SMK NEGERI 4 PADANG

Contents

Biografi SMK Negeri 4 Padang

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang profesional sesuai dengan keahliannya.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diselenggarakan untuk memasuki lapangan kerja atau mengikuti pendidikan keprofesian pada tingkat yang lebih tinggi lagi.

Sekolah ini terletak di Kelurahan Cengkeh Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia 25159.

Lokasi tersebut tepatnya di depan SMK Negeri 8 Padang dan juga berdekatan dengan SMK Negeri 7 Padang.

Sebelumnya SMK Negeri 4 Padang didirikan dengan nama Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) dan pada tanggal 25 September 1965 berganti nama lagi yang sekarang bernama SMK Negeri 4 Padang hingga sekarang.

Pada Tahun 1977 sebelum menjadi SMK Negeri 4 Padang sekolah tersebut bernama Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) dan berubah nama menjadi Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) dan pada tahun 1994 sekolah tersebut berganti nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Padang.

Hingga saat ini SMK Negeri 4 Padang telah menghasilkan lebih dari 3000 tamatan yang berprestasi dan berkompeten yang dapat bekerja di berbagai bidang di berbagai pelosok Nusantara bahkan sampai mancanegara. 

Di antara banyak alumni yang bergerak di tingkat nasional terdapat nama-nama pelukis seperti Syaiful Adnan, Yanuar Ernawati, Yetmon Amir, Hendra Buana, Stevan Buana, Yunizar, Rudi Mantovani, Asnida Hasan, Handiwirman, Darvies Rasyidin dan pematung di antaranya, Kasman KS, Syahrizal , Albara, Ali Umar, semuanya bermukim di Yogyakarta.

 

Visi Dan Misi SMK Negeri 4 Padang 

Pada tahun pelajaran 2020/2021 telah ditetapkan visi dari SMK Negeri 4 Padang yaitu:

”Terwujudnya Lulusan yang Bermutu, Berakhlak Mulia, Profesional, Mandiri dan Berwawasan yang luas”

Berdasarkan visi di atas, maka disusunlah misi SMK Negeri 4 Padang, dan misi SMK Negeri 4 Padang sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermutu dan juga berakhlak mulia.
  2. Meningkatkan kualitas kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  3. Meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung peningkatan mutu pembelajaran.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan DUDI dalam bidang praktik kerja Industri/lapangan dan penerimaan tenaga kerja lulusan.
  5. Memberdayakan lingkungan sekolah dalam mewujudkan Adiwiyata.
  6. Meningkatkan layanan pendidikan yang tertib administrasi
Baca Juga :  SMK Jurusan Tata Busana

SMK Negeri 4 Padang memiliki 2 Tujuan yaitu tujuan umum dan khusus, berikut tujuan SMK Negeri 4 Padang :

Tujuan Umum

tujuan SMK Negeri 4 Padang yaitu:

  1. Membangun tamatan yang memiliki kepribadian yang baik serta memiliki akhlak yang mulia sebagai tenaga kerja yang memiliki sikap kompeten serta profesional sesuai program keahlian yang dipilihnya sendiri.
  2. Membekali siswa untuk berkarir, mandiri, dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi serta mampu beradaptasi di lingkungan sesuai dengan bidangnya dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.
  3. Membekali peserta didik dengan sikap yang berkompeten, profesional dan berpotensi agar mampu mengembangkan diri dan dapat bertanding di tingkat nasional, regional maupun internasional

Tujuan Khusus

Tujuan khusus SMK Negeri 4 Padang:

  1. Diantar peserta didik yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan program keahliannya di bidang pendidikan.
  2. Para peserta didik agar mampu melatih dan mengembangkan sikap profesional dalam melakukan pekerjaan.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan yang ada di bidang seni, kreatif kriya, dan juga Teknologi

 

Akreditasi SMK Negeri 4 Padang

SMK Negeri 4 Padang memiliki akreditasi sekolah B, akreditasi tersebut berdasarkan sertifikat 032/BAN-SM/SK/2019

 

Jurusan Yang Ada Di SMK Negeri 4 Padang

Terdapat beberapa jurusan yang ada di SMK Negeri 4 Padang Jurusan tersebut yaitu:

  • Seni Lukis

Jurusan Seni Lukis Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang seni visualisasi seperti Seni lukis, patung, dan juga arsitektur, Jurusan ini mencakup berbagai macam teknik dan juga teori seni yang dapat membantu dalam memahami dan mengembangkan kreativitas yang ada pada diri kita.

  • Desain Komunikasi Visual
Baca Juga :  SMK NEGERI 4 PALEMBANG

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan juga media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk suatu tujuan tertentu.

  • Kriya Kreatif Batik dan Tekstil

Jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (KKBT) merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengetahuan, keterampilan serta kreativitas dalam berkarya rupa yang mengandalkan keterampilan dan keuletan tangan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Kriya Kreatif Batik dan juga Tekstil mengandung nilai-nilai keestetikaan, keunikan kontekstual, tema, dan juga imajinatif, jurusan ini memiliki metode berkarya sekaligus mendesain produk tekstil yang mengutamakan nilai kualitas estetika, fungsionalitas, keunikan, tema, makna, pesan simbolis, dan juga filosofis.

  • Desain Interior dan Teknik Furnitur Seni Patung

Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur Senin patung merupakan jurusan secara lengkap yang mempelajari bagaimana cara mendesain sebuah ruangan yang baik dan benar sekaligus cara mendesain perabot yang ada di dalamnya.

  • Animasi

Jurusan Animasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang teori serta teknik dalam membuat animasi 2D dan juga 3D, animasi film, animasi game, serta bidang lain yang berkaitan dengan animasi

  •  Multimedia

Jurusan multimedia merupakan jurusan yang mempelajari tentang penggunaan komputer yang baik dan benar guna untuk menyajikan data seperti teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat agar dapat semenarik mungkin dengan tools-tools yang tersedia.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi nomor ini +628112829002 Dan kunjungi website kami pklsmk.com

Related Article…