SMK Jurusan Kesehatan Gigi

SMK Jurusan Kesehatan Gigi – SMK Jurusan Kesehatan Gigi merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK yang dimana mempelajari mengenai kesehatan di daerah rongga mulut dan gigi. Menangani segala sesuatu yang kaitannya dengan mulut dan juga cara mengobatinya.  Jurusan ini juga tidak hanya mengacu tentang kesehatan gigi saja tapi juga estetika mulut dan gigi. Nah untuk mengetahui jurusan Kesehatan Gigi, yuk simak penjelasan dibawah ini readers!

 

Contents

Apa itu SMK Jurusan Kesehatan Gigi?

Seperti namanya, SMK jurusan Kesehatan Gigi merupakan sebuah jurusan dimana ia mengacu pada kesehatan suatu gigi dan rongga mulut. Menangani dan mengobati semua hal yang kaitannya dengan masalah gigi, rongga mulut, dan juga estetika gigi dan mulut.

SMK jurusan Kesehatan Gigi termasuk dalam kategori jurusan favorit loh. Peminatnya dari berbagai kalangan pun cukup banyak. Bagaimana tidak, selain keren karena bergerak di bidang kesehatan, jurusan ini pun mempunyai prospek kerja yang menjanjikan bagi kalian loh.

Kalian bukan hanya mengetahui tentang kesehatan gigi dan membantu kesehatan gigi orang lain, tetapi kalian juga bisa menjadi paham mengenai gigi kalian sendiri dan cara menanganinya. Tentu ini merupakan bonus yang bisa kalian dapatkan dari belajar mengenai kesehatan gigi.

Ilmu yang kalian punya juga bisa kalian edukasikan ke orang lain agar mereka lebih mengetahui dan paham mengenai kesehatan gigi mereka. Untuk itu bagi kalian yang mau masuk ke jurusan Kesehatan Gigi tapi masih ragu-ragu, ayo mantapkan cita-cita kalian untuk masuk Kesehatan Gigi. Karena jurusan tersebut bisa berdampak positif besar bagi karir kalian kedepannya loh.

 

SMK Jurusan Kesehatan Gigi Belajar Apa?

Sama halnya dengan jurusan Keperawatan, jurusan Kesehatan Gigi juga mempelajari mengenai dunia kesehatan. Namun bedanya, pada jurusan Kesehatan Gigi lebih mengacu pada kesehatan gigi dan rongga mulut. Lalu apa saja sih yang dipelajari pada jurusan Kesehatan Gigi? Yuk simak beberapa poin dibawah ini readers.

Baca Juga :  SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah

 

  • Dasar-dasar Ilmu Kesehatan Gigi

Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang hubungannya dengan kesehatan gigi. Mulai dari gigi bagian luar, bagian dalam, hingga estetika mulut.

  • Komunikasi Interpersonal dan Penjaminan Mutu

Seseorang pada jurusan Kesehatan Gigi harus menguasai komunikasi secara interpersonal. Mereka juga harus pandai dalam melakukan penjaminan sebuah mutu.

  • Farmakologi, Bahan dan Obat Kesehatan Gigi

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai obat untuk gigi. Kira-kira itu materi keahlian yang akan kamu pelajari jika kamu masuk ke jurusan Kesehatan Gigi. Tentunya materi tersebut sangat berkaitan erat dengan masalah kesehatan pada gigi dan materi tersebut mudah dipelajarinya serta akan lebih mahir jika dipraktekkan secara langsung.

 

Keuntungan Masuk Jurusan Kesehatan Gigi

Walaupun jurusan kesehatan Gigi tergolong biayanya tidak murah tetapi jurusan ini bisa membawa banyak keuntungan buat kalian loh readers.

Apa saja sih keuntungannya? Yuk kita intip di bawah ini.

  1. Paham dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik
  2. Memiliki hidup yang seimbang
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
  4. Paham tentang teknologi dan riset
  5. Dapat menjadi seorang pemimpin
  6. Menjadi seorang educator
  7. Dapat mendeteksi penyakit
  8. Mempunyai kreativitas yang tinggi
  9. Potensi sukses yang cukup besar
  10. Dapat mempekerjakan diri sendiri.

 

Nah itu dia yang termasuk keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika masuk jurusan Kesehatan Gigi. Menarik bukan? Tentu saja keuntungan-keuntungan tersebut sangat menjanjikan bagi karir kamu kedepannya.

Baca Juga :  SMK Jurusan Pariwisata

 

Prospek Kerja SMK Jurusan Kesehatan Gigi

Dilihat dari beberapa keuntungan yang di dapat dari jurusan Kesehatan Gigi, prospek kerja atau peluang kerja yang didapatkan dari lulusan ini pun cukup banyak dan menjanjikan.

Pendapatannya juga tak main-main loh readers. Berikut prospek kerja jurusan Kesehatan Gigi :

 

  • Asisten Dokter Gigi

Bagi kamu lulusan jurusan Kesehatan Gigi bisa banget nih bekerja sebagai asisten dokter gigi. Kamu juga dianggap sudah memiliki cukup pengetahuan mengenai kesehatan gigi.

  • Asisten Klinik Gigi Mandiri

Selain menjadi Asisten Dokter Gigi, kamu juga bisa menjadi seorang asisten yang bekerja pada Klinik Gigi Mandiri.

  • Asisten Dokter Gigi Rumah Sakit

Kamu juga bisa mencoba peluang karir kamu untuk menjadi seorang asisten dokter gigi pada suatu Rumah Sakit. Tugas kamu adalah membantu pekerjaan seorang dokter gigi di Rumah Sakit tersebut.

  • Perawat Gigi

Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang perawat gigi. Kamu bisa menggunakan pengetahuan kamu di bidang kesehatan gigi untuk menjadi seorang perawat gigi.

  • Terapis Gigi dan Mulut

Seorang Terapis Gigi dan Mulut bertugas untuk berkolaborasi dengan tenaga kesehatan yang lainnya. Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk mengatasi permasalahan kesehatan gigi dan mulut.

Nah itu dia yang merupakan prospek kerja di bidang Kesehatan Gigi. Prospek kerja tersebut sangat mudah kalian dapatkan di masa saat ini. Prospek kerja tersebut juga selain keren, gajinya cukup menjanjikan loh readers.

Sekian dulu pembahasan mengenai SMK Jurusan Kesehatan Gigi, untuk pembahasan lebih lanjut mengenai dunia SMK, stay tuned ya readers!

 

Related Article…