SMK Jurusan Furnitur

SMK Jurusan Teknik Furnitur- SMK jurusan Teknik Furnitur merupakan jurusan yang mempelajari perencanaan tata letak dan perencanaan ruang di dalam sebuah bangunan.

Jurusan ini sangat berkaitan erat dengan desain, karena desain tersebut yang akan digunakan sebagai perencanaan suatu ruang. Lantas apa aja sih pelajaran dan hal-hal lainnya yang menyangkut jurusan Teknik Furnitur? Yuk simak pembahasan dibawah ini readers!

Contents

Apa Itu SMK Jurusan Teknik Furnitur? 

Teknik Furnitur merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana proses pembuatan furnitur dan bagaimana menyajikan furnitur yang tepat dalam sebuah ruangan. SMK jurusan Teknik Furnitur ini secara lengkap mempelajari bagaimana mendesain sebuah ruangan beserta perabot yang ada di dalamnya.

Jurusan ini berbeda dengan desain interior, karena pada jurusan Teknik Furnitur lebih spesifik mempelajari furnitur dan aksesoris-aksesoris lain sebagai desain seni yang akan mengisi interior rumah. Pada jurusan Teknik Furnitur tentunya keahlian dan keterampilan sangat diperlukan, karena di jurusan ini akan banyak kegiatan membuat desain dan praktek untuk membuat barangnya.

Pengertian Teknik Furnitur sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu dalam bentuk meja atau tempat menaruh barang di permukaannya.

Jurusan Teknik Furnitur merupakan jurusan yang banyak diminati oleh siswa di era saat ini karena jurusan ini mempunyai prospek kerja yang menjanjikan, dimana saat lulus nanti kamu tidak hanya bisa bekerja ditempat usaha odang lain tetapi kamu juga bisa membuka peluang usaha sendiri.

 

SMK Jurusan Teknik Furnitur Belajar Apa Saja?

Untuk mempersiapkan siswa agar dapat menjadi tenaga ahli yang memiliki keterampilan, maka siswa akan dibekali dengan mata pelajaran produktif berikut ini :

 

  • Dasar Desain Interior dan Teknik Furnitur

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar mengenai bagaimana menjabarkan konsep dasar ruang (space) dan ruangan (interior)

  • Gambar Teknik dan Presentasi 

Pada mata pelajaran ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara menggunakan peralatan gambar teknik. Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang bagaimana mempresentasikan hasil gambar interior dan gambar kerja furnitur. 

  • Desain Interior 

Pada mata pelajaran ini, kamu akan belajar untuk menjabarkan konsep dasar hingga membuat desain untuk interior hunian, apartemen, ruang komersial, cafe, hotel, hingga kantor

  • Teknik Furnitur 

Pada mata pelajaran ini, kamu akan diajarkan tentang bagaimana cara melakukan pengukuran dan perhitungan bahan dalam pembuatan furnitur, membuat kerangka furnitur, hingga melakukan penyempurnaan finishing furnitur.

Baca Juga :  Jurusan Agribisnis Pertanian

 

Nah itu dia yang merupakan materi yang nantinya akan kamu pelajari di jurusan Teknik Furnitur.

 

SMK Jurusan Furnitur

Peluang Kerja Jurusan Teknik Furnitur 

Berikut adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Teknik Furnitur :

 

  • Desainer Furnitur

Tugas seorang Desainer Furnitur adalah membuat rancangan produk-produk perabotan.

  • Industri Furnitur

Tentunya dengan bekal ilmu yang sudah kamu dapat, bekerja di industri furnitur sangat tepat bagi kamu.

  • Estimator

Tugas seorang Estimator adalah memperkirakan suatu biaya dalam sebuah proyek konstruksi. Estimator bisa memberikan informasi-informasi untuk perhitungan bangunan.

  • Desainer Interior

Tugas seorang Desainer Interior adalah membuat desain ruangan agar semakin estetik, nyaman, dan tepat guna.

  • Drafter

Seorang Drafter bertanggung jawab untuk membuat rancangan gambar yang nantinya mudah dalam proses pembentukan obyek gambar tersebut. 

  • Dekorator 

Seorang Dekorator bertanggung bertanggung jawab untuk mengerjakan dekorasi, penghias panggung teater, orang yang merancang dekorasi untuk etalase, stan, dan sebagainya. Dengan berbekal ilmu yang sudah dipelajari pada saat mengambil jurusan Teknik Furnitur, maka tak sulit untuk bisa masuk ke prospek kerja tersebut.

Baca Juga :  Syarat Masuk SMK Jurusan Otomotif

 

SMK Jurusan Teknik Furnitur di Jakarta

Jurusan Teknik Furnitur tentunya ada di banyak sekolah berbagai daerah, salah satunya yaitu jurusan Teknik Furnitur di Jakarta. Lalu apa aja sih yang ada di jurusan Teknik Furnitur daerah Jakarta? Yuk kita ulas dibawah ini readers!

Salah satu konsentrasi keahlian Teknik Furnitur ada di SMKN 4 Jakarta.  Pada dasarnya lulusan kejuruan Teknik Furnitur diharapkan dapat menjadi seseorang yang terampil di bidang desain dan aplikasi untuk pembuatan mebel, interior ruangan, dan bidang bangunan lainnya yang berbentuk aksesori atau kelengkapan bangunan pada umumnya.

Di SMKN 4 Jakarta jurusan Teknik Furnitur tergolong banyak diminati oleh para siswa, terutama bagi siswa yang menyukai desain. Berikut ada beberapa bidang kompetensi pekerjaan lulusan :

  • Memiliki pengetahuan tentang Teknik Furnitur
  • Memiliki kemampuan dalam Gambar Teknik dan Presentasi
  • Memiliki keterampilan dalam bidang Teknik Furnitur

Bagi SMKN 4 Jakarta perkembangan industri Teknik Furnitur saat ini merupakan peluang yang bagus dalam kemajuan proses bisnis bidang furnitur. Dengan keterampilan dasar yang dimiliki siswa furnitur diharapkan juga siswa kedepannya dapat menjadi seorang pendesain yang selalu memberikan kekreatifan gagasan ide baru pada setiap produk yang dihasilkan. 

Nah itu dia yang merupakan seputar jurusan Teknik Furnitur yang ada di SMKN 4 Jakarta. Tentunya di beberapa sekolah lain yang ada di Indonesia juga memiliki jurusan Teknik Furnitur.

 

Sekian pembahasan mengenai SMK Jurusan Teknik Furnitur, untuk informasi lainnya tentang dunia SMK, simak terus website ini ya readers! Nah itu tadi merupakan pembahasan seputar SMK Jurusan Teknik Furnitur. Semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kalian memilih jurusan kedepannya. 

 

 

Related Article…