SMK Jurusan Pelayaran

SMK Jurusan Pelayaran – SMK jurusan Pelajaran merupakan suatu jurusan dimana berfokus untuk mempelajari pada bidang kapal niaga atau pelayaran.

Indonesia sebagai negara yang dua pertiga wilahnya perairan, memiliki potensi maritim yang cukup besar. Negara kita ini mempunyai perairan yang luas dan juga strategis, tidak heran lagi jika kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK di bidang pelayaran banyak dicari dan dibutuhkan. 

Lalu apa sih jurusan Pelayaran itu? Apakah hanya mempelajari tentang laut? Untuk mengetahui jurusan Pelayaran secara dalam lagi yuk simak pembahasan berikut readers!

source : https://images.app.goo.gl/qhp9detm6iuMpHG2A

Contents

SMK Jurusan Pelayaran Belajar Apa?

Mata Pelajaran pada jurusan Pelayaran pun bertujuan untuk mengembangkan dan menambah pengetahuan serta potensi siswanya mengenai semua hal yang terkait dengan Pelayaran. 

Materi jurusan Pelayaran yang dipelajari dikelas yaitu navigasi, prosedur darurat, prosedur keselamatan pelayaran, pengaturan bongkar muat kapal, dan yang lainnya.

Selain soal teknis dan operasional, pada jurusan Pelayaran juga akan dibekali pengetahuan mengenai lembaga yang terkait dengan kapal serta administrasi suatu pelabuhan.

Selain yang disebutkan tadi, ada juga beberapa mata pelajaran yang akan dipelajari pada jurusan Pelayaran, diantaranya yaitu :

  • Perawatan Kapal

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai ilmu-ilmu dalam perawatan suatu kapal. Disini kamu akan mempelajari mengenai fisik luar dan dalam kapal agar dapat beroperasi secara sempurna.

  • Ilmu Pelayanan Dasar

Disini kamu akan diajarkan tentang dasar-dasar pelayaran. Sebagai orang yang akan bekerja di Pelayaran tentu kamu harus mengetahui tentang dasar dan seluk beluk Pelayaran. 

  • Kecakapan Bahari

Pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan tentang bagaimana cara menggulung tali, menaikkan jangkar, dan lain sebagainya yang hubungannya dengan kapal.

  • Ilmu Pengetahuan Alam

Laut merupakan salah satu alam yang ada yang harus kita pahami, maka dari itu seseorang yang akan bekerja hubungannya dengan laut harus memahami ilmu alam.

  • Prosedur Darurat dan SAR

Pada jurusan tang satu ini kamu akan diajak untuk mengelilingi samudra hingga tidak ada satu orang pun yang ada disekelilingmu. Jika ada kejadian darurat, kamu tidak perlu khawatir karena kamu telah dibekali ilmu tentang Prosedur darurat serta ilmu  SAR.

  • Kompas dan Kemudi Kapal

Jika akan menjadi seorang Pelayar, kamu harus bisa untuk membaca kompas dan menjalankan sebuah kapal. Oleh karena itu, pada mata pelajaran ini kamu akan diajarkan mengenai kompas dan cara mengemudi kapal yang baik dan benar.

  • Bahasa Inggris Maritim
Baca Juga :  SMK Jurusan Kesehatan Gigi

Berlayar tentunya akan membuat kamu selalu berada disekitar wilayah asing. Untuk itu belajar Bahasa Inggris sangat penting agar kalian pandai dan mudah dalam melakukan suatu pekerjaan nantinya.

  • Matematika

Di dunia ini pasti tak ada suatu hal yang tidak berhubungan dengan hitung menghitung.  Oleh karena itu, belajar Matematika sangat penting untuk membantu memudahkan pekerjaan kamu.

  • Bahasa Indonesia 

Nah kalau mata pelajaran yang satu ini sudah tentu harus kalian pelajari ya readers. Sebagai warna negara Indonesia yang baik kita harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik pula, agar bisa mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

  • Teknologi Informasi 

Pada mata pelajaran ini kamu akan belajar mengenai IT dimana itu merupakan suatu hak yang sangat akrab dengan para pelayar. Semua alat kapal merupakan alat yang telah terintegrasi sehingga jika kami menguasai teknologi itu menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung kelancaran kegiatan ke depannya.

 

Nah itu tadi yang merupakan pelajaran yang akan kalian dapat jika masuk jurusan Pelayaran.  Ulasan tersebut bisa menjadi pemahaman atau referensi kalian mengenai mata pelajaran jurusan Pelayaran yang akan dipelajari nantinya.

 

Syarat Masuk SMK Jurusan Pelayaran

Syarat untuk masuk ke jurusan Pelayaran tentunya mudah dan tidak rumit, syaratnya pun tidak begitu banyak.

Beberapa syarat masuk SMK jurusan Pelayaran yaitu :

  • Minimal tinggi badan 155 cm untuk perempuan dan 160 cm untuk laki-laki.
  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Siap untuk menjalani segala kegiatan yang berhubungan dengan fisik
  • Menyiapkan biodata lengkap
  • Menyertakan Surat Keterangan Sehat

Yang disebutkan tadi merupakan beberapa syarat untuk masuk ke SMK jurusan Pelayaran.

 

Prospek Kerja SMK Jurusan Pelayaran 

Walaupun jurusan Pelayaran cukup menantang dan mempunyai resiko tersendiri, tetapi jurusan ini mempunyai banyak prospek kerja yang menjanjikan.  Lalu apa saja sih yang menjadi prospek kerjanya? Berikut beberapa poin yang bisa menjadi prospek kerja jurusan Pelayaran.

  • Nahkoda

Seorang Nahkoda bertugas untuk mengemudikan kapal dan juga menjadi perwira jaga untuk navigasi laut. Saat ini tenaga nahkoda banyak dibutuhkan pada dunia Pelayaran.

  • Pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan

Bagi kamu seorang lulusan jurusan Pelayaran yang ingin bekerja di instansi pemerintah, kamu cocok untuk menempati bagian ini.

  • Pembuat Hukum Regulasi dan Transportasi 
Baca Juga :  PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL ADVERTISING DALAM PKL KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING 

Pada bidang ini, lulusan jurusan Pelayaran dibutuhkan untuk membuat berbagai hukum dan regulasi tentang transporasi laut.

  • Bekerja di Perusahaan Pelayaran 

Peluang selanjutnya adalah bekerja di berbagai perusahaan yang tentunya bergerak di bidang Pelayaran. Ada banyak posisi yang dapat kamu tempati disini, yang tentunya cocok dengan jurusan kamu.

  • Pelabuhan dan Galangan Kapal

Kamu juga bisa bekerja di Pelabuhan dan Galangan Kapal, bekerja pada posisi ini tentunya gajinya cukup besar.

  • Industri Perikanan

Pada jurusan Pelayaran tentunya kamu sudah mengetahui tentang laut dan perikanan, sehingga prospek kerja yang satu ini cocok untuk kamu.

  • Perusahaan Minyak dan Gas Bumi

Pekerjaan yang satu ini tentunya akan membuat kamu bekerja ke lepas pantai dan ini cocok untuk kamu jurusan Pelayaran karena sudah memahami tentang dunia kelautan.

  • Industri Manufaktur

Lulusan Pelayaran dibutuhkan pada posisi ini terutama pada bagian pekerjaan yang berkaitan dengan proses pengiriman yang harus melalui jalur laut.

  • Tenaga Pengajar

Saat ini banyak dibangun sekolah-sekolah yang tentunya membutuhkan tenaga pengajar. Untuk kamu yang sudah dibekali ilmu Pelayaran bisa banget nih berkarir untuk menjadi seorang pengajar di bidang Pelayaran.

  • Wiraswasta 

Dengan banyak ilmu yang sudah kamu dapatkan, tentunya kamu bisa menjadi seorang pengusaha dalam bidang yang hubungannya dengan perkapalan atau transportasi laut.

 

Nah itu dia prospek kerja yang bisa kalian dapatkan di bidang Pelayaran, prospek kerja tersebut tergolong prospek kerja yang meraup gaji yang menjanjikan.

 

Apa Itu SMK Jurusan Pelayaran? 

SMK jurusan Pelayaran merupakan jurusan yang diajarkan dan tentunya mempelajari mengenai kemaritiman atau kelautan. Jurusan tersebut cukup menantang karana proses pelaksanaan prakteknya biasanya langsung di laut. Jurusan Pelayaran juga tergolong banyak diminati karena prospek kerjanya yang menjanjikan bagi masa depan.

Sebenarnya jurusan Pelayaran tidak lah sulit dan tidak lah mudah. Tetapi akan asik jika kalian menjalaninya dengan enjoy. Untuk kalian yang masih bingung untuk masuk ke jurusan Pelayaran jangan bingung lagi ya, kalian bisa pahami penjelasan diatas.

Sekian pembahasan mengenai SMK Jurusan Pelayaran, semoga bisa mereferensi dan menambah pengetahuan kamu. Untuk mengetahui dan menambah pemahaman berikutnya tentang dunia SMK, stay tuned terus di website ini ya readers!

 

Related Article…