SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah

SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah- SMK jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah merupakan sebuah program keahlian Akuntansi. Pada jurusan ini siswa akan dibekali untuk hitung menghitung khususnya pada seluruh kegiatan yang hubungannya dengan Bank. Untuk pembahasan lebih lanjut, yuk simak dibawah ini readers!

 

Contents

Apa Itu SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah? 

Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah merupakan suatu jurusan yang mempelajari tentang keuangan yang pelaksanaannya didasari dengan hukum Islam.

Sistem ini dibuat berdasarkan larangan dalam agama Islam untuk meminjamkan dengan menggunakan suku bunga yang bersifat riba, serta larangan berinvestasi pada suatu usaha yang bersifat haram. Dalam jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah siswa akan dibekali ilmu agar mampu bekerja di bidang Perbankan.

Banyak orang yang menganggap jurusan ini sulit dan pusing karena hubungannya dengan hitung menghitung dan laporan keuangan. Namun sebenarnya jurusan ini merupakan jurusan yang mudah dan hitung menghitung keuangan merupakan suatu hal yang sudah pasti hasilnya jika kita benar dan teliti dalam menghitung.

 

SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah Belajar Apa?

Pada jurusan ini tentunya akan belajar mengenai pelajaran yang hubungannya dengan keuangan. Berikut mata pelajaran yang ada pada jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah.

  • Pengelolaan Kas

Pada mata pelajaran ini, kamu akan diajarkan mengenai bagaimana cara mengelola uang kas dan laporan kas dengan baik dan benar.

  • Ekonomi Islam

Pada pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai kegiatan ekonomi yang hubungannya dengan keuangan tetapi tetap mempertahankan ketaatan sebagai umat Islam.

  • Layanan Lembaga Keuangan Syariah 

Disini kamu akan belajar mengenai sebuah layanan-layanan yang ada pada lembaga keuangan syariah.

  • Akuntansi Perbankan Syariah 

Kedengarannya juga sudah Akuntansi, pasti hubungannya dengan hitung menghitung ya readers. Nah pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan mengenai akuntansi dan laporan-laporan akuntansi yang menyangkut perbankan syariah.

  • Komputer Akuntansi 

Selain belajar mengenai materinya, kamu juga tentunya akan belajar mengenai perangkatnya. Disini kamu akan diajarkan bagaimana caranya mengelola Akuntansi melalui sebuah perangkat komputer.

  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan 

Karena hubungannya dengan keuangan, kamu akan diajarkan bagaimana cara menghasilkan suatu produk yang nantinya dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Nah itu dia yang merupakan mata pelajaran pada jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah yang nantinya akan kamu pelajari. 

Baca Juga :  KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING DI SMK

 

SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah Bisa Kerja Apa?

Dengan ilmu yang sudah kamu dapatkan selama di Sekolah, berikut ini merupakan peluang kerja yang bisa kamu dapatkan.

  • Pegawai Bank

Seorang Pegawai Bank bertugas untuk bertanggung jawab atas usaha penyimpanan uang masyarakat, melakukan pemasaran dengan cara mencari nasabah, serta memberikan jasa penukaran uang.

  • Pegawai Asuransi

Tugas seorang Pegawai Asuransi yaitu memasarkan dan menjual jasa asuransi untuk jaminan kerugian yang telah disebabkan karena sakit, kecelakaan mobil, kebakaran dan yang lainnya. 

  • Akuntan

Di jurusan ini tentunya kamu sudah dibekali dengan ilmu Akuntansi, dengan ilmu tersebut tentu kamu bisa bekerja sebagai seorang Akuntan. Tugas seorang Akuntan yaitu mencatat seluruh transaksi keuangan, memeriksa suatu laporan keuangan dan pajak hingga melakukan konsultasi untuk suatu riset keuangan. 

  • Staf Keuangan Syariah

Saat ini sedang banyak lembaga Keuangan Syariah yang menyediakan peluang kerja untuk seorang lulusan Perbankan Syariah. 

  • Internal Auditor 

Seorang Internal Auditor bertugas untuk mengatur atau mengelola uang yang diinvestasikan oleh nasabah. Nah itu dia yang merupakan prospek kerja bagi lulusan jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah.  Ini bisa menjadi referensi kamu saat akan mencari peluang kerja untuk karir kamu kedepannya. 

Baca Juga :  MENINGKATKAN KONVERSI DENGAN TEKNIK COPYWRITING DALAM PKL KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING 

 

Keunggulan SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah 

Banyak sekali keunggulan atau keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari lulusan jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah.  Berikut ini beberapa keunggulan memilih jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah.

  • Industri Perbankan Terus Berkembang 

Industri Perbankan semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga lulusan jurusan ini pasti banyak dibutuhkan oleh perusahaan. 

  • Memperoleh Banyak Ilmu 

Pada jurusan ini tentunya kamu akan memperoleh banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Mulai dari ilmu perbankan, mulai dari ilmu akuntansi, ilmu ekonomi serta ilmu agama islam.

  • Industri Perbankan Tidak Akan Pernah Mati

Dunia industri Perbankan dan Keuangan Syariah diprediksi akan terus berkembang dan diminati dari tahun ke tahun sehingga industri ini tidak akan pernah mati.

  • Gaji Yang Menjanjikan 

Gaji seseorang yang bekerja di Perbankan juga diketahui cukup besar dan menjanjikan bagi masa depan. Bahkan lulusan baru saja bisa menghasilkan dan menikmati gaji yang tinggi.

  • Mudah Bekerja di Lembaga Keuangan 

Sesuai dengan bidang yang kamu pelajari, kamu sangat berpeluang untuk bisa bekerja di lembaga keuangan. Selain itu juga kamu bisa menjadi seorang konsultan keuangan yang tugasnya sebagai penasehat individu maupun organisasi dalam mengelola suatu keuangan. 

 

Nah itulah yang merupakan keunggulan SMK jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah dibandingkan jurusan yang lainnya. Itulah sedikit pembahasan mengenai SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah. 

Semoga bisa menambah pengetahuan dan dapat menjadi referensi kamu untuk memilih jurusan kedepannya. Terus ikuti website ini untuk mengetahui informasi selanjutnya seputar dunia SMK

Related Article…