SMK Negeri 1 Takengon

SMK Negeri 1 Takengon – Halo teman-teman gimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat selalu ya. Nah teman-teman,kali ini kita akan membahas tentang profil SMK Negeri 1 Takengon yang berisi tentang visi misi,alamat,dan jurusan. Nah, kira-kira apa saja si isinya? Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Visi Misi

Visi SMK Negeri 1 Takengon yaitu Lulusan berkarakter, kompeten dan kompetitif di dunia usaha dan industri. Untuk mencapai visi tersebut, sekolah ini memiliki misi yaitu:

1.) Menyiapkan lulusan SMK yang terampil dan bersertifikasi pada bidang Bisnis Manajemen, Pariwisata dan Teknologi untuk mengisi kebutuhan dunia usaha/dunia industri nasional.

2.) Melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum yang berorientasi pada kewirausahaan berbasis edutechnopreneur Islami.

3.) Menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

4.) Mengembangkan bakat, minat siswa di bidang seni budaya, olah raga dan teknologi.

5.) Meningkatkan kualitas lingkungan sekolah yang bersih, rapi, estetis dan hijau (BEREH).

6.) Meningkatkan prestasi akademik siswa untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi sesuai dengan kompetensi keahlian.

Alamat

SMK Negeri 1 Takengon

sekolah ini memiliki alamat di  Jl.Lebe Kader Lr.Sejahtera No.13 Takengon, Aceh Tengah.

Jurusan

Jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Takengon

Akutansi dan Keuangan Lembaga

Kegiatan di jurusan ini pada umumnya yaitu mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

Perbankan Syariah

Kegiatan di jurusan ini yaitu pengantar ekonomi Islam, pelaporan dan analisis keuangan, layanan produk dan jasa bank syariah, etika bisnis Islami, manajemen sumber daya manusia Islami, manajemen aset dan liabilitas bank syariah, manajemen pemasaran dan pembiayaan bank syariah dan studi kelayakan bisnis

Baca Juga :  SMK Negeri 3 Padang

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Kegiatan di jurusan ini yaitu:

-Melaksanakan aktifitas penyiapan ruang kerja dan peralatan kantor untuk seluruh pegawai, untuk memastikan ketersediaan ruangan kerja dan peralatan kantor bagi setiap pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatan.

-Melaksanakan aktifitas renovasi gedung kantor/kerja, untuk memastikan semua gedung kantor selalu siap operasional.

-Melaksanakan kegiatan surat-menyurat, dokumentasi dan pengarsipan, untuk memastikan dukungan administrasi bagi kelancaran kegiatan seluruh karyawan.

-Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan untuk memastikan tercapainya kualitas target kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi kepada atasan.

-Membuat perkiraan biaya tahunan yang berkaitan dengan kegiatan office administration, sebagai rekomendasi pembuatan anggaran departemen General Affair.

-Melaksanankan akan adanya  kebutuhan dan pengadaan alat tulis kantor, peralatan kantor, peralatan kebersihan dan keamanan kantor serta layanan photocopy dan penjilidan.

-Mengawasi pelaksanaan kebersihan dan kenyamanan  ruang kantor dan keamanan kantor.

Bisnis Daring dan Pemasaran

Jurusan ini berfokus pada penjualan produk baik secara offline maupun online dan strategi pengembangan bisnis. Kegiatan PKL jurusan ini biasanya berfokus pada cara melakukan pemasaran produk baik online ataupun offline.

Usaha Perjalanan Wisata

Kegiatan di jurusan ini yaitu dari menerima dan memproses reservasi tiket sesuai permintaan pelanggan, mengurus transportasi perjalanan domestic maupun internasional beserta dokumen-dokumen yang berhubungan, menjadi pemandu wisata baik perjalanan wisata maupun aktraksi/obyek wisata, layanan transfer, menghitung harga paket perjalanan dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata, menjual produk wisata dan melaksanakan tugas tata operasi darat (ground handling) dan sebagai pengelola informasi wisata.

Perhotelan

Kegiatan di jurusan ini yaitu produksi makanan dan minuman (food and beverage production),  pengelolaan kantor depan (front desk), manajemen tata graha (housekeeping), keuangan (financial), penjualan dan pemasaran (sales and marketing), event management, dan sebagainya.

Tata Busana

Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design, program studi ini mempelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion.

Baca Juga :  SMKN 1 Karawang

Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Kegiatan di jurusan ini yaitu perawatan, seni menghias dan merubah. Adapun unsur perawatan yaitu perawatan wajah, perawatan tangan dan kaki, perawatan badan dan perawatan rambut. seni menghias yaitu tata rias wajah khusus dan kreatif, nail art, henna art, up styling dan hair colouring. Serta seni merubah seperti Pemangkasan rambut, pelurusan dan pengeritingan rambut. Peluang profesi yang dapat dimiliki oleh lulusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut yaitu MakeUp Artist, Hair Dresser, Beautycian, Beauty Consultant dan Beauty Advisor.

Tata Boga

Kegiatan di jurusan ini yaitu yang berkaitan dengan memasak, penyajian masakan, serta pemahaman yang komperhensif tentang kandungan gizi / nutrisi yang ada pada setiap masakan.

Teknik Komputer dan Jaringan

Kegiatan di jurusan ini yaitu cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware apa saja yang ada di dalam komputer, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar. Tidak hanya itu selama tiga tahun belajar di TKJ anda akan belajar sistem kerja jaringan dan pemograman web serta meng-administrasi komputer jaringan.

Multimedia

Jurusan ini mempelajari tentang penggunaan komputer. Belajar multimedia di SMK berarti kita belajar bagaimana menyajikan data dalam bentuk suara, animasi, teks, gambar, maupun video. Materi Jurusan Multimedia di SMK mengharuskan kita menggunakan berbagai macam tools, seperti Adobe After Effect, CorelDraw, Freehand, Adobe Photoshop, atau yang lain.

Buat kalian yang di daerah Aceh Tengah dan bingung mau masuk SMK mana bisa banget loh masuk ke SMK ini,banyak pilihan jurusannya yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan kamu. Nah, sekian dulu ya teman-teman tentang pembahasan mengenai profil SMK Negeri 1 Takengon. Kita akan bertemu lagi di pembahasan yang selanjutnya. See you next time,bye bye!

Penulis : Dera Pratiwi Putri

PKL SMK Negeri 1 Banyumas

Related Article…