SMK Jurusan Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan

SMK Jurusan Desain Pemodelan dan informasi Bangunan – Jika kamu ingin belajar banyak tentang bangunan, ternyata tidak harus di bangku kuliah.

Salah satu jurusan di SMK juga ada yang bisa memfasilitasi kalian untuk bisa belajar tentang bangunan. Jurusan yang dimaksud adalah Desain permodelan dan informasi bangunan.

Bagaimanakah jurusan yang satu ini? Dimana saja sekolah yang menyediakan jurusan ini? simak penjelasan berikut.

Mengenal Jurusan DPIB

Desain pemodelan dan informasi bangunan merupakan mata pelajaran yang diajarkan disekolah menengah kejuruan (SMK).

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan atau biasa disingkat DPIB merupakan jurusan yang mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung dan perbaikan gedung.

Kegiatan dijurusan ini adalah mempelajari tentang menggambar rumah, gedung dan apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksanakan pembangunan dan memelihara kontruksi bangunan.

Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam jurusan desain permodelan dan informasi bangunan siswa akan mendapatkan kompetensi seperti :

  1. Dasar – dasar menggambar teknik
  2. Teknik dalam pengukuran tanah
  3. Menggambar dengan perangkat lunak (komputer)
  4. Menggambar konstruksi gedung
  5. Menggambar konstruksi jalan dan jembatan
  6. Menghitung anggaran untuk biaya bangunan
  7. Memahami bahan bangunan
  8. Menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja

Prospek Kerja

SMK Jurusan Pemodelan dan informasi bangunan

Ada beberapa prospek kerja dijurusan DPIB diantaranya yaitu:

  1. DRAFTER,  bertugas untuk membuat gambar bangunan dengan baik , gambar pelaksanaan / shop drawing atau gambar asbuilt drawing.
  2. KONSULTAN PERENCANA, bertugas untuk Membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultasi bangunan.
  3. QUANTITY SURVEYOR,  Bertugas menghitung volume item pekerjaan bangunan, jumlah material, dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  4. PELAKSANA LAPANGAN,  Bertugas memanajemen pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengontrol kualitas pekerjaan, serta mengarahkan mandor atau tukang bangunan.
  5. PENGENDALIAN PROYEK,  bertugas untuk Menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya pelaksanaan pada setiap pekerjaan dan memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan bangunan memberikan keuntungan yang maksimal.
  6. QUALITY QONTROL, Bertugas untuk mengontrol kualitas pekerjaan proyek.
  7. LOGISTIK,  Bertugas untuk menjamin ketersediaan material pada proyek bangunan.
  8. KONTRAKTOR / PEMBORONG, bertugas untuk Melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan agar mempercayakan pelaksanaan pembangunan dan ukur tanah.
Baca Juga :  Rekayasa Pertanian

Daftar Sekolah yang Memiliki Jurusan DPIB

Ada beberapa sekolah yang memiliki jurusan Desain pemodelan dan Informasi Bangunan(DPIB) diantaranya : 

SMK Negeri 1 Bukateja

Sekolah pertama yang menyediakan jurusan desain permodelan dan informasi bangunan adalah SMK negeri 1 bukateja. Di SMK ini siswa akan belajar seperti gambar teknik, metode pengukuran tanah, dan masih banyak lainnya.

Untuk di smk negeri 1 bukateja tersedia juga jurusan lainnya seperti desain produksi busana, teknik komputer jaringan, teknik kendaraan ringan, rekayasa perangkat lunak dan gim, produksi siaran dan televisi, dan beberapa jurusan lainnya.

SMK Negeri 1 Kutasari

Sekolah selanjutnya adalah Smk negeri 1 kutasari.

Di sekolah ini tersedia beberapa jurusan seperti Desain permodelan dan informasi bangunan, teknik pendinginan dan tata udara, teknik dan bisnis sepeda motor, jurusan teknik komputer jaringan, dan jurusan akuntansi keuangan lembaga.

Baca Juga :  SMK Negeri 9 Medan

Sekolah ini sendiri beralamat di Jalan Raya Tobong Kutasari, Pucangluwuk I, Meri, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53361

SMK Negeri 2 Purwokerto

Sekolah selanjutnya yang memiliki jurusan desain permodelan dan industri bisni adalah SMK Negeri 2 Purwokerto.

Sekolah ini sendiri termasuk SMK favorit terutama untuk daerah purwokerto dan sekitarnya.

Di sekolah ini terdapat beberapa jurusan seperti  konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan, desain permodelan dan informasi bangunan, teknik audio video dan beberapa jurusan lainnya.

SMK Negeri 1 Kediri

Sekolat berikutnya adalah SMK Negeri 1 kediri.

Di sekolah ini  terdapat beberapa jurusan seperti teknik konstruksi dan perumahan, desain pemodelan dan informasi bangunan, teknik kimia industri, teknik elektronika, teknik ketenagalistrikan, teknik otomotif, teknis mesin, dan banyak jurusan lainnya.

Untuk sekolah ini terletak di Jl. Veteran No.9, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114.

Dan Masih banyak lagi sekolah yang memiliki jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB),

Mungkin saja pembahasan kita tentang SMK Jurusan Desain pemodelan dan informasi bangunan. Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari informasi tentang SMK jurusan desain dan pemodelan dan informasi bangunan. Dapatkan informasi lainnya seputar SMK hanya di pklsmk.com. Semoga bermanfaat, Terimakasih!!

Related Article…