SMK Jurusan TKJ

Hai Readers..!! Bagi Kalian yang akan masuk SMK , apakah Kalian suka mengotak – ngatik atau tertarik komputer? Jika iya, maka Kalian cocok untuk masuk di SMK jurusan TKJ.

Sekarang ini, jurusan TKJ sudah banyak peminatnya lho guys. Walaupun, banyak jurusan yang menjadi pesaing seperti RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), Jurusan Multimedia, dan lain – lain. Sebenarnya jurusan ini mudah untuk dipelajari cukup dengan niat dan tekun. Tapi kayanya semua jurusan mudah ya kalau kitanya enjoy.. hehehe

Untuk mengungkap penasaran Kalian tentang jurusan TKJ, so keep reading ya..!!!

Pengertian SMK Jurusan TKJ

Pengertian Jurusan TKJ

Pengertian Jurusan TKJ

TKJ merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK yang berfokus pada ahli informasi dan teknologi. Jurusan TKJ ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang teknik komputer dan jaringan. Sesuai dengan kepanjangannya, yaitu Teknik Jaringan Komputer. Di sini akan dibekali ilmu untuk cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program – program PC. Lalu pada intinya, siswa akan belajar tentang software dan hardware.

Teknik komputer dan jaringan saat ini sudah mulai terlihat di mata publik. Karena, jurusan ini sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan ke dunia kerja profesional. Jurusan ini bertujuan untuk menciptakan tenaga ahli komputer yang profesional.

Materi yang Ada di SMK Jurusan TKJ

Materi SMK TKJ

Materi SMK TKJ

tidak melulu tentang komputer dan komponennya saja yang dipelajari oleh jurusan TKJ. Akan tetapi, siswa diajari berbagai macam jaringan yang dapat membuka mata tentang perekembangan ilmu teknologi di dunia. Kuy simak 10 mata pelajaran yang akan dipelajari di SMK jurusan TKJ.

  1. Komputer dan Jaringan Dasar

Pelajaran tentang perihal komputer dan jaringan dasarnya. Contohnya, materi hardware, perkembangan jaringan, hingga bagian lainnya.

  1. Pemrograman Dasar

Di TKJ akan mempelajari ilmu yang keren, yaitu coding untuk sebuah operasi computer.

  1. Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Mata pelajaran ini akan cukup sulit, karena di sini siswa akan mendiagnosa kerusakan komputer, perbaikannya, hingga pembuatan jaringan seperti LAN, WAN, atau internet.

  1. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Jika sudah belajar ini, bersiap – siaplah akan digembleng dengan banyaknya macam konfigurasi jaringan, sebut saja Cisco, Mikrotik, dan jaringan – jaringan lainnya.

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital

Peniruan bentuk visual yang dideskripsikan dalam bentuk model gambar dan grafis. Oleh karena itu, siswa TKJ harus mahir dalam bidang analitik supaya dapat memahami dari suatu sistem itu sendiri.

  1. Desain Grafis

Siswa akan belajar cara mendesain dalam bentuk grafis. Ilmu ini akan berguna dan penting ketika siswa lulus nanti.

  1. Administrasi Sistem Jaringan

Pada materi ini siswa akan belajar soal Sistem Operasi beserta proses instalasinya. Biasanya untuk melayani banyak service, mulai dari printer, HTTP, hingga DNS Service.

  1. Teknologi Layanan Jaringan

Kalau sudah memasuki jurusan TKJ, maka harus belajar Teknologi Layanan Jaringan. Di sini, akan belajar mengenai apa saja layanan yang dirancang dan dibangun dengan tujuan untuk melayani pengguna meski dari banyak perangkat yang berbeda.

  1. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Berwirausaha tak memandang background skill. Maka dari itu, di TKJ pun akan mempelajari tantang kreativitas dan wirausaha.

  1. Pengetahuan Dasar

Tarakhir, mata pejaran ini layaknya seperti siswa SMA. Seperti, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, hingga ilmu agama.

Baca Juga :  Keunggulan Dan Kelemahan Masuk Jurusan TKJ SMK

PKL SMK Jurusan TKJ

PKL SMK TKJ

PKL SMK TKJ

Untuk sekolah kejuruan tidak lengkap rasanya apabila tidak melaksanakan PKL. Inilah perbedaan dengan SMA, yang di mana siswa SMK akan mendapatkan tugas praktik sebagai syarat kelulusan. Sekolah akan mengirim siswa ke perusahaan atau instansi untuk magang dengan kurun waktu yang telah ditentukan.

Khusus siswa TKJ, biasanya akan dikirim ke toko komputer bahkan hingga warnet. Di sana siswa akan belajar sekaligus praktik tentang komputer lebih luas. Ilmu yang sudah diajarkan di sekolah akan diasah saat PKL. Namun, tak dapat disangka bahwa nantinya akan mendapatkan tambahan ilmu yang belum dapet di sekolah.

Contoh tugas siswa TKJ saat PKL ialah, ketika mereka melakukan PKL di sebuah toko komputer. Di sana siswa PKL akan diajarkan service komputer. Perbaikanya dapat dilakukan dengan pembongkaran komputer. Setelah melakukan pembongkaran, maka akan mendiagnosa tentang kerusakan komputer tersebut.

Baca Juga :  SMK Jurusan RPL

Prospek Kerja SMK Jurusan TKJ

Prospek Kerja SMK TKJ

Prospek Kerja SMK TKJ

Sudah dapat kita ketahui bahwa jurusan TKJ merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas. Hal itu, dikarenakan perkembangan teknologi dalam bentuk jaringan akan semakin berkembang.

Berikut pemaparan prospek kerja untuk SMK Jurusan TKJ

  1. Teknisi Kompeter

Melihat hampir seluruh sektor pekerjaan menggunakan komputer yang pastinya akan membutuhkan teknisi untuk merawatnya.

  1. Desainer Grafis

Bidang kerja yang membuat visual  menarik dan juga konten.

  1. Teknisi Jaringan

Seorang teknisi jaringan akan mengelola segala yang berkaitan dengan WIFI, network, kabel telepon, atau instalasi jaringan lain.

  1. Administrasi Server

Pekerjaan ini tugasnya adalah mengawasi, mengelola, serta mengamankan suatu komputer server.

  1. Customer Service

Selanjutnya ialah sebagai customer service. Sekarang ini costumer service juga banyak menggunakan  layanan digital. Sehingga, banyak membutuhkan lulusan TKJ

 

Demikianlah penjelasan seputar jurusan TKJ SMK. Semoga bermanfaat bagi Kalian yang sudah baca ya..

Tak hanya itu, saya juga mengucapkan banyak terimakasih karena telah membaca artikel ini.

Untuk informasi lebih banyak seputar SMK hingga PKL, Kalian dapat cek di website kami ya. Bye bye…!!

 

Related Article…