SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak – atau yang sering disebut jurusan RPL merupakan suatu jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak.

Jurusan ini juga berkaitan erat dengan software komputer serta pemrogram. Banyak sebagian orang yang menganggap jurusan ini sulit, tetapi banyak orang pula yang berminat masuk ke jurusan satu ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jurusan RPL, yuk sinak pembahasan dibawah ini!

source image : https://images.app.goo.gl/WArQX8h9kovv1djHA

Contents

Apa Itu SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak? 

SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah salah satu jurusan bidang IT yang secara khusus mempelajari mengenai pemrograman komputer. Pada jurusan ini akan mempelajari prinsip sekaligus teknik mendesain perangkat lunak. 

Pada jurusan ini kamu akan mengetahui lebih dalam mengenai pemrograman suatu komputer, coding, dan juga mendesain. Jurusan RPL tergolong cukup sulit karena prakteknya pun agak sedikit rumit, tapi itu semua bisa kamu kuasai jika kamu mau untuk belajar dan mencoba.

Buat kamu yang sedang bingung mencari jurusan atau masih ragu untuk masuk ke jurusan RPL, simak pembahasan tersebut ya sebagai referensi kamu.

 

Apa Yang Dipelajari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak? 

Untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian kamu di bidang software, pada jurusan RPL kamu akan mempelajari maka pelajaran berikut :

  • Web Dinamis

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar membuat website dengan menggunakan berbagai macam aplikasi dan tentunya juga mempelajari bahasa pemrograman.

  • Pemrograman Berorientasi Objek

Pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan tentang bagaimana cara penulisan coding yang berorientasi pada objek.

  • Pemrogram Desktop

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar untuk mengembangkan sebuah program yang dapat dijalankan oleh komputer. Kamu akan belajar macam-macam bahasa pemrograman desktop seperti Java, PHP, Visual Basic, Phyton, dan sebagainya.

  • Basis Data

Disini kamu akan diajarkan mengenai bagaimana cara menyimpan seluruh data yang terdapat di dalam sebuah aplikasi dengan baik dan benar. 

  • Coding

Jurusan yang satu ini pasti tak jauh dari kata coding, disini kamu akan belajar untuk memahami berbagai macam bahasa pemrograman. 

  • Algoritma
Baca Juga :  SMK Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor

Pada pelajaran ini, kamu akan memahami langkah-langkah yang telah disusun secara berurutan guna menyelesaikan masalah pemrograman.  Dengan mempelajari beberapa mata pelajaran tersebut, kamu akan mengetahui dan bahkan menguasai dunia software. 

 

Kekurangan dan Kelebihan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 

Ketika kamu mengambil jurusan RPL tentunya kamu akan memperoleh kekurangan dan kelebihan dari jurusan tersebut, berikut kelebihan yang bisa kalian dapat yaitu :

  • Pemahaman Terkait Komponen Komputer 

Jika kamu masuk ke jurusan RPL tentu kamu akan memiliki pemahaman yang lebih terkait komponen komputer. Kamu akan memahami tentang berbagai ilmu rakitan dan instalasi OS.

  • Pemahaman Terhadap Pembuatan Program Aplikasi 

Kelebihan selanjutnya yaitu, kamu akan memahami bagaimana suatu program aplikasi dibuat. Kamu akan mahir tentang cara perawatan dan mengatasi permasalahan seperti error.

  • Memiliki Market Yang Luas

Jurusan RPL memiliki nilai market yang luas, sehingga setelah lulus nanti kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai bidang. Profesi software engineer dan programmer menjadi profesi yang paling dibutuhkan di era saat ini.

 

Selain kelebihan, pastikan kamu juga memahami mengenai apa saja yang menjadi kekurangan jurusan tersebut.

  • Mengharuskan Peserta Didik Memiliki PC atau Laptop

Sesuai dengan kompetensi yang akan diajari, maka peserta didik dituntut untuk memiliki laptop guna memudahkan kegiatan prakteknya.  Namun hal tersebut menjadi kelemahan karena harta PC atau laptop tidaklah murah, sehingga jarang orang yang mampu membelinya. 

  • Materi Yang Rumit

Berbeda dengan jurusan SMK yang lainnya, saat masuk jurusan RPL tentu kamu akan dihadapkan dengan materi yang rumit. Hal tersebut karena RPL membahas berbagai macam jaringan dan segala komponen komputer sekaligus.

  • Ketidakefektifan Waktu 

Jurusan RPL mengharuskan kamu untuk memahami dan mengecek kesesuaian pemrograman. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi error, maka kamu harus mengulangnya kembali.

  • Memakan Biaya Cukup Besar

Karena hubungannya dengan komputer, jaringan, serta software maka tentu kedepannya akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Nah itu dia yang merupakan kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada jurusan RPL. Kelebihan dan kekurangan tersebut tentunya harus kalian pahami sebelum kalian masuk ke jurusan tesebut. 

Baca Juga :  SMK Dwijendra Denpasar

 

Peluang Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut adalah prospek kerja atau peluang kerja yang bisa kamu dapatkan jika kamu merupakan lulusan dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. 

  • Konferensi PSD ke WordPress

Tugas pada pekerjaan ini yaitu memenuhi kebutuhan klien salah satunya untuk mengubah hasil photoshop menjadi file wordpress. 

  • Developer IT

Seorang Developer IT bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klien.

  • Programmer 

Seorang Programmer bertugas untuk membuat sebuah program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi tertentu. 

  • IT Consultant 

Disini kamu akan berperan dalam merencanakan dan mengevalusi penerapan IT pada sebuah organisasi. 

  • System Analyst dan System Integrator

Nantinya kamu akan bertugas melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi serta informasi dalam sebuah perusahaan. Dan juga membuat solusi yang integrasi dan memanfaatkan perangkat lunak.

  • Database Engineer

Seorang Database Engineer bertugas untuk merencanakan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse).

  • Web Engineer

Seorang Web Engineer bertugas untuk merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan yang ada diatasnya. Bertanggung jawab juga dalam memelihara website dan juga mengembangkannya. 

  • Computer Network

Seorang Computet Network bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan. 

  • Game Developer

Kamu diharuskan untuk dapat mengembangkan perangkat lunak multimedia game dan membuat sebuah aplikasi game.

  • Inteligent System Developer 

Pada pekerjaan ini, tugas kamu adalah mengembangkan perangkat lunak yang intelegen seperti sistem pakar, image recognizer, dan sebagainya. 

  • Software Tester

Kamu diharuskan untuk dapat berperan khusus sebagai seorang penguji perangkat lunak dan juga bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari perangkat lunak maupun dari sistem.

Itu tadi yang merupakan prospek kerja atau peluang kerja yang bisa menjadi referensi bagi lulusan dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

 

Sekian pembahasan mengenai SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, untuk informasi lebih lanjut tentang dunia SMK, stay tuned terus ya di website ini readers!

 

Related Article…