Profesi Developer IT

Profesi Developer IT – Dunia informasi dan teknologi atau yang biasa kita sebut dengan IT berkembang pesat setiap tahunnya. Hal ini tentu saja membuka pintu karir di bidang teknologi.

Profesi Developer IT

Profesi di bidang IT ini semakin populer, karena perusahaan mulai mencari kandidat yang bisa membuat, merancang atau mendesain, meneliti, dan mengembangkan perangkat keras serta perangkat lunak.

Untuk informasi selengkapnya anda bisa langsung simak artikel dibawah ini!

Kegiatan Developer IT

Kegiatan Developer dalam bidang teknologi atau IT yaitu merancang sebuah sistem, baik itu dari struktur, prospek, hingga tampilan sistem itu sendiri. Developer juga memiliki kemungkinan dapat mengaplikasikan sistem tersebut ke objek tertentu, dan jika suatu saat membutuhkannya, developer dapat ditugaskan untuk mengembangkan sistem yang dibuatnya.

Pada dasarnya, developer berada di puncak organisasi yang membuat proyek bisnis. Ada peran besar, sama halnya dengan ketua. Oleh karena itu, developer harus bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan ketika ingin membuat sebuah proyek, sebut saja sebuah startup. Ide apa yang akan diluncurkan, rencana apa yang direalisasikan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Profesi Public Relation

Jangan lupa juga untuk mengetahui apa saja kekurangan dari aplikasi yang diusulkan atau dibuat. Sehingga aplikasi dapat diubah dan dikembangkan lebih lanjut di masa mendatang.

Pada dasarnya, orang yang ditunjuk sebagai Developer pada suatu proyek atau projek memiliki tanggung jawab yang sama beratnya dengan ketua dalam organisasi.

Kebutuhan Developer IT sekarang ini

Di masa pandemi sekarang ini, banyak pekerja yang akhirnya menjalankan sistem Work From Home (WFH). Tidak hanya itu saja, berbagai bisnis juga telah beralih dari sistem penjualan secara offline menjadi online.

Hal ini menyebabkan tingginya permintaan akan layanan berbasis teknologi internet yang memungkinkan berbagai pekerjaan ini berjalan secara online. Semua ini tentu dibarengi dengan tingginya permintaan akan tenaga di bidang teknologi informasi, termasuk di profesi developer IT.

Dilihat dari peluang kerja yang sangat tinggi, seharusnya minat yang lebih besar untuk mengejar karir di bidang teknologi. Namun kenyataannya, Indonesia masih kekurangan tenaga di bidang ini.

Berikut ini adalah beberapa kebutuhan Developer IT sekarang ini.

  1. Di Profesi Developer IT ini membutuhkan seseorang yang mampu berpikir logis dan sistematis.
  2. Membutuhkan kemampuan untuk melakukan analisis.
  3. Membutuhkan Kemampuan manajerial dan problem sloving.
  4. Membutuhkan Keterampilan komunikasi dan rekayasa informatika.
  5. Membutuhkan Penguasaan bahasa asing dan Pemahaman bahasa pemrograman.
Baca Juga :  Profesi Telesales

Jadi, itulah beberapa kebutuhan di profesi Developer IT sekarang ini, yang saya ketahui.

Kemampuan yang Dibutuhkan

Di bawah ini ada beberapa kemampuan atau skill yang dibutuhkan oleh seorang developer IT, diantaranya :

  1. Kemampuan atau skill Pada komunikasi.
  2. Kemampuan presentasi yang mumpuni.
  3. Kemampuan kolaborasi yang baik atau bekerja sama dengan tim.
  4. Keahlian networking.
  5. Kemampuan problem sloving.
  6. Inovasi dan kreativitas.
  7. Kemampuan bahasa asing.
  8. Kemampuan manajemen waktu.

Jadi, itulah kemampuan atau skill yang dibutuhkan profesi developer IT, yang saya ketahui. Maka dari itu, yukk jangan lupa untuk pelajari masing-masing skill secara saksama, ya!

Peluang pekerjaan Developer IT

Berikut ini ada beberapa peluang pekerjaan Developer IT, diantaranya:

  1. Software Developer
  2. Hardware Engineer
  3. System Analyst
  4. Web Developer
  5. IT Support
  6. Business Analyst

Jadi, itulah beberapa peluang pekerjaan yang saya ketahui di profesi Developer IT. Dan Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya.

Related Article…