SMK Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton

Contents

SMK Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton


 

SMK Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton merupakan jurusan yang mempelajari tentang bahan bangunan, manajemen pelaksanaan pembangunan, ilmu ukur tanah atau survey dan pemetaan.

 

Jurusan ini jarang ditemui di beberapa sekolah, oleh karena itu banyak orang yang masih belum paham mengenai jurusan ini.

 

Untuk pemahaman lebih dalam lagi bagi kamu, yuk simak pembahasan dibawah ini readers!

 

Apa Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton? 

Berbagai materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran kompetensi jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton antara lain :

 

  • Mengimplementasikan berbagai dasar gambar teknik, mulai dari proses menggambar garis, bentuk bidang, ataupun bentuk tiga dimensi, menggambar perangkat lunak dengan adanya proses desain, dan menggambar proyeksi benda.

 

  • Mengimplementasikan ilmu statistika dan tegangan, mengenal besaran vektor, hukum newton, diagram gaya, sistem satuan, serta mampu menerapkan teori tegangan konstruksi bangunan. 

 

  • Identifikasi ilmu bangunan, pendekatan metodologis untuk menguasai struktur dasar bentuk.

 

  • Paham mengenai bahan lingkungan sebagai pendekatan mengembangkan bahan bangunan sebuah benda, memahami semua kelebihan dan kelemahan bahan bangunan yang sering ada dalam membangun rumah maupun bangunan lainnya. 

 

  • Melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja sebagai bentuk pelatihan dasar yang perlu dikembangkan serta dibiasakan untuk modal dasar bekerja.

 

Nah itu tadi merupakan materi kompetensi keahlian yang akan kamu dapatkan dan pelajari pada jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton. 

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton 

Prospek kerja atau peluang kerja yang bisa kamu dapatkan tentunya yang berkaitan di bidang konstruksi atau bangunan.

Saat ini tenaga kerja lulusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton sedang banyak dicari, karena walaupun pekerjaannya cukup berat tetapi dapat menjanjikan bagi karir kamu di masa depan.

Baca Juga :  Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu dapatkan di jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton :

 

  • Departemen Pekerjaan Umum

Tugas seorang Departemen Pekerjaan Umum adalah menyelenggarakan urusan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat dalam rangka membantu menyelenggarakan pemerintahan negara.

 

  • Konsultan Bangunan 

Seorang Konsultan Bangunan bertugas untuk melaksanakan pekerjaan proyek perencanaan dalam hal bangunan.

 

  • Perencana Perumnas

Perencana Perumnas merupakan seseorang yang bertugas untuk membuat perencanaan yang akan dilakukan nantinya pada saat pembangunan perumnas.

 

  • Pemborong/Pengembangan

Tugas seorang Pemborong adalah memberi masukan dan bantuan dalam rancangan desain bangunan. 

 

Selain itu juga bertugas untuk memberi saran dalam pemilihan material, dan memperkirakan waktu pengerjaan supaya lebih terukur dan cepat.

 

Nah itulah yang merupakan prospek kerja yang bisa kamu dapatkan, pekerjaan tersebut tentunya tidaklah sulit untuk didapatkan pada masa sekarang ini.

 

Mengingat banyaknya pembangunan yang dilakukan di Indonesia, maka akan semakin banyak pula tenaga lulusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton yang dibutuhkan. Inilah kesempatan kamu untuk meniti karir.

 

Pekerjaan di bidang bangunan juga gajinya tidak main-main loh readers! Bahkan bisa menjanjikan bagi karir kamu kedepannya. 

 

Apakah Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton itu sulit?

Pada jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton tentunya siswa akan mempelajari mengenai bagaimana cara membuat sebuah bangunan mulai dari persiapan, proses pembuatan, finishing, pemeliharaan, sampai dengan penghitungan biaya secara rinci.

Tentu pada jurusan ini juga tidak hanya materi teori tetapi juga akan diberikan materi prakteknya. Guna mengasah skill para siswa.

Jika dilihat sesuai dengan nama jurusannya, banyak orang yang beranggapan bahwa jurusan ini rumit dan sulit. 

Namun sebenarnya jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton merupakan jurusan yang mudah jika dipelajari dan dipahami secara mendalam.

Baca Juga :  Keunggulan Dan Kelemahan Jurusan Pemasaran SMK

Adanya kata sulit, karena kamu belum mencoba untuk menggali ilmunya lebih dalam lagi.

Padahal jurusan ini sangat jarang ditemui di beberapa sekolah dan jurusan ini termasuk jurusan yang mempunyai prospek kerja dengan gaji yang besar.

 

Bagi sebagian orang yang paham betul tentang jurusan ini pasti mereka akan masuk ke jurusan ini, karena mereka ingin menunjang karir mereka kedepannya. 

Sebenarnya tidak ada jurusan sulit, selama kamu mau belajar dan mencoba, sebenarnya jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton termasuk jurusan yang mudah karena mempelajari bangunan yang tentunya setiap hari kamu melihat bangunan di sepanjang jalan, itu bisa menjadi gambaran untuk kamu.

Jadi jangan ragu jika kamu ingin masuk ke jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton, jika kata orang jurusan ini sulit maka kamu harus buktikan kalau sebenarnya jurusan ini mudah dan kamu bisa sukses di jurusan ini.

 

Apa Itu SMK Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton? 

SMK Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton adalah jurusan yang menekankan keahlian di bidang teknik bangunan.

Disini siswa akan diajarkan bagaimana cara membuat bangunan mulai dari persiapan, proses pembuatan, finishing, pemeliharaan, sampai dengan perhitungan biaya secara rinci.

Jurusan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan siswanya agar profesional dalam bidang konstruksi bangunan gedung seperti perumahan dan gedung bertingkat. 

Selain itu juga mempelajari tak jauh dari hal yang berbau konstruksi bangunan serta bahan batu dan beton.

Jurusan tersebut jarang ditemui akan tetapi banyak peminatnya dari berbagai kalangan karena prospek kerjanya yang cukup menjanjikan. 

Itulah pembahasan mengenai SMK Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton semoga bisa bermanfaat dan mereferensi kamu dalam memilih jurusan lanjutan.

 

Untuk informasi lebih lanjut seputar dunia SMK, simak terus website ini ya readers!

Related Article…