SMK Jurusan RPL

Hai Readerss!! Kali ini saya akan membahas seputar SMK jurusan RPL. Sepertinya pada kalangan anak muda, hacker itu keren ya? Jika Kalian setuju dan satu pendapat, tentunya Kalian tahu film “Who Am I?” . Ya! Film tersebut berkisahkan tentang seseorang yang menjadi hacker handal. Eitss.. Tapi jangan tiru yang jeleknya ya! Kita ambil hikmahnya.

Di zaman sekarang ini yang serba digital, tentunya menuntut kita untuk pandai memainkannya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan banyak anak muda sekarang rela menuntun ilmu untuk memperdalam teknologi.

Seperti halnya dengan SMK jurusal RPL. Jurusan yang akan membawa Kalian pada dunia elektronik khususnya perangkat lunak.

Jika Kalian tertarik pada sistem perangkat lunak, maka jurusan RPL akan menunggu Kalian. Untuk mengupas lebih dalam tentang jurusan ini, keep reading ya!

Pengertian SMK Jurusan RPL

pengertian juruan RPL

pengertian juruan RPL

RPL Yang merupakan singkatan dari Rekaya Perangkat Lunak. Di mana pada jurusan ini, Kalian akan mempelajari seluk – beluk software. Seperti pembuatannya, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas.

Bukan hanya pada software saja. Jurusan ini juga berkaitan dengan pembuatan website, aplikasi, game, dan lain sebagainya. Sehingga, pada intinya jurusan RPL tidak akan jauh dengan coding, desain, dan algoritma.

Ketika mendengar kata ‘coding’, mungkin terlintas susah dalam pikiran. Namun, hal tersebut bukanlah benar. Sebenarnya, hanya pikiran saja yang mempengaruhi Kalian. Padahal, jika sudah terbiasa akan mudah bagi Kalian.

Materi yang Ada di SMK Jurusan RPL

materi jurusan RPL

materi jurusan RPL

pada siswa RPL akan mempelajari perkembangan IT yang di mana Moblie Developer merupakan fokus utama. Siswa akan diajarkan pembuatan hingga pengembangan sebuah aplikasi.

Baca Juga :  Analis Pengujian Laboratorium

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai materi SMK jurusan RPL

  1. Android

Pembelajaran tentang pembuatan program aplikasi android.

  1. Pembuatan Aplikasi IOS

Hal ini merupakan peluang bagi developer supaya bisa mengembangkan aplikasi IOS di Indonesia. Hal ini dikarenakan, pengguna IOS di Indonesia belum terlalu besar.

  1. Pengelola Database

Databe merupakan kumpulan data yang tersimpan secara sistematis dalam komputer. Database tersebut dapat diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak / aplikasi. Siswa RPL akan mempelajari mengelola database, menambah data, mengubah, dan menghapus data.

  1. Web Service

Siswa akan memahami tugas dari web service, yaitu digunakan untuk melakukan sebuah respond dan request yang dilakukan antar client dan server.

  1. WEB Page Administrator

Di sini akan mempelajari bahasa pemograman, yakni:

  • PHP

Sebuah side server digunakan untuk pengembangan website dinamis dan bisa disisipkan ke HTML.

  • MySql

Digunakan untuk mengelola database mengunakan query.

  • HTML

Sebuah bahasa standar yang digunakan browser untuk membuat halaman dan dokumen web.

  • CSS

Sebagai salah satu bahasa pemrograman web untuk mengelolah tampilan pada website.

PKL SMK Jurusan RPL

PKL SMK RPL

PKL SMK RPL

Di SMK, tidak hanya materi saja yang diajarkan. Akan tetapi, mempraktikkannya pun penting. Bentuk implementasi materi pada SMK diwujudkan ke dalam PKL, yaitu praktik kerja lapangan. PKL merupakan ciri khas pada SMK, yang di mana peserta didik akan dikirim sekolah untuk magang.

Pelaksanaan PKL siswa berbeda – beda pada tiap sekolah. Kurun waktunya pun juga berbeda, tergantung kebijakan sekolah.

Begitu pula pada siswa SMK Jurusan RPL. Tentunya mereka akan mendapatkan tugas praktik sebagai syarat kelulusan. Namun, sebelum melaksanakan magang, siswa akan mendapatkan pembekalan dari sekolah. Pembekalan tersebut berupa, tata cara saat PKL, aturan PKL, aturan kerja, hingga sistem penilaian PKL.

Siswa RPL biasanya akan ditempatkan ke perusahaan yang berkaitan dengan digital ataupun perangkat lunak. Ketika magang, mereka akan menerapkan ilmu yang mereka pelajari saat di sekolah secara langsung. Contohnya pada digital marketing melalui website. Akan ada banyak ilmu tambahan yang sekolah tidak ajarkan. Seperti:

  • Mengetahui cara membuat website / blog yang cepat
  • Mengetahui urutan pada website
  • Mempelajari ilmu strategi digital marketing (SEO)
  • Mengetahi cara mendesain website
  • Mengetahui cara mengupload video di youtube
Baca Juga :  SMK Jurusan RPL di Jakarta

Kemudian, tidak hanya bisnis online saja yang didapatkan. Cara pembuatan aplikasi, mengeglola database, dan menggunakan plugins pun dapat Kalian pelajari secara langsung di PKL.

Setelah melaksanakan PKL, siswa wajib menyerahkan jurnal kegiatan dalam bentuk laporan. Isi laporan tersebut harus tersusun dengan rapih. Susunan laporan yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Cover
  2. Lembar pengesahan
  3. Kata pengantar
  4. Pernyataan otentik
  5. Daftar isi
  6. Daftar gambar dan lampiran
  7. Bab pendahuluan
  8. Bab isi laporan
  9. Bab penutup
  10. Daftar pustaka

Prospek Kerja SMK Jurusan RPL

prospek kerja jurusan RPL

prospek kerja jurusan RPL

Sebagai ilmu yang menyangkut teknologi, khususnya pada software tentunya jurusan RPL memiliki ruang lingkup kerja yang luas. Apalagi sekarang ini sudah memasuki era digital yang pastinya menjadi peluang besar untuk developer. Berikut prospek kerja yang dapat Kalian pilih setelah lulus dari SMK jurusan RPL :

  1. Mobile Developer

Lulusan RPL dapat menjadi mobile developer dengan ilmu yang diperoleh tentang mobile programming.

  1. Software Testing

Pada pekerjaan ini adalah mengevaluasi kemampuan sebuah sistem dan penentuan apakah sesuai dengan rancangan atau belum.

  1. System Analysis

Bertugas melakukan analisis pada sistem dan membuat solusi yang memanfaatkan perangkat lunak.

  1. Database Engineer / Database Administrator

Merupakan pekerjaan yang merancang dan memelihara database untuk sebuah intansi atau perusahaan.

  1. UI / UX Mobile Designer

Merancang design atau aplikasi yang akan dibuat. Tentunya pada pekerjaan ini, kreativitas akan berperan penting.

 

Alhadulillah sudah di penghujung bahasan kita kali ini. Semoga artikel yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk Kalian ya.

Tidak Lupa saya ucapkan terimakasih karena telah membaca artikel ini. Lebih kurangnya saya minta maaf.

Oh iya, untuk info seputar SMK lebih lanjut dapat Kalian cek di website kami ya.

Related Article…