Profesi Sales Lapangan

Profesi Sales Lapangan – Jika anda masih bingung terkait apa saja tanggung jawab dari sebuah pekerjaan, mungkin anda sangat cocok untuk membaca artikel kali ini. Disini kita akan menjelaskan lebih rinci tentang berbagai pekerjaan. salah satunya adalah profesi sales lapangan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Apa itu Sales Lapangan?

Dalam menjalankan kegiatan perusahaan pasti memiliki tim tersendiri yang bertanggung jawab atas penjualan. Sales adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas penjualan barang atau jasa dari perusahaan. Seorang sales lapangan biasanya bekerja dengan tujuan memenuhi target dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para klien atau pelanggannya. Dalam mencapai target ini ternyata juga ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi.

Tugas Sales Lapangan

Profesi Sales Lapangan

Ternyata sales dalam sebuah perusahaan memiliki tugas yang sangat penting. Bukan hanya sekedar menjual produk pada klien saja. Akan tetapi juga beberapa tugas dan pekerjaan lainnya yang tidak kalah penting. Beberapa tugas dari sales ini antara lain :

  1. Sales memiliki tugas untuk melakukan pencarian dan pengumpulan informasi yang berkaitan dengan produk pesaing. Cara ini dilakukan agar perusahaan mengetahui hal hal seperti Perubahan harga pesaing, Model produk dari pesaing, Corak atau warna yang laris dari produk pesaing. Dalam melakukan tugas yang satu ini maka perlu dilakukan oleh sales sebagai salah satu saran dan masukan kepada kantor.
  2. Sales juga memiliki tugas melakukan Pengumpulan informasi yang berhubungan dengan kegiatan kompetitor untuk sebuah produk yang sama. Dengan menjalankan tugas yang satu ini maka perusahaan bisa melakukan antisipasi adanya even-even dari kompetitor yang berpeluang menurunkan omset penjualan. Contohnya saja adanya even diskon 50% dari pesaing untuk produk fresh.
  3. Sales juga memiliki tugas Melakukan pengembangan pasar, atau memperluas pasar ke area yang belum terdapat produk yang dijual terutama milik perusahaan. Ini bisa dilakukan dengan beberapa alasan, mungkin karena masih ada kota yang produknya belum masuk ketoko, atau guna mengganti toko lama yang karena suatu hal tapi sangat beralasan dan adil harus dicarikan pengganti.
  4. Melakukan pantauan terhadap counter dan cara kerja profesi sales lapangan. dengan melakukan pemantauan ini maka sales dapat mengetahui kemampuan counter dalam menarik pengunjung serta hasil kerja sales lapangan.
  5. Sales juga memiliki tugas untuk menjaga hubungan baik dengan relasi serta menjaga nama baik perusahaan tempat ia bekerja.
  6. Tugas lainnya yang bisa diberikan kepada sales adalah melakukan penagihan. Dalam hal ini, Untuk keadaan normal seorang sales tidak melakukan kegiatan penagihan. Hal ini dilakukan agar kerja sales bisa lebih konsentrasi kepasar dan dari sisi perusahaan ini dilakukan dalam hubungannya dengan pengendalian piutang.
  7. Sales juga bisa Mencari dan mengumpulkan informasi tentang produk yang dijual. Tujuannya adalah supaya mendapatkan informasi terutama berkaitan dengan kuat lemahnya produk yang mereka pasarkan di daerah tersebut.
Baca Juga :  Profesi Telesales

Skill yang diperlukan oleh sales lapangan

Jika kamu akan bekerja sebagai seorang sales lapangan yang memberikan hasil maksimal, maka kamu harus memiliki beberapa skill penting seperti dibawah ini. Skill tersebut antara lain :

Komunikasi yang baik

menjalin komunikasi yang baik antara klien dan juga sales menjadi hal yang penting. Bukan hanya sekedar komunikasi lewat obrolan biasa tapi juga komunikasi dalam bentuk lainnya seperti tulisan, iklan atau obrolan di sosial media. Agar bisa mengetahui komunikasi yang paling nyaman untuk dilakukan bersama klien maka kamu bisa melakukan penyesuaian dengan perkembangan media saat ini. Tentunya penyesuaian yang dilakukan juga harus mengikuti kriteria dari klien.

Pelayanan yang terbaik

Apabila bekerja sebagai seorang sales, anda juga harus memastikan kebutuhan yang diinginkan oleh klien bisa tercapai dan menjadi prioritas agar target yang ad abisa tercapai. pelayanan yang diberikan kepada klien juga harus dipastikan sudah dilakukan secara maksimal. walaupun klien mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, kita tetap harus memberikan perlakuan yang baik dan juga maksimal.

Dapat meninggalkan impresi yang baik

Salah satu hal yang pertama kali dilihat oleh klien ke sales adalah dari kesan atau impresi yang mereka tinggalkan. Maksudnya adalah apakah sales bisa menarik perhatian dari pelanggan atau bisa diingat atau tidak. Hal inilah yang membuat sales perlu menggaet hati calon kliennya dengan usaha terbaiknya.

Baca Juga :  Tugas-tugas Content Writer

Dengan memberikan usah yang terbaik maka sales dapat mendapatkan kesan yang positif untuk dari pelanggan. Apabila klien sudah memberikan kesan positif maka klien akan menaruh kepercayaan dan mau membeli atau menggunakan produk yang sales tawarkan.

Tepat janji dan disiplin

Sebagai seorang sales yang memiliki tugas untuk menarik perhatian calon pembeli maka ketika mempromosikan maka harus sesuai dengan janji yang mereka tawarkan tidak perlu terlalu obral janji palsu.

Ketika akan bertemu dengan klien, sales juga harus bisa on time dan tidak ingkar janji. Sales juga tidak boleh merugikan waktu yang sudah diluangkan oleh klien. Karena hal seperti ini dapat menurunkan reputasi perusahaan di mata klien. Sehingga ketika sudah membuat janji temu maka harus tepat waktu dan disiplin.

Mampu promosi secara wajar dan tidak berlebihan

Mungkin kita sering mendengar ada beberapa sales yang memberikan janji produk yang tidak wajar. Hal seperti ini sebaiknya dihindari. Jangan terlalu mempromosikan produk dengan terlalu berlebihan. Jika sales melakukannya maka klien bisa saja merasa risih dan justru meragukan barang yang ditawarkan. Lebih baik gunakan promosi yang sewajarnya saja dan sesuai dengan fakta.

Hal lain yang perlu sales ketahui adalah sebaiknya tidak menjatuhkan produk kompetitor ketika menjelaskan tentang produk yang ditawarkan. Profesionalisme dan gunakan cara terbaik ketika promosi bisa membantu anda ketika menawarkan produk kepada klien.

Etika dan sopan santun

Ketika bertemu dengan klien, seorang sales juga harus memperhatikan etika dan sopan santunnya. Etika yang baik akan membantu kita untuk bisa berkomunikasi dengan klien dengan lebih mudah. Selain itu etika dan sopan santun juga bisa membantu kita dalam membangun hubungan dengan klien.

Dapat menganalisa dan paham keinginan klien

Sebagai seorang sales kita juga harus bisa memahami dan melakukan analisa terhadap keinginan klien. Kemampuan seperti ini tidak semua orang melakukannya secara langsung. Biasanya membutuhkan pendekatan terlebih dahulu sehingga ketika proses eksekusi strategi menjadi lebih mudah dilakukan.

Mungkin itu dulu pembahasan kita tentang Profesi seorang sales lapangan. Semoga bisa menjadi refrensi untuk anda. dapatkan informasi lainnya dengnan mengunjungi website kami. Sampai jumpa di artkel berikutnya

Related Article…