SMK Jurusan Pariwisata

SMK Jurusan Pariwisata- SMK jurusan Pariwisata merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu kepariwisataan.

Akan tetapi tidak hanya kepariwisataan saja yang dipelajari, kamu juga akan mempelajari tentang manajemen destinasi wisata, perhotelan, dan juga tour and travel.

Tapi sebelumnya apakah kamu sudah mengenali jurusan Pariwisata itu apa? Apakah kamu berpikir bahwa jurusan Pariwisata hanya belajar wisata dan jalan-jalan saja? Yuk ketahui lebih lanjut tentang jurusan Pariwisata di bawah ini ya readers.

 

Contents

Apa Itu SMK Jurusan Pariwisata?

Di jurusan Pariwisata tentunya kamu akan mempelajari tentang dunia Kepariwisataan, tetapi tidak hanya mempelajari Kepariwisataan saja tetapi kamu juga akan mempelajari tentang Perhotelan.

Jurusan ini cocok bagi kamu yang suka jalan-jalan karena pada jurusan ini kamu akan belajar tentang manajemen dan strateginya sekaligus jalan-jalan. Bekal ilmu yang kamu dapat pada jurusan Pariwisata bisa kamu terapkan pada saat kamu bekerja pada industri wisata.

Jurusan Pariwisata pun tergolong banyak peminatnya dari tahun ke tahun karena merupakan kesenangan tersendiri masuk jurusan tersebut bisa untuk belajar sekaligus jalan-jalan.

Tetapi tidak melulu tentang jalan-jalan ya readers, kamu juga harus tetap belajar dan memahami materi tentang kepariwisataan serta berbagai prakteknya agar mempermudahkan kamu saat lulus nanti.

 

Keunggulan dan Kelemahan SMK Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata masih menjadi jurusan favorit bagi berbagai kalangan. Tapi disamping itu, jurusan pariwisata juga mempunyai keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Lalu apa saja sih yang menjadi keunggulan dan kelemahan jurusan tersebut? Yuk kita simak pembahasan dibawah ini!

 

Keunggulan :

  • Memiliki Potensi Kerja Yang Besar

Di era saat ini masih banyak dibutuhkan potensi tenaga pariwisata bagi fresh graduate. Setidaknya kamu bisa memiliki peluang besar untuk bisa bekerja setelah lulus SMK nanti.

  • Memiliki Mata Pelajaran Yang Menarik

Mata pelajaran ini sangat cocok buat kamu yang suka jalan-jalan. Di jurusan Pariwisata kamu akan merasakan kesenangan karena bisa mengunjungi tempat-tempat baru dan belajar hal baru yang menyenangkan.

  • Sekolah Dengan Metode Praktik 60%
Baca Juga :  PENGGUNAAN EMAIL MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING 

Di sini kamu akan belajar mengenai seluk beluk dunia pariwisata. Metode yang digunakan yaitu dengan 60% metode praktek dan 40% metode teori.

  • Bisa Menjadi Pribadi Yang Komunikatif dan Percaya Diri

Di SMK jurusan Pariwisata kamu akan diajari untuk menjadi pribadi yang komunikatif dan juga percaya diri. Kamu akan belajar mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang baik di depan umum.

  • Tetap Bisa Melanjutkan Kuliah

Kalau setelah lulus dari jurusan Pariwisata kamu belum berniat untuk kerja, kamu masih bisa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Disana akan banyak jurusan yang relevan dengan jurusan Pariwisata.

 

Kelemahan :

  • Biaya Yang Mahal

SMK jurusan Pariwisata akan menuntut kamu untuk banyak praktek sehingga kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup untuk setiap prakteknya.

  • Tidak Cocok Bagi Kamu Yang Belum Menemukan Tujuan

Masuk SMK sangat diperlukan niat dan tujuan serta jangan asal-asalan ya readers. Jangan sampai kamu salah mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan passion kamu.

  • Cakupan Pelajaran Lebih Sempit

Pelajaran yang dipelajari hanya yang terkait dengan jurusanmu saja. Serta materinya tidak sekompleks seperti pada SMA.

  • Kuota Penerimaan Mahasiswa SMK Terbatas

Di beberapa Universitas Negeri ternama, kuota penerimaan calon mahasiswa jauh lebih besar. Tapi bukan berarti kamu tidak mempunyai kesempatan untuk berkuliah, masih bisa tetapi peluangnya yang kecil.

  • Persaingan Semakin Ketat

Meski industri pariwisata yang ada di Indonesia terus berkembang pesat tetapi kamu juga harus tahu bahwa persaingan kerja pun semakin ketat. Karena banyak juga lulusan Universitas yang mempunyai ijazah spesifik tentang bidang Pariwisata.

 

Itu dia beberapa keunggulan dan kelemahan SMK jurusan Pariwisata. Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan tersebut semoga bisa untuk menentukan tujuan sekolah kamu ya.

Baca Juga :  STRATEGI AFFILIATE MARKETING UNTUK PKL KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING 

 

Prospek Kerja SMK Jurusan Pariwisata

SMK jurusan Pariwisata mempunyai banyak peluang atau prospek kerja yang menjanjikan bagi karirnya di masa depan.

Walaupun banyak peluangnya tapi persaingannya pun semakin ketat, tapi tak usah khawatir karena peluang kerja tersebut sangat berpeluang bagi kalian yang sudah mahir di bidang pariwisata.

Berikut prospek kerja pada jurusan Pariwisata yang bisa menjadi referensi untuk kamu :

  • Pemandu Wisata

Kamu yang pandai di bidang Pariwisata bisa banget nih menjadi seorang Pemandu Wisata. Pemandu Wisata bertugas untuk berkomunikasi dengan siapa termasuk berkomunikasi dengan turis asing sekalipun.

  • Wirausaha

Kamu juga bisa membuka peluang usaha sendiri dengan menjadi seorang wirausaha di bidang Pariwisata. Apalagi di era saat ini bidang Pariwisata sangat diminati oleh masyarakat luas.

  • Pramugari/Pramugara

Karena di jurusan Pariwisata tidak hanya belajar tentang kepariwisataan yang ada di Indonesia saja, kamu bisa berpeluang untuk berkarir sebagai seorang Pramugari/Pramugara.

  • Sales Agensi Wisata

Pekerjaan yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka travelling. Karena pada pekerjaan yang satu ini pasti tak jauh dari kata jalan-jalan yang tentunya untuk bekerja.

  • Concierge Hotel

Jurusan kepariwisataan juga mempelajari tentang perhotelan jadi tidak melulu tentang wisata. Jadi kamu juga bisa bekerja di hotel sebagai seorang Concierge Hotel.

 

Nah beberapa poin tersebut merupakan prospek kerja yang berpeluang untuk karir kamu di bidang Pariwisata. Prospek kerja tersebut bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan pekerjaan yang kamu minati kedepannya.

Sekian pembahasan mengenai jurusan Pariwisata, semoga bisa menambah referensi bagi kamu yang akan mencari sekolah lanjutan. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai dunia SMK, simak terus website ini setiap harinya ya readers!

 

Related Article…