Profesi Telesales

Profesi Telesales – Jika jurusan bdp atau otkp mencari profesi yang cocok untuk mereka. Maka salah satu profesi yang cocok salah satunya adalah profesi sebagai seorang telesales. Telesales termasuk salah satu pekerjaan yang penting di sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Telesales?

Telesales adalah kegiatan yang berfokus pada penjualan produk baik berupa barang maupun jasa kepada konsumen yang dituju melalui sarana telepon. Kegiatan yang telesales lakukan bertujuan untuk mengkonversikan peluang yang ada dari para calon konsumen untuk jenis usaha anda.

Perbedaan Telesales dan Telemarketing

Kebanyakan orang menganggap bahwa Telemarketing dan Telesales adalah dua profesi yang memiliki kesamaan. Kesamaan ini yaitu sama-sama melakukan kontak kepada Customer agar tertarik dan bersedia untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan perusahaan baik berupa jasa maupun barang.

Profesi Telesales

Ternyata kedua pekerjaan ini juga memiliki perbedaan. Perbedaan mendasar antara Telemarketing dan Telesales diantaranya:

Telesales

Telesales adalah kegiatan yang berfokus pada penjualan produk baik berupa barang maupun jasa kepada konsumen yang dituju melalui sarana telepon. Kegiatan yang telesales lakukan bertujuan untuk mengkonversikan peluang yang ada dari para calon konsumen untuk jenis usaha anda.

Baca Juga :  Profesi Sales Merchandiser

Telemarketing

Telemarketing adalah bentuk layanan yang tujuannya untuk mendorong minat dari Customer, membuka peluang, memberikan informasi, mendapatkan masukan dari setiap Customer. Tugas dari Telemarketing pada intinya menemukan prospek, membuat calon Customer mengetahui produk apa saja yang akan ditawarkan.

Tugas Telesales

Pekerjaan sebagai seorang telesales sendiri memiliki beberapa tugas utama. Tugas ini diantaranya :

Melakukan kontak atau menghubungi calon pelanggan untuk memberi informasi mengenai sebuah produk atau jasa.

Telesales memiliki tugas untuk mengontak atau menghubungi calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada sebelumnya. Tujuan menghubungi ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ada. Hal ini juga bisa digunakan jika ada update tentang produk atau jasa yang baru atau sudah customer gunakan.

Memberikan tanggapan terhadap pertanyaan pelanggan terutama mengenai produk yang ditawarkan atau perusahaan tempatnya bekerja.

Apabila ada pertanyaan tentang produk yang ditawarkan maka telesales ini memiliki tugas untuk menjawabnya. Karena tugas yang satu ini, telesales juga perlu menguasai atau memiliki pengetahuan tentang produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

Memberikan arahan kepada calon pelanggan ke staf sales di lapangan

Apabila ada pelanggan yang tertarik dengan informasi yang ditawarkan maka telesales memiliki tugas untuk mengarahkannya ke staf sales yang ada di lapangan. Pengarahan ini akan membantu calon pelanggan untuk mengetahui produk yang ditawarkan secara langsung.

Memasukkan dan memperbarui informasi pelanggan di database

telesales juga memiliki tugas untuk memasukkan dan melakukan pembaruan tentang informasi pelanggan yang ada di database. Hal ini perlu dilakukan oleh telesales karena telesales lah yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Memasukkan dan memperbarui informasi juga akan membantu staf di bagian lainnya untuk melaksanakan tugas.

Baca Juga :  Profesi Developer IT

Membuat call log dan notula percakapan yang dilakukan

Karena telesales sering melakukan kontek berupa panggilan bersama pelanggan atau calon pelanggan, maka riwayat panggilan tersebut juga perlu dibuat dalam sebuah laporan. Laporan ini akan membantu telesales atau bagian lainnya jika memerlukan data panggilan yang dibutuhkan atau untuk menghubungi pelanggan.

Menangani komplain sambil mempertahankan reputasi perusahaan Menjadwalkan pertemuan dengan calon klien/pelanggan

Ketika terjadi atau terdapat komplain dari pelanggan maka telesales juga memiliki tugas untuk menanganinya. Tujuan penanganan ini tentunya agar menjaga reputasi perusahaan agar tidak menurun di mata pelanggan. Selain itu, telesales juga bisa membantu perusahaan untuk menjadwalkan pertemuan dengan calon klien atau pelanggan. sehingga penentuan jadwal bisa lebih rapi.

Penutup

Jika kamu sudah memiliki skill berkomunikasi dengan konsumen dalam hal menginformasikan produk maupun jasa-jasa perusahaan, namun masih kurang mampu dalam menggerakkan minat customer, maka kamu membutuhkan adanya tenaga/bantuan dari telemarketing.

Namun, apabila terdapat banyak potensi akan tetapi banyak kesulitan untuk bisa mengkonversinya maka kamu membutuhkan adanya tim telesales. Telemarketing dan profesi telesales menjadi profesi yang saling melengkapi dan dapat ditempatkan sebagai satu kesatuan.

Sekian pembahasan untuk profesi telesales ini. Semoga bisa membantu anda untuk mendapatkan gambaran tentang profesi yang satu ini.

Related Article…