SMK Jurusan Manajemen Logistik

Contents

SMK Jurusan Manajemen Logistik


 

SMK Jurusan Manajemen Logistik merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana penyimpanan, pengemasan, pengiriman, pengangkutan, dan pencatatan barang dapat terlaksana dengan baik hingga sampai ke tempat konsumen.

Nah untuk mengetahui mengenai jurusan Manajemen Logistik lebih dalam lagi, yuk simak pembahasan di bawah ini readers!

 

SMK Jurusan Manajemen Logistik Belajar Apa Saja?

Berikut ini akan dibahas mengenai mata pelajaran keahlian yang akan dipelajari di SMK Jurusan Manajemen Logistik. 

 

  • Penanganan Transportasi 

Pada mata pelajaran ini, siswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk menentukan prosedur yang tepat untuk pengurusan muatan angkutan darat, laut, dan udara.

 

Siswa juga akan diajarkan bagaimana cara mengelompokkan macam-macam peralatan alat bantu berbasis IT dalam transportasi. 

 

  • Administrasi Pergudangan

Siswa akan diajarkan mengenai bagaimana cara mengelola administrasi pergudangan dan juga bagaimana cara menggunakan berbagai macam alat bantu pergudangan.

 

  • Manajemen Distribusi dan Delivery 

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai bagaimana prosedur pengiriman barang yang tepat mulai dari proses administrasi hingga barang diantarkan sampai ke konsumen.

 

  • Regulasi Sektor Logistik dan Keselamatan Kerja 

Materi yang akan diajarkan pada mata pelajaran ini adalah menerapkan regulasi logistik pada angkatan darat, laut, dan udara.

 

Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang bagaimana mengklasifikasikan regulasi keselamatan kerja sesuai prosedur. 

 

  • Manajemen Transportasi 

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai bagaimana cara menentukan moda transportasi dan prosedur yang tepat dalam pengiriman barang. 

 

  • Manajemen Pergudangan

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar tentang bagaimana mengatur secara administratif maupun melaksanakan penataan gudang agar aman, efektif, dan sesuai prosedur.

 

  • Manajemen Distribusi 

Materi yang akan diajarkan pada mata pelajaran ini adalah tentang bagaimana cara melakukan penerimaan, pengolahan, pengemasan, hingga menyerahkan kiriman untuk diangkut ke tujuan.

 

  • Freight Forwarding

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai pengiriman barang secara export dan import sesuai prosedur yang benar.

Baca Juga :  SMK Jurusan Farmasi Di Bandung

 

  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan 

Pada mata pelajaran ini, siswa akan diajarkan dan dididik untuk menjadi pribadi yang siap bekerja. Siswa akan belajar mengenai bagaimana cara memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

 

Nah itulah beberapa mata pelajaran yang akan kamu dapatkan dan pelajari pada jurusan Manajemen Logistik. 

 

Lulusan Manajemen Logistik Jadi Apa?

Pada jurusan Manajemen Logistik materi yang dipelajari sangat kompleks dan beragam, maka tak heran jika prospek kerja yang bisa di dapat oleh jurusan ini cukup luas. Lalu lulusan jurusan Manajemen Logistik bisa kerja jadi apa saja sih? Untuk mengetahui lebih lanjut yuk simak pembahasan dibawah ini readers!

 

  • Analis Logistik

Seorang Analis Logistik bertugas untuk menganalisis proses pengiriman produk atau rantai pasokan untuk mengidentifikasi atau menyarankan perubahan.

 

  • Manager Supply Chain

Seorang Manager Supply Chain bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola keselurahan rantai pasokan dan strategi logistik serta operasi untuk memaksimal efisiensi dan produktivitas proses.

 

  • Ahli Teknik Transportasi 

Seorang Ahli Teknik Transportasi bertugas untuk mengembangkan rencana proyek untuk proyek-proyek transportasi yang sesuai dengan standar.

 

  • Konsultan Bea Cukai

Konsultan Bea Cukai bertugas untuk menyiapkan dokumentasi bea cukai dan memastikan bahwa pengiriman memenuhi semua hukum yang berlaku untuk memfasilitasi impor dan ekspor barang.

 

Di Indonesia masih sangat kekurangan SDM yang berkecimpung di bidang Logistik. Padahal ruang lingkup dunia Logistik di Indonesia sangat luas. Pastinya hal ini dapat menjadi peluang kerja bagi para lulusan jurusan Manajemen Logistik. 

 

Meskipun jurusan Manajemen Logistik masih langka, namun sebenarnya jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat baik dan menjanjikan bagi karir kedepannya. 

 

Kelebihan Jurusan Manajemen Logistik 

Sama halnya dengan jurusan yang lain, jurusan Manajemen Logistik juga mempunyai kelebihannya tersendiri.

 

Berikut ini beberapa kelebihan jurusan Manajemen Logistik :

  • Mata pelajarannya seru dan menyenangkan 
  • Potensi lulus langsung kerja
  • Jenjang karir yang cukup me namun masa depan 
  • Prospek karir yang cemerlang
  • Kebutuhan tenaga kerja di bagian logistik yang meningkat 
  • Gaji yang memuaskan saat bekerja nanti
  • Bisa menambah relasi dan jangkauan internasional 
  • Mempunyai wawasan dan pengetahuan bermanfaat di segala bidang 
  • Bisa mendapatkan banyak informasi dan update barang terkini
  • Cocok untuk siswa yang menyukai tantangan
Baca Juga :  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

 

Nah itu dia yang merupakan kelebihan pada jurusan Manajemen Logistik, tentu kelebihan tersebut tidak bisa kamu dapatkan pada jurusan yang lainnya.

 

Dengan kelebihan tersebut tentunya akan mendukung dan membekali ilmu untuk kamu saat akan terjun ke dunia kerja nantinya.

 

Apa Itu SMK Jurusan Manajemen Logistik? 

Manajemen Logistik merupakan salah satu kompetensi keahlian di bidang Bisnis dan Manajemen. 

SMK Jurusan Manajemen Logistik merupakan jurusan yang mempelajari tentang keilmuan teknik industri. 

Di jurusan ini juga menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan logistik dengan tujuan agar pergerakan personil dan barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien. 

Jurusan Manajemen Logistik merupakan jurusan yang menekankan ilmu pada bidang Manajemen dan dunia Logistik.

Di era saat ini industri logistik sangat tersebar luas, maka tak heran juga jika lulusan jurusan Manajemen Logistik banyak dicari untuk dijadikan tenaga kerja.

Jurusan ini tergolong banyak diminati oleh siswa dari tahun ke tahun, selain jurusannya yang mudah bermanfaat, peluang kerja yang bisa di dapatkan juga cukup luas dan menjanjikan untuk karir di masa depan.

Jadi bagi kamu yang masih bingung untuk masuk ke jurusan Manajemen Logistik, kamu bisa simak pembahasan di atas ya readers, agar tambah mantap dan tak salah langkah saat akan mengambil jurusan ini.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai SMK Jurusan Manajemen Logistik, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan lanjutan. 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai dunia SMK, jangan lewatkan website ini dan simak terus update nya ya readers!

Related Article…