PKL SMK Jurusan Tata Artistik

PKL SMK Jurusan Tata Artistik – Jurusan Tata Artistik sendiri merupakan konsep yang meliputi beberapa elemen visual produksi film, mulai dari perancangan, tata rias, hingga kostum dan dekorasi yang akan digunakan.

Jurusan Tata Artistik juga diadakan kegiatan PKL, sama halnya dengan jurusan yang lain. Kegiatan PKL ini merupakan bentuk penyelenggaran pendidikan dan pelatihan kejuruan yang diikuti oleh para siswa dengan bekerja secara langsung di dunia kerja.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang PKL jurusan Tata Artistik, yuk simak pembahasan berikut ini readers!

Contents

Apa Itu Jurusan Tata Artistik? 

Tata Artistik merupakan penampakan visual yang dibuat oleh tim ahli dalam teater, film, tari, dan musik yang tujuannya untuk membantu mengkomunikasikan pertunjukan atau acara tersebut kepada penonton.

Tata Artistik sendiri merupakan tanggung jawab seorang penata artistik untuk melakukan tugasnya. 

Seorang penata artistik bertanggung jawab pada keseluruhan penampakan visual dan bagaimana komunikasi visual dilakukan, membentuk mood tertentu, unsur-unsur kontras, serta daya tarik psikologis pada audiens.

Selain itu, penata artistik juga bertugas untuk membuat keputusan mengenai elemen visual yang dipergunakan, gaya artistik yang dipakai, dan kapan gerakan dipergunakan. 

Jadi, kesimpulannya jurusan Tata Artistik merupakan suatu jurusan yang mempelajari tentang keseluruhan penampakan visual yang dimana kamu akan diajarkan untuk bisa menciptakan daya tarik sendiri pada audiens.

Apa Yang Dipelajari Jurusan Tata Artistik? 

Berikut ini merupakan mata pelajaran yang akan kamu dapatkan dan pelajari pada jurusan Tata Artistik, baik mata pelajaran umum maupun produktif.

Muatan Nasional

  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
  3. Bahasa Indonesia 
  4. Matematika 
  5. Sejarah Indonesia 
  6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya 

Muatan Kewilayahan 

  1. Seni Budaya
  2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 

Muatan Peminatan Kejuruan 

Dasar Bidang Keahlian

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Tinjauan Seni
  3. Dasar-dasar Kreativitas 
Baca Juga :  Jurusan Rekayasa Pertanian

Dasar Program Keahlian

  1. Pengetahuan Tata Artistik
  2. Dasar-dasar Tata Artistik

Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

  1. Tata Rias dan Tata Busana
  2. Tata Suara
  3. Tata Cahaya 
  4. Tata Panggung 
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 

Nah, itu dia yang merupakan mata pelajaran yang nantinya akan kamu dapatkan saat berada di jurusan Tata Artistik.

Prospek Kerja Jurusan Tata Artistik 

Di era sekarang ini, banyak orang yang mengadakan kegiatan teater maupun shooting film, dimana kegiatan tersebut pasti membutuhkan tenaga Tata Artistik untuk bisa melakukan perancangan demi kelancaran acara tersebut.

Untuk itu, tidak heran jika prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan jurusan Tata Artistik pun sangat luas.

Berikut ini yang merupakan prospek kerja atau peluang kerja yang bisa didapatkan oleh jurusan Tata Artistik :

Penata Rias atau Make Up Artist

Kamu bisa menjadi seorang penata rias atau MUA dengan bekal ilmu yang sudah kamu miliki. Pekerjaan yang satu ini juga kian marak digandrungi oleh muda-mudi Indonesia karena fleksibilitasnya readers.

Seniman

Seorang Seniman mempunyai tugas untuk bisa mengembangkan kreativitas dan juga ekspresi dalam berseni untuk menimbulkan keunikan dan keotentikan karya seni yang telah dibuat.

Bekerja di Dunia Penyiaran dan Pertelevisian 

Bekerja di dunia penyiaran atau pertelevisian nantinya akan bertanggung jawab terhadap kehadiran para artis, dan juga bisa merancang tata rias dan juga lokasi serta dekorasi yang akan digunakan.

Pengarah Gaya Pada Fashion 

Tugas seorang pengarah gaya adalah memberikan arahan gaya yang nantinya akan ditiru oleh model pada saat melakukan photoshoot.

Nah, itu dia yang merupakan beberapa prospek kerja di bidang Tata Artistik yang bisa kamu jadikan referensi saat akan melamar pekerjaan setelah lulus nanti.

Baca Juga :  Keunggulan dan Kekurangan Jurusan RPL

PKL SMK Jurusan Tata Artistik 

Para siswa jurusan Tata Artistik nantinya akan mempraktekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan sebelumnya di sekolah. Harapannya kegiatan PKL ini nantinya dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

PKL merupakan suatu kegiatan sekolah yang penting dan wajib diikuti oleh setiap siswa SMK. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai. 

Maksud dari adanya kegiatan PKL adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Dan sebenarnya juga menjadi syarat kelulusan loh readers. Kegiatan PKL jurusan Tata Artistik melalui 2 tahap, yaitu :

  • Tahap pertama, biasanya peserta akan diberikan pelatihan mengenai hal yang berkaitan dengan desain artistik khususnya pada Tata Artistik itu sendiri di tempat kamu melaksanakan kegiatan PKL. 
  • Tahap kedua, setelah mendapatkan pelatihan, selanjutnya para siswa akan diberikan proyek atau tugas supaya nantinya para siswa bisa mendapatkan pengalaman kerja sekaligus portofolio. 

Kegiatan PKL yang dilaksanakan biasanya berlangsung selama 6 bulan. Kegiatan PKL sendiri bertujuan untuk menerapkan materi yang selama ini di dapatkan di sekolah dan dipraktekkan langsung di dunia kerja agar mendapatkan pengalaman secara langsung.

Tentunya sebelum melaksanakan kegiatan PKL, kamu akan dibekali dengan beberapa materi teori dan juga praktek supaya kamu mempunyai ilmu yang cukup saat terjun ke dunia kerja.

Demikian tadi merupakan pembahasan mengenai PKL SMK jurusan Tata Artistik, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu yang akan melaksanakan kegiatan PKL.

Untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap lagi seputar dunia SMK, simak dan ikuti terus website ini ya readers!

Related Article…