Profesi Wiraswasta

Profesi Wiraswasta – Jika kamu bingun setelah lulus sekolah ingin bekerja sebagai apa, mungkin profesi yang satu ini juga bisa menjadi salah satu pilihan. Profesi ini adalah sebagai seorang wiraswasta. Agar lebih jelas simak pembahasan berikut ini.

Wiraswasta

Pekerjaan wiraswasta menjadi salah satu pekerjaan yang mungkin sudah sering didengar di teling masyarakat umum. Tapia da juga yang menganggap kalua pekerjaan yang satu ini sebenarnya hanya seperti usaha biasa.

Wiraswasta sendiri sebenarnya merujuk kepada seseorang yang memiliki inovasi dan juga berani untuk menanggung risiko yang akan mereka hadapai. Sebagai seorang wiraswasta juga harus memiliki dan bias melakukan pengelolaan terhadap usaha yang dijalankan sehingga bias menghasilkan keuntungan.

Perbedaan Wirausaha dan wiraswasta

Mungkin kita pernah mendengar tentang istilah wirausaha dan wiraswasta. Banyak orang yang mengganggap bahwa dua istilah tersebut memiliki artian yang sama. Padahal keduanya bisa dibilang dua hal yang cukup berbeda.

Perbedaan dari wirausaha dan wiraswasta sendiri bisa dilihat dari pengertiannya. Wiraswasta sendiri memiliki arti usaha yang dijalankan oleh seorang individu. Sedangkan untuk wirausaha sendiri lebih merujuk pada bisnis yang pengelolaannya dilakukan purna waktu dalam produk atau inovasi yang baru.

Karakter seorang wiraswasta

Profesi Wiraswasta

Sebagai seorang wiraswasta ada juga karakter yang harus dimiliki sehingga bias usaha yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa karakter ini seperti

Baca Juga :  Profesi Developer IT

Rasa tanggung jawab

Rasa tanggung jawab disini dimaksudkan sebagai tanggung jawabnya untuk usaha yang dilakukannya. Apabila seorang wiraswasta memiliki rasa tanggung jawab ini maka dia akan bersikap selalu mawas diri.

Preference for moderate risk.

Dalam menjalankan usahanya, seorang wiraswasta biasanya akan lebih memilih resiko yang berada di level moderat. Level moderat ini artinya level resiko yang diambil tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Percaaya diri dalam meraih kesuksesan.

Rasa percaya diri dalam meraih kesuksesan juga harus dimiliki oleh seorang wiraswsta. Hal ini bertujuan agar ketika menjalankan aktivitasnya, seorang wiraswasta selalu berpikiran postitif dan menjalankan aktivitasnya tanpa terbebani.

Menghendaki segera mendapatkan umpan balik

Dengan mengharapkan umpan balik yang segera maka usaha yang dilakukan oleh wiraswasta tersebut akan terus dilakukan dengan maksimal.

Orientasi yang jauh kedepan.

Sebagai seorang wiraswasta juga perlu memiliki orientasi yang maju kedepan. Tujuannya adalah supaya ketika menjalankan aktivitas selalu berorientasi pada target dan bisa lebih maksimal mengerjakannya.

Contoh Bisnis wiraswasta

Sebenarnya ada banyak sekali contoh bisnis wiraswasta yang bisa dipilih untuk mendapatkan keuntungnan khususnya di Indonesia. Bisa berupa jasa ataupun menjual berbagai produk barang. Beberapa contoh yang bisa anda jadikan refrensi bisnis wiraswasta antara lain :

Jasa Laundry

Contoh wiraswasta pertama yang bisa dicoba adalah jasa laundry. Walaupun mencuci pakaian adalah salah satu kemampuan yang mungkin semua orang lakukan. Tapi nyatanya usaha yang satu ini bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menjanjikan. Apalagi jika kamu memilih dan menempatkan usahamu disekitar perkantoran atau universitas. Modal yang perlu dikeluarkan untuk usaha ini juga termasuk tidak terlalu besar.

Baca Juga :  Profesi Database Administrator

Jasa cuci motor/mobil

Yang selanjutnya adalah jasa cuci motor/mobil. Usaha yang satu ini juga termasuk usaha yang sangat menghasilkan dan dapat bertahan di berbagai situasi ekonomi. Apalagi mengingat sekarang sudah banyak sekali orang yang memiliki kendaraan masing – masing sehingga jasa seperti ini bisa sangat menghasilkan.

Penjual produk makanan

Yang selanjutnya tentu saja adalah bisnis untuk berbagai produk makanan. Usaha ini menjadi usaha yang tiada matinya di Indonesia. Berbagai pilihan makanan atau minuman bisa dijual apalagi mengingat orang Indonesia sangat suka jajan.

Penjual produk pakaian wanita

Pilihan lain yang bisa kamu jadikan opsi adalah menjual pakaian wanita. Mengingat sandang menjadi salah satu kebutuhan primer terutama untuk kaum hawa. Maka menjadi penjual pakaian wanita mungkin menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Apalagi jika ada tren pakaian baru maka penghasilan bisa naik drastic.

Jasa fotografi

Pilihan lainnya adalah menjadi jasa fotografi. Fotografi bukan hanya tentang layanan foto saja, tapi juga melakukan proses editing foto, percetakan foto bisa dari handphone, atau menawarkan jasa lainnya. Pekerjaan yang satu ini memiliki ruang lingkup yang sangat luas sehingga potensi profitnya menjadi lebih besar.

Mungkin itu saja pembahasan tentang profesi wiraswasta kali ini. Semoga bisa menjadi refrensi untuk anda. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi, SMK dan juga lainnya di website kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Article…