Profesi SEO Specialist

Profesi SEO Specialist – Di era digital seperti sekarang ini, banyak pekerjaan baru berbasis IT. Salah satunya adalah SEO specialist.

Walaupun terdengar baru, namun pekerjaan ini sebetulnya sudah cukup familiar di dunia internet khususnya di bidang search engine.

Jika Anda berkerja di perusahaan startup, anda pasti pernah mendengar tentang SEO specialist.

Walaupun terdengar baru, namun pekerjaan ini sebenarnya sudah cukup familiar di dunia internet khususnya di bidang mesin pencari.

Jika Anda bekerja di perusahaan startup, Anda pasti pernah mendengar tentang spesialis SEO.

Apakah Anda penasaran dengan pekerjaan atau profesi SEO Specialist? Yuk langsung saja ikuti pembahasan mengenai salah satu pekerjaan SEO berikut ini!!.

Pengertian SEO Specialist

Apa itu SEO Specialist?

SEO Specialist adalah sebuah profesi yang bertugas untuk menguji, menganalisis, serta mengoptimalkan suatu halaman website agar bisa memperoleh peringkat pertama atau tinggi di search engine machine atau pada mesin pencari seperti Google.

Seorang SEO Specialist sangat erat kaitannya dengan perkembangan digital saat ini. Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk mengenal komputer dan perangkat elektronik.

Profesi SEO Specialist

Dengan adanya profesi ini, penerbitan situs web akan mengalami peningkatan trafik yang dapat meningkatkan penjualan produk.

Karena tugas tersebut, SEO specialist tidak hanya dituntut menguasai keahlian program komputer saja. Namun anda harus mengetahui strategi marketing yang tepat.

Juga sebuah website adalah salah satu merek atau branding dari suatu perusahaan.

Jadi profesi ini perlu memperhatikan user experience dan tampilan user interface agar website mudah ditemukan dan menarik.

Dari profesi ini, akan banyak melakukan proses coding sehingga harus menguasai hitung – hitungan atau matematika.

Gaji SEO Specialist

Jika anda bertanggung jawab di profesi SEO specialist ini, anda bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar. Gaji SEO specialist di Indonesia berkisar 3 juta untuk junior.

Baca Juga :  Profesi Social Media Marketing

Sedangkan untuk SEO Specialist senior bisa mendapatkan penghasilan 4-7 juta perbulan.

Untuk menjadi seorang SEO Specialist dan memiliki penghasilan yang tinggi, kamu butuh kemampuan yang lebih.

Namun gaji SEO Specialist berkisaran antara Rp 6.000.000 – Rp. 7.000.000 per bulan.

Rincian gaji di atas hanya terbatas kisaran.

Gaji untuk posisi SEO Specialist yang lebih rinci akan tergantung pada keahlian, UMR setempat, dan pengalaman anda.

Tugas-tugas SEO Specialist

Apabila dilihat dari gaji SEO specialist, nominal tersebut juga sesuai dengan tugasnya. Secara umum, ada beberapa tugas seorang SEO specialist diantaranya adalah :

  1. Merancang arsitektur teknis untuk pengembangan SEO perusahaan.
  2. Analisis situs web anda dari sudut pandang mesin pencari dan user untuk memaksimalkan pengoptimalan di situs web anda.
  3. Pastikan semua konten sudah teroptimasi dengan maksimal pada semua platform internet seperti blog, website, video, smartphone, dan lainnya.
  4. Promosikan sebuah website baik secara off site ataupun on site.
  5. Membuat laporan secara terperinci tentang kinerja situs web yang dioptimalkan.
  6. Tingkatkan dan pertahankan aspek seperti profil, traffic dan interaksi dengan pengguna yang menentukan peringkat web di mesin pencarian.
  7. Perkiraan setiap perubahan pada algoritma Google.
  8. Mempunyai pengetahuan dan keterampilan SEO copy writing, teknologi iklan dan desain layout.
  9. Menangani semua hal yang berkaitan dengan search engine marketing.
  10. Pahami pola mesin pencari untuk menemukan formula yang tepat untuk mengarahkan traffic website ke tujuan atau mencapai target yang diinginkan.

Jadi, itulah beberapa tugas yang harus bisa dikerjakan seorang SEO Specialist.

Kemampuan yang Dibutuhkan SEO Specialist

Setelah Anda memahami tugas atau tanggung jawab menjadi seorang SEO Specialist, maka untuk melakukannya perlu memiliki Kemampuan atau skill yang dibutuhkan oleh seorang SEO Specialist.

Baca Juga :  Mengenal Data Engineer

Maka dari itu kemampuan atau skill yang harus dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Keahlian Yang Harus Dimiliki SEO Specialist.
  2. Seorang Pakar SEO membutuhkan alat yang akan membantunya dalam proses optimasi sebuah situs web. Tools atau alat pertama adalah Google Analytics dan Google Adwords.
  3. Kemampuan untuk menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript untuk pengembangan web.
  4. Pahami faktor peringkat dan algoritma mesin pencari.
  5. Up-to-date atau pelajari dengan tren terbaru dan praktik terbaik di dalam SEO dan SEM.
  6. Kemampuan untuk bekerja dengan elemen back-end SEO seperti .htaccess, robots.txt, metadata, optimasi kecepatan situs, dan keterampilan terkait.
  7. pemahaman mendalam tentang strategi seluler dan bagaimana menemukan dengan SEO.
  8. Kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting dalam bidang ini karena kamu akan membutuhkan berbagai macam keterampilan komunikasi seperti mediasi, mengajar, serta memberikan informasi terhadap sistem organisasi di perusahaan serta kepada para pemegang saham.
  9. Dapatkan wawasan tentang bagaimana blogging, siaran pers, media sosial, dan strategi terkait berjalan seiring dengan SEO.
  10. Pengalaman dalam membangun lalu lintas pencarian organik dan meningkatkan SERP (Search Engine Result Page).
  11. Membuat laporan yang menunjukkan analisis data dan evaluasi situs web.
  12. Jika kamu ingin menjadi seorang spesialis SEO, kamu harus memiliki ketertarikan dalam bidang digital marketing serta berkomitmen tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang selalu maju dan up to date.
  13. Jika anda ingin mencoba pekerjaan ini, anda harus menguasai analisis algoritma Google. Hal ini dikarenakan para ahli SEO harus bisa memprediksi perubahan apa saja yang akan terjadi pada algoritma Google.

Jadi, itulah beberapa kemampuan yang dibutuhkan seorang SEO specialist. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Related Article…