Rekomendasi Mouse Gaming 1 Jutaan

Rekomendasi Mouse Gaming 1 jutaan – Apa yang kamu ketahui mengenai mouse? Dalam bahasa inggris mouse dapat juga diartikan sebagai tikus. Artikel ini tidak akan membahas sebuah hewan kecil yang bernama tikus akan tetapi mouse dalam dunia teknologi pengertiannya berbeda dengan mouse atau tikus yang merupakan hewan kecil yang suka memakan keju. Mouse dalam dunia teknologi dapat diartikan dan disebut sebagai tetikus atau perangkat input dari komputer.

Mouse termasuk ke dalam perangkat keras atau hardware komputer yang fisiknya dapat disentuh maupun dirasakan. Adapun bentuk fisik dari mouse ini sendiri berbentuk mirip seperti tikus. Mouse merupakan perangkat input atau device pada komputer yang berfungsi sebagai penunjuk navigasi pada layar monitor komputer. Adapun mouse ini menjadi salah satu bagian penting dari komputer dikarenakan jika menggunakan keyboard saja maka dalam pengoperasian komputer akan lebih sulit.

Mouse ini membantu para pengguna komputer agar lebih mudah ketika menjalankan komputer. Selain membantu penggunaan komputer agar jauh lebih mudah, ternyata masih begitu banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan jika menggunakan mouse dalam mengoperasikan komputer. Tidak hanya itu, perkembangan zaman yang semakin canggih membuat munculnya banyak desain mouse mulai dari mouse dengan menggunakan kabel dan track ball serta mouse tanpa kabel atau wireless.

PENGERTIAN MOUSE

Mouse menjadi salah satu hardware yang berfungsi sebagai pengendali kursor pada tampilan GUI atau Graphical User Interface. Sesuai dengan sebutannya sebagai perangkat input, mouse ini memang bertugas untuk memberikan masukan atau input yang berupa gerakan kursor yang dilakukan oleh pengguna komputer seperti menekan tombol, menaik-turunkan layar. Jadi mouse merupakan hardware yang secara langsung terhubung pada komputer untuk memberikan input baik menggunakan kabel maupun tidak menggunakan kabel (wireless) dengan desain elegan serta menarik.

Fisiknya yang berbentuk mirip seperti tikus kecil dengan bagian badan yang menggembung membuat para pengguna komputer lebih mudah dalam menjalankan komputer. Mouse memiliki fitur yang umumnya sudah banyak diketahui pengguna komputer yakni roda gulir yang berada di permukaan yang berperan untuk menaik-turunkan layar dan sebagai kontrol tambahan serta input dimensi. Selain itu, ada pula fitur dua tombol yang terdapat pada kanan kiri mouse yang berguna untuk menekan atau click. Nama lain dari mouse yakni pointing device.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Wifi Router Murah Dan Cepat Tembus Tembok

Mouse yang selalu menemani kita dalam mengoperasikan komputer. Mouse ini memiliki sejarah panjang pada produksinya yang awalnya mouse digunakan dengan dua tangan lalu didesain agar lebih mudah yaitu digunakan dengan satu tangan. Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1964. Selain itu, untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai fungsi mouse silahkan simak artikel ini.

KEGUNAAN MOUSE

Setelah Anda memahami tentang pengertian mouse, maka selanjutnya Anda bisa memahami kegunaan mouse yang ternyata tidak hanya berguna sebagai pengendali kursor saja melainkan ada fungsi lainnya yang belum Anda ketahui. Kinerja komputer sangat bergantung kepada mouse ini. Berikut fungsi mouse pada komputer :

Untuk Mengeksekusi Program

Semua program pada komputer dijalankan oleh mouse baik membuka file dokumen, memutar musik, menaik-turunkan layar, menyetel video maupun menjalankan perangkat lunak yang terdapat didalam komputer seperti Microsoft Word, Microsoft Excel dengan cara menekan tombol klik dua kali. Mouse menjadi salah satu komponen penting dari komputer karena mempunyai fungsi mengeksekusi program dan sangat berpengaruh pada kinerja komputer.

Melakukan Operasi Scroll

Pasti sudah tidak asing lagi mengenai fungsi mouse yang digunakan untuk menaik-turunkan layar atau scroll. Fitur yang terdapat pada bagian permukaan mouse yang berbentuk roda gulir ini sering kita gunakan dalam melakukan operasi scroll akan tetapi fitur tombol yang terdapat pada kanan kiri mouse juga dapat digunakan untuk scroll. Fungsi dari mouse ini sangat bermanfaat bagi Anda yang membaca teks panjang pada komputer atau dalam pengeditan video maupun gambar agar menjadi lebih terarah.

Melakukan Drag dan Drop

Aktitivitas seperti drag dan drop item-item pada komputer jauh lebih mudah dilakukan dengan adanya mouse. Misalnya seperti ketika Anda ingin men-copy, cut, paste, operasi move dapat lebih mudah dilakukan dengan mouse hanya dengan menekan tombolnya saja dengan sekali tekan. Wah sangat praktis bukan?

Memilih Objek

Selain berfungsi dalam mengeksekusi program, melakukan drap dan drop, melakukan operasi scroll ternyata terdapat fungsi lainnya yakni berguna dalam memilih objek. Apabila kita dalam mengoperasikan komputer tentu saja kita dihadapkan untuk memilih objek yang bisa saja itu seperti file, dokumen, perangkat lunak, dan lainnya pasti kita membutuhkan mouse ini agar dalam memilih objek jauh lebih mudah.

Mendapatkan Informasi Melalui Hover

Dikarenakan fungsi mouse sebagai pengendali kursor ini tentulah sangat bermanfaat apabila kita ingin membuka sebuah file maupun dokumen tanpa kita memasukinya terlebih dahulu kita akan mendapatkan informasi hover yang berguna bagi kita untuk mengetahui informasi dari file maupun dokumen tersebut. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips dan sangat bermanfaat.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Smartwatch Dibawah 1 juta

JENIS-JENIS MOUSE

Rekomendasi Mouse Gaming 1 jutaan

Rekomendasi Mouse Gaming 1 jutaan

Perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun membuat mouse memiliki sejarah yang begitu panjang. Tidak hanya itu, saat ini pun sudah banyak ditemui mouse wireless yang tidak menggunakan kabel dan memiliki desain yang simpel dan elegan. Jadi tidak usah heran lagi jika semakin bertambah tahun maka akan semakin banyak mouse dengan spesifikasi canggih dan desain yang lebih menarik.

Wireless Mouse

Mouse dengan desain yang simpel dan elegan ini tidak menggunakan kabel yang tentunya dalam mengoperasikannya pun jauh lebih mudah dan bebas. Mouse ini menggunakan sinyal wireless berupa Bluetooth atau sinyal Wi-Fi agar dapat berfungsi.

Wired Mouse

Mouse satu ini pasti sudah banyak dijumpai oleh para pengguna komputer dikarenakan wired mouse merupakan mouse yang pengoperasiannya menggunakan kabel agar dapat dihubungkan langsung dengan komputer.

Scroll Mouse

Kebanyakan mouse modern sudah terdapat fitur roda gulir. Mouse ini merupakan perkembangan dari mouse yang awalnya terdiri dari dua tombol saja. Penggunaan roda gulir pada permukaan mouse memudahkan proses scroll pada GUI.

Ball Mouse

Jenis mouse satu ini merupakan jenis awal dari sejarah perkembangan mouse. Untuk melakukan kontak sensor, mouse ini menggunakan bola yang ada didalamnya dan kursor akan mengikuti input dari bola bergerak itu.

Optical Mouse

Jenis yang paling umum saat ini dengan menggantikan fungsi bola sebagai sensor gerak menjadi LED Light.

BlueTrack Mouse

Mouse ini merupakan hasil produksi microsoft dengan menggunakan sensor image dan pixel yang dapat membaca gerakan secara akurat.

Gaming Mouse

Jenis mouse ini difokuskan untuk keperluan bermain game. Memiliki akurasi tinggi dengan tombol command shortcut dan kemampuan modifikasi berat.

Foot Mouse

mouse untuk yang mengalami disabilitas dan kontrolnya dengan kaki.

5 REKOMENDASI MOUSE GAMING 1 JUTAAN

Jenis mouse yang baik dan spesifikasi yang canggih tentu akan mempengaruhi kelancaran sebuah game apalagi bagi para gamer yang ingin game nya dapat dijalankan dengan lancar dan tanpa hambatan. Berikut rekomendasi mouse gaming dengan harga terjangkau berkisar 1 jutaan :

  1. SteelSeries Rival 650 Wireless.
  2. SteelSeries Aerox 3 Wireless.
  3. Corsair Dark Core RGB Pro Wireless.
  4. Razer Orochi V2 Wireless.
  5. Glorious Model O Wireless.

Demikian artikel mengenai rekomendasi mouse gaming 1 jutaan. Untuk informasi lainnya seputar digital marketing, smk, atau teknologi silahkan kunjungi website kami Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Related Article…