SMK NEGERI 6 PALEMBANG

SMK Negeri 6 Palembang merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang tergabung dalam kelompok Pariwisata.

 

Contents

Biografi SMK NEGERI 6 PALEMBANG

SMK Negeri 6 Palembang didirikan pada 19 Desember 1958 yang dibangun di atas tanah seluas 17.703 m2 serta Luas bangunan sebesar 6.408 m2.

Sekolah tersebut terletak di tengah kota Palembang tepatnya di Jalan Mayor Ruslan Palembang lokasinya yang cukup strategis memudahkan dalam proses belajar mengajar serta memudahkan sarana transportasi bagi siapa saja yang ingin mengunjungi SMK Negeri 6 Palembang.

Peminat dari SMK Negeri 6 Palembang tak hanya dari kota Palembang tetapi ada juga dari luar kota. Lebih dari 30% siswa yang Ada di SMK Negeri 6 Palembang berasal dari luar kota Palembang.

Sebelum menjadi SMK Negeri 6 Palembang sekolah tersebut bernama SGKP Negeri Palembang lalu berubah nama menjadi SKKA Negeri Palembang pada tahun 1997 sampai dengan Tahun 1997.

Gedung yang ada di SMKK Negeri Palembang dibangun secara bertahap mulai dari tahun 1984/1985 sampai tahun 1989/1990. Dana untuk pembangunan gedung sekolah tersebut terdiri dari dana APBN dan dana pinjaman luar negeri (ADB).

Pemakaian gedung SMKK Negeri Palembang mulai dipakai pada awal tahun pelajaran 1989/1990 yaitu tanggal 1 Juli 1989. Namun baru diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Prof Dr. Fuad Hassan yaitu pada tanggal 30 Juni 1990. Kemudian pada tahun 1997 sekolah tersebut berganti nama yang sebelumnya bernama SMKK Negeri Palembang berubah nama menjadi SMK Negeri 6 Palembang hingga sekarang.

 

Apa Sih Arti Lambang SMK Negeri 6 Palembang?

Seiring dengan berkembangnya zaman dan sekolah yang semakin maju pesat SMK Negeri 6 Palembang mendapat bantuan pengembangan sekolah berupa Program Rencana Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Saat itu SMK Negeri 6 Palembang diharuskan mempunyai logo. Sehingga dibuatlah suatu logo yang melambangkan SMK Negeri 6 Palembang yang digunakan hingga saat ini.

Makna logo SMK Negeri 6 Palembang yaitu:

  • Bentuk Oval

Dalam bentuk ini melambangkan suatu Daya Tahan serta Persahabatan.

  • Warna Oranye

Warna Oranye pada logo SMK Negeri 6 Palembang memberikan kesan semangat, kegembiraan, kesan yang hangat, antusiasme serta percaya diri.

  • Tulisan SMK Negeri 6 Palembang Berwarna Hitam
Baca Juga :  Pendaftaran SMK Kabupaten Cilacap

Warna hitam pada tulisan SMK Negeri 6 plembang melambangkan kekuatan dan penguasaan.

  • Api Obor Berwarna Merah

Warna merah diartikan dengan emosi yang kuat, gairah dan intensitas. Dan obor mempunyai makna semangat yang tinggi dan pantang menyerah dari warga sekolah yaitu guru, murid, dan karyawan dalam belajar, bekerja, berkarya, serta mengabdi.

  • Pena Tajam Berwarna Kuning

Warna kuning dalam logo SMK Negeri 6 Palembang memiliki arti keceriaan, menarik perhatian serta mendorong untuk menjalin suatu komunikasi yang baik.

Pena yang menunjuk ke arah buku memiliki arti konsisten dan fokus dalam mewujudkan generasi yang cerdas, kreatif serta berbakat.

  • Buku Tulis Putih

Buku melambangkan untuk selalu meningkatkan serta mengembangkan wawasan dan IPTEK.

Sedangkan warna putih menunjukkan suatu kemurnian kebersihan, kepolosan, kejernihan, kelengkapan dan kesegaran dapat digunakan untuk memproyeksikan netralitas.

  • Sayap Burung Berwarna Hijau

Sayap melambangkan kekuatan, kesanggupan serta Dinamika yang merupakan dasar kekuatan yang kokoh.

Sayap burung yang berwarna hijau yang mengembang yang masing masing berjumlah lima helai pangkalnya yang disatukan mengandung makna kehidupan yang berkembang dinamis dan demokratis tetapi tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai luhur Pancasila.

Dan untuk warna hijau melambangkan ketenangan, kesehatan, aktif, keindahan alam serta kesegaran.

  • Pira Biru

Warna biru pada logo SMK Negeri 6 Palembang memiliki arti keamanan, kedamaian, ketertiban, ketenangan, kemampuan berkomunikasi, kekuatan dan dapat meningkatkan produktivitas.

Pita melengkung di bawah memiliki makna kreativitas dan inovasi.

 

Apa Saja Sih Jurusan yang ada di SMK Negeri 6 Palembang?

Di SMK Negeri 6 Palembang Terdapat 5 Jurusan yang di khususkan untuk calon peserta didiknya,mereka dapat memilih sesuai dengan bidang keahliannya. Berikut jurusan yang ada di SMK Negeri 6 Palembang yaitu:

Kuliner

Jurusan kuliner atau tata boga merupakan pengetahuan di bidang boga( seni mengolah sebuah makanan) yang mencangkup ruang lingkup makanan yang dipelajari dalam jurusan ini yaitu teknik penyajian pada suatu makanan atau minuman dengan memperhatikan keestetikaan, keutuhan nutrisi serta kualitas rasa dari makanan atau minuman.

Perhotelan

Di jurusan perhotelan biasanya mempelajari ilmu dalam bidang perhotelan yang berhubungan dengan manajemen hotel serta mengeksplorasi cara untuk menyeimbangkan aspek kepariwisataan dan manajemen bisnis untuk sukses.

Baca Juga :  SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

Biasanya ketika memasuki jurusan perhotelan siswa akan mempelajari cara agar dapat memiliki keterampilan seperti pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata serta manajemen bisnis untuk mencapai suatu kesuksesan.

Dan juga mempelajari mengenai bagaimana cara pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan, melindungi budaya lokal, manfaat ekonomi yang diperoleh bagi para masyarakat di sekitar serta kesejahteraan para karyawan.

Tata Busana

Jurusan ini menekankan pada bidang pembuatan serta pengelolaan busana. Dalam jurusan ini bertujuan untuk mengembangkan sikap profesional dalam bidang busana.

Ketika memasuki jurusan ini kalian akan mempelajari cara membuat pola dasar, mengubah pola berbagai jenis busana,menggunting bahan busana, serta menjahit busana.

Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari ilmu seperti seni menghias, perawatan tangan dan kaki,adapun unsur perawatan yaitu perawatan wajah, perawatan badan dan perawatan rambut.

seni menghias yang ada dalam jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut yaitu seperti tata rias wajah khusus dan kreatif, nail art, henna art, up styling serta hair colouring. Serta seni merubah seperti Pengeritingan Rambut, Pemangkasan serta Pelurusan rambut

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Dalam jurusan ini melakukan berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan media 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Tujuan utama dari jurusan desain komunikasi visual sendiri yaitu menciptakan atau perencanaan media yang bersifat informatif, estetika, komunikatif, serta persuasif karena dilengkapi dengan unsur psikologi massa serta teori pemasaran.

 

Apa Saja Ekstrakurikuler Yang Ada Di SMK Negeri 6 Palembang?

 

Ada 6 Ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 6 Palembang. Ekstrakurikuler ini diperuntukkan bagi para siswa.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mereka akan menjadi pribadi yang dapat memanfaatkan waktu mereka serta melatih kedisiplinan dalam jiwa mereka.

 

6 Ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 6 Palembang yaitu:

  1. Marching Band
  2. Paskibraka
  3. Pramuka
  4. Seni Tari
  5. PMR
  6. Voli
  7. Basket

Siswa bebas memilih Ekstrakurikuler yang mereka minati agar bakat mereka dapat lebih terlatih.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi nomor ini +628112829002

 

Dan kunjungi website kami pklsmk.com

 

 

 

Related Article…