Profesi Staff Digital Marketing

Profesi Staff digital marketing – Seseorang yang bekerja sebagai Digital Marketing atau biasa disebutnya Digital Marketer adalah pekerjaan bidang pemasaran namun menggunakan platform digital. seorang yang bekerja sebagai digital marketer mempunyai tanggung jawab dalam meningkatkan brand awareness. Brand awareness ini yang nantinya digunakan sebagai perantara antara perusahaan dengan pelanggan/customer.

Peran dan Tanggung Jawab

Sebagai seorang digital marketer juga mempunyai peranan dan tanggung jawab antara lain :

  1. Memiliki tanggung jawab terhadap semua bidang yang berhubungan langsung dan termasuk dalam pemasaran dan juga branding perusahaan ke masyarakat luas melalui media digital.
  2. Melakukan penyusunan dan cara untuk melakukan promosi produk lewat media digital.
  3. Membuat plan dan konsep campaign marketing yang akan dimuat di semua channel atau media digital
  4. melakukan perancangan konsep distribusi content yang berhubungan dengan campiagn marketing di media sosial yang digunakan.
  5. Melakukan maintenance dan peningkatan engagment produk yang biasanya dilakukan dengan penyampaian content di media sosial.
  6. Melakukan optimasi dan peningkatan laman perusahaan di berbagai produk yang dihasilkan.

Selain peran dan tanggung jawab yang dimiliki sebagai digital marketer, staff digital marketing juga punya peluang pekerjaan dibidang digital marketing yang sangat luas.

Profesi staff digital marketing

Profesi staff digital marketing

Buat kamu yang tertarik tentang digital marketing dan ingin mengetahui lebih dalam apa aja peluang peluang yang dimiliki dibidang marketing ini dia peluang yang dimiliki:

Copywriter

Copywriter termasuk salah satu pekerjaan yang termasuk dalam rumpun dunia digital marketing. Profesi ini memiliki tugas untuk membuat tulisan untuk keperluan periklanan di berbagai media yang digunakan. Pembuatan tulisan yang dilakukan berhubungan dengan mengajak orang lain untuk bisa berinteraksi agar tertarik melakukan pembelian terhadapa produk yang ditawarkan.

Baca Juga :  Profesi Content Writer

Salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh seorang copywriter adalah mengolah kata menjadi kalimat call to action. Kalimat yang dirangkai oleh copywriter harus bisa bersifat persuasif. Penulisan yang dilakukan nantinya juga menyesuaikan dengan target pasar yang dituju.

Content Strategist/Social Media Strategist

Bidang selanjutnya adalah sebagai seorang content strategist. Orang yang berada di bidang ini biasanya akan melakukan pengaturan dan menentukan strategi yang tepat untuk konten yang dibagikan. Mereka juga membuat perencanaan untuk keperluan campaig agar bisa mencapai Key performance indicator dan melakukan perancangan terhadap strategi promosi di berbagai media sosial.

salah satu kemampuan yang penting adalah bisa melakukan analisa traffic sosial media dengan SEO.

Social Media Specialist

Pekerjaan sebagai seorang sosial media specialist memiliki tanggung jawab untuk pembuatan konten sesuai dengan konsep dan rancangan content strategist. Konten yang bisa dibuat ini contohnya seperti artikel, video, gambar, atau podcast

Content Writer

Pekerjaan sebagai content writer akan berfokus pada pembuatan konten dalam bentuk tulisan yang tujuannya adalah untuk mengedukasi atau memberikan hiburan. Sebagai seorang content writer akan dituntut memiliki kreatifitas. Biasanya content writer melakukan postingan artikelnya di platform seperti blog atau website. Terkadang mereka juga bisa diminta untuk melakukan pembuatan script video.

SEO/SEM Specialist

ada juga pekerjaan yang berfokus pada memaksimalkan traffic khususnya di website. Pekerjaan ini adalah SEO/SEM specialist. Di pekerjaan ini, akan bertugas untuk melakukan peningkatan traffic.

Baca Juga :  Profesi Marketing Research Analyst

Tujuannya adalah supaya artikel atau postingan yang dibuat bisa muncul di halaman satu google. Seorang SEO dan SEM specialist harus paham tentang algoritma dari mesin pencarian.

SEO dan SEM bisa dibilang saling berkaitan. Jika SEO berfokus memaksimalkan traffic melalui jalur organik maka SEM berfokus pada pemasaran melalui iklan atau hasil pencarian organik.

Web/Mobile Developer

Selanjutnya adalah pekerjaan sebagai seorang web/mobile developer. website menjadi salah satu kebutuhan seorang pebisnis. Jika sudah memiliki website maka peluang mendapatkan pelanggan bisa sampai 24 jam. Pekerjaan seorang web developer perlu menguasai berbagai bahasa pemrograman seperti javascript, HTML, CSS dan masih banyak lainnya.

UI/UX Designer

Ada juga pekerjaan sebagai seorang UI dan UX designer. Pekerjaan ini akan mendukung dan menyiapkan konsep yang akan digunakan oleh web developer yang biasanya disebut sebagai UI. Untuk UX sendiri bertanggung jawab dalam membuat pengguna puas atau senang dalam penggunaan website/mobile.

PPC Specialist

bidang selanjutnya yang masih menjadi bagian dari staff digital marketing adalah PPC specialist. Pekerjaan sebagai seorang PPC specialist akan berfokus pada perencanaan stratefi iklan. PPC ini biasanya menggunakan Facebook ads, google ads, youtube ads, atau instagram ads. Pekerjaan ini menuntut untuk mengetahui keywords yang tepat untuk penargetan pasar, pelacakan metrik dan bisa mengikuti tren yang ada.

Nah, itu  dia beberapa peluang kerja dibidang digital marketing. Gimana? Tertarikan untuk coba profesi  ini? Dan jangan lupa kunjungi terus website kami untuk pembahasan lebih lanjut!

Related Article…