Prakerin Smk MPLB

Kompetensi keahlian MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis) atau yang dulunya disebut dengan Adminitrasi Perkantoran (AP) adalah salah satu jurusan di SMK yang memberikan ilmu tentang berbagai informasi layanan dibidang adminitrasi baik secara ketrampilan, pengetahuan, dan sikap mengahadapi dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor atau perusahaan.

Jurusan MPLB atau Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis  mempelajari segala jenis kegiatan kantor.Jurusan MPLB atau Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis  mempelajari segala jenis kegiatan kantor.

Contents

Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian MPLB

MANAJEMEN PERKANTORAN & LAYANAN BISNIS (MPLB) – SMK TRI MITRA

Berikut ini beberapa mata pelajaran keahlian yang diajarkan di jurusan MPLB:

  °Otamatitasi Tata Kelola Keuangan°

Dimata pelajaran Otamatitasi Tata kelola Keuangan, peserta didik akan diajarkan untuk dapat memahami tentang ruang lingkup adminitrasi keuangan, menguraikan tujuan adminitrasi keuangan, mengidentifikasi fungsi adminitrasi keuangan, sampai mengemukan dasar adminitrasi keuangan berdasarkan kondisi nyata ditempat kerja.

 °Produk Kreatif dan Kewirausahaan°

Dimata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, para peserta didik dibentuk agar menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas dimata pelajaran ini antara lain yaitu bagaimana memahami karakterisik wirausahaan, memahami peluang usaha produk atau jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

 °Otamatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan°

Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah ketrampilan dan pengetahuan tentang regulasi bidang kehumasan beserta etika dan kode etiknya hingga perencanaan progam kehumasan.

 °Otamatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana°

Pada mata pelajaran ini peserta didik akan dibekali dengan pengetahuan tentang adminitrasi dan regulasi sarana prasarana kantor dan Keamanan, kesehatan, dan keselematan kerja (K3).

 °Otamatisasi Tata Kelola Kepegawaian°

Materi pokok bahasan pada mata pelajaran Oamatisasi Tata Kelola Kepegawaian ini adalah adminitrasi kepegawaian, perencanaan kebutuhan pegawaian, prosedur pengadaan pegawai, hingga penilaian kinerja pegawai.

Baca Juga :  Pembelajaran Prakerin DKV

Peluang Kerja Jurusan MPLB

Pengertian Sekretaris - Kualifikasi, Skill, Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris (Secretary) Beserta Gajinya - Kampung Akreditasi

1.Staff Adminitrasi

       Pada pekerjaan staff adminitrasi seseorang bertugas untuk melaksanakan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan adminitrasi. Agar mendukung kelancaran opesional perusahaan.

2.Personal Assistant

       Jasa personal assistant ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi atau orang-orang penting.

Seorang personal assistant bisa bekerja pada orang-orang yang membutuhkan jasanya yang bertugas membantu kegiatannya dan pekerjaanya. Seorang personal assistant juga akan mengikuti seluruh kegiatannya dan membantu segala hal yang diperlukannnya.

3.Event Organizer

4.Staff Operasional Pameran

        Pada pekerjaan ini seorang bertugas untuk menjaga kelancaran acara atau pameran. Salah satu jenis event yang cukup banyak digelar disetiap akhir pekan adalah event pameran, baik pameran busana, pameran mobil, ataupun pameran yang lainnya.

5.Asisten Sekertaris 

        Seorang asisten sekertaris bertugas untuk menerima berbagai panggilan telepon dan mengatur jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.

6.Resepsionis 

        Seorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Bisa bekerja menjadi resepsionis hotel,perusahaan dan yang lain sebagainya, sebab setiap perusahaan yang bergerak dibidang apapun pasti akan membutuhkan resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaaan

7.Staff Personalia

        Seorang staff personalia bertugas bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, dan pembayaran-pembayaran yang lainnya.

Selain itu staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karywan, dan pencatatan cuti tahunan karyawan.

8.Sekertaris 

       Pada pekerjaan ini seorang bertugas untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan perusahaan dan mengatur jadwal atasan.

9.Wirausaha

       Selain bekerja di perusahaan jurusan MPLB juga bisa membuka peluang usahanya sendiri. Dengan membuka jasa event organizer, dengan berbekal kemampuan ketelitian, multitasking, dan kemampuan mengorganisir yang baik.

Baca Juga :  PKL SMK Desain Grafika Jakarta

Keunggulan jurusan MPLB

Lulusan Kian Terserap Berkat Kelas Industri – BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata

1.Ketrampilan table maner, dimana peserta didik disiapkan menjadi seorang tenaga ahli yang siap bekerja diperusahaan besar

2.Kemampuan menguasai adminitrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar.

3.Kemampuan mengetik dengan 10 jari buta, supaya peserta didik akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tidak harus melihat keybroad. Kemampuan mengetik dengan 10 jari buta menjadi keunggulan tersendiri di jurusan MPLB sebab, sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.

4.Kemampuan untuk menjadi sekertaris yang ideal, melaksanakan pengarsipan dan menangani masalah keuangan.

Prakerin MPLB

Kelas Industri SMK Jurusan MPLB - Akademi Kombas

 Prakerin atau pkl adalah pratek kerja lapangan yang penting dan wajib dilaksanakan peserta didik siswa SMK(Sekolah Menengah Atas). Tujuannya untuk memberikan pengalaman kerja langsung dan memenuhi hal-hal yang belum diajarkan disekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai. 

Dengan adanya kegiatan pkl atau pratek kerja lapangan tujuannya adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja.

Para peserta didik jurusan MPLB akan mempratekan secara langsung teori-teori yang sudah diajarkan disekolah. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan mutu para peserta didik dan sebagai bekal memasuki dunia kerja.

 selain melakukan pkl ofline bisa juga loh melakukan pkl secara online.

Keuntungan melakukan pkl secara online yaitu:

1.Tidak mengeluarkan uang untuk makan dan kebutuhan sehari-hari

2.Tidak perlu juga mengeluarkan uang untuk membayar kos dan transprotasi harian

3.Kita hanya cukup sediakan niat, waktu yang komitmen dan paket internet atau paket data  

Related Article…