. Budi Suprapto(menjabat dari tahun 2004 Sampai 2008).
  7. Drs. Rahman(beliau hanya menjabat selama 1 tahun yaitu pada tahun 2008 sampai 2009).
  8. Drs. Ilrauf Husin(sama dengan Drs. Rahman beliau juga menjabat hanya selama 1 tahun saja yaitu pada tahun 2009 sampai 11 Mei 2010).
  9. Syaifullah Sofuan(menjabat dari tahun 2010 sampai 2012).
  10.  H. Heri Tavip Rianto(menjabat dari tahun 2012 sampai April 2015).
  11. Dra. Hijrah Baiti(menjabat dari tahun 2015 sampai Juni 2016).
  12. H. Suparman, S.Pd, M.Si(menjabat dari tahun 2016 sampai September 2020).
  13. Bambang Riadi, S.Pd, M.Pd (menjabat mulai tahun 2020 hingga sekarang).
Baca Juga :  SMK NEGERI 2 PADANG

 

 Jurusan di SMK Negeri 7 Palembang

Di SMK Negeri 7 Palembang terdapat 8 jurusan yang sudah pastinya memiliki mutu serta mampu membuat para siswa menjadi seseorang yang berkualitas serta berpotensi. Berikut ini adalah Jurusan yang ada di SMK Negeri 7 Palembang :

  1. Teknik Kendaraan Ringan/Otomotif (TKR).
  2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.
  3. Seni Lukis.
  4. Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.
  5. Kriya Kreatif Logam dan perhiasan.
  6. Kriya Kreatif Kayu dan Rotan.
  7. Desain Komunikasi Visual(DKV).
  8. Teknik Pemesinan.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi nomor ini +628112829002 Dan kunjungi website kami https://pklsmk.com

Related Article…