Profesi Social Media Marketing

Profesi Social Media Marketing – Untuk lulusan dari SMK khususnya jurusan Bisnis daring dan pemasaran atau OTKP ada banyak sekali peluang kerja yang bisa mereka pilih. Salah satu yang sekarang sedang naik adalah social media marketing. Pekerjaan ini memang berkaitan dengan sarana jejaring sosial yang sekarang terus berkembang. Lalu seperti apakah pekerjaan itu sebenarnya? simak pembahasan berikut

Apa itu Social Media Marketing?

Social media marketing bisa kita artikan sebagai pemanfaatan social media atau sosmed untuk alat memasarkan produk ataupun jasa yang perusahaan tawarkan. Social media marketing sekarang ini menjadi salah satu dari bagian dunia digital marketing. untuk target pasaran yang dituju sendiri adalah para pengguna platform sosmed.

Sosial media marketing menjadi salah satu dari berbagai jenis marketing yang sekarang banyak digunakan. Pada intinya, pemasaran jenis ini memanfaatkan sarana media sosial dalam proses marketingnya. saat ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan social media marketing.

Tugas Social Media Marketer

Profesi Social Media Marketing

Ada beberapa tugas yang perlu dilakukan oleh orang yang bekerja sebagai seorang sosial media marketing. Beberapa tugas ini meliputi

riset tentang materi atau konten agar sesuai dengan tren terbaru.

Tugas yang pertama adalah melakukan riset materi. riset materi sangat penting untuk dilakukan apalagi di bidang pekerjaan seperti marketing. Hal ini akan berpengaruh pada materi dan konten yang dibuat menjadi lebih berkualitas atau tidak. Apabila konten yang dibuat kurang berkualitas maka konten akan kurang peminatnya.

Baca Juga :  Profesi Telesales

Memperbarui informasi untuk mendapatkan tren terbaru.

Mencari dan mendapatkan informasi seputar tren terbaru juga perlu dilakukan untuk pekerjaan sosial media marketing. Di pekerjaan ini dengan mendapatkan informasi yang terbaru maka akan dapat membuat konten yang mengikuti tren yang ada. Hal ini juga akan membantu untuk menaikkan konten kita.

Membentuk koneksi dengan calon pelanggan

Sosial media marketing juga memiliki tugas untuk membentuk koneksi dengan calon pelanggan. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan pengiriman pesan melalui pesan pribadi antara social media marketer dengan pelanggan. Dengan melakukan pengiriman pesan akan membantu kita untuk mengetahui kebutuhan yang pelanggan perlukan.

Secara berkala mengecek dan memperbaharui konten.

Pembaharuan konten sangat penting demi keberlangsungan sosial media. Menggunakan konten yang sama secara terus menerus dapat menurunkan jumlah follower karena jenuh dengan kontern yang ada. Oleh karena itu, konten yang dibuat perlu dilakukan pengecekan secara berkala agar konten yang dibuat bisa selalu fresh.

Mengelola konten pada akun sosmed

Sebagai salah satu tugas utama sosial media marketing adalah mengelola konten. Mengelola konten ini seperti melakukan pembaharuan konten setiap hari, menentukan konten lanjutan, dan memastikan akun sosmed tetap aktif.

Merencanakan dan mendesain konten yang menarik

Sosial media marketer juga harus siap untuk membuat perencanaan dan pendesainan konten menarik. Konten ini bisa ditentukan berdasarkan riset yang sudah ditentukan sebelumnya. Terkadang sosial media marketer juga perlu mempersiapkan desain sendiri sehingga harus siap dengan kemampuan desain.

Membuat jadwal penayangan konten dengan baik

Pembuatan jadwal tayang juga menjadi tanggung jawab dari sosial media marketer. Penjadwalan ini bisa dilakukan berdasarkan jam view yang biasanya ada di data engagement sosial media. Dengan membuat penjadwalan ini maka sosial media marketing dapat meningkatkan engagementtnya secara sedikit demi sedikit.

Baca Juga :  Profesi Database Administrator

Membuat laporan rutin tentang barang keluar atau yang terjual

Terkadang jika sosial media yang digunakan tujuannya adalah untuk berjualan, maka social media marketer ini perlu mempersiapkan laporan tentang barang keluar atau yang sudah terjual. Sehingga barang yang keluar bisa terekam dengan jelas laporannya.

Merancang strategi pemasaran.

Karena posisi sosial media marketing juga sebagai bagian dari pemasaran, maka pekerjaan ini harus siap untuk melakukan perancangan strategi pemasaran. Perancangan strategi pemasaran ini bisa dilakukan dengan melihat hasil riset yang sudah dilakukan sebelumnya. Hasil riset tersebut bisa berisi tentang data dan ketertarikan dari para pelanggan. Sehingga bisa dijadikan sebagai dasar dari pembuatan strategi marketing.

Aktif menjalankan campaign yang ada pada sosmed

Dalam melakukan pengelolaan sosial media, pekerjaan sebagai sosial media marketing juga memiliki tugas menjalankan campaign di sosial media. Tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan perhatian dan leads yang lebih banyak dari pengguna sosial media. Campaign yang dilakukan juga perlu dilakukan secara tepat agar bisa lebih mudah diterima.

Contoh Sosial Media Marketing

Semakin seru pembahasan profesi social media marketing kali ini. Salah satu contoh yang bisa kita lihat dari penerapan sosial media marketing adalah adanya iklan di berbagai sosial media. beberapa platform yang sering digunakan seperti youtube, google, instagram, facebook dan lainnya.

Itulah sedikit gambaran tentang profesi sebagai seorang sosial media marketing. Semoga bisa memberikan wawasan tambahan kepada anda. Kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak. sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related Article…