PKL SMK Desain Grafika DIY

Halo, Readers!! Kalian siswa SMK jurusan Desain Grafika (DG) DIY masih  bingung mau PKL dimana? Gara-gara corona jadi ga punya pilihan tempat. Tenang aja, pklsmk punya solusinya.

Kalian bisa kok tetap PKL walaupun dari rumah. Jurusan kalian juga bakalan tetap tercover. PKL aja di kombas. Emang apasih kombas itu? Kenapa harus PKL disana. Tunggu dulu sebelum kita masuk kesana. Kalian perlu tahu dulu kenapa PKL itu penting banget apalagi buat SMK.

PKL jadi kegiatan wajib untuk siswa SMK. Di PKL, siswa bakalan belajar praktek di lapangan langsung, jadi siswa bisa nerapin ilmu yang udah mereka dapetin di sekolah. Selain itu, siswa juga bisa belajar ilmu baru di PKL supaya mereka tambah siap untuk kerja nantinya.

Seperti yang kita tahu, zaman itu udah semakin berkembang. Makin banyak ilmu yang bisa dapetin lewat internet. Apalagi untuk jurusan Desain Grafika yang banyak bersinggungan sama pengembangan untuk membantu pekerjaan mereka. Jadi inilah sedikit apa yang bisa kita pelajari kalau PKL di kombas. Khususnya untuk PKL siswa SMK Desain Grafika Jateng.

PKL SMK Desain Grafika (DG) DIY

Apa sih Jurusan Desain Grafika

Desain grafika adalah jurusan yang belajar penerapan seni dan cara komunikasi dalam industri ataupun seni. Di jurusan ini, siswa akan mempelajari tentang bagaimana cara penggabungan unsur warna dan model, tata letak, scan gambar dan tentng data digital. Jurusan ini sangat cocok untuk melatih kreativitas dan imajinasi siswa.

Jurusan desain grafika juga jadi salah satu jurusan yang saat ini banyak perusahaan cari. Hal ini karena penerapan desain desain grafis tidak dapat sembarangan. Selain itu, Penggunaan desain grafis yang saat ini makin marak membuat lulusan jurusan ini banyak perusahaan butuhkan.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Jawa timur

Dengan berkembangnya teknologi dan jaringan informasi, pengembangan desain grafis juga semakin mudah. Banyak hal baru yang dapat siswa pelajari dari bidang ini. Selain itu berkembangnya desain grafis juga mulai perusahaan manfaatkan agar mendapatkan lebih banyak keuntungan.

PKL Desain Grafika di daerah DIY

DIY atau daerah istimewa Yogyakarta adalah daerah yang memiliki peluang besar dalam pengembangan jurusan multimedia. Banyak perusahaan atau tempat usaha yang dapat siswa manfaatkan sebagai lokasi PKL. Namun, hal ini tidak dapat siswa jadikan untuk memilih lokasi di DIY. Karena beberapa tempat terkadang tidak memberikan kegiatan PKL yang memberikan manfaat ke siswa. Oleh sebab itu pemilihan lokasi perlu siswa lakukan secara teliti dan cermat.

PKL di masa pandemi

Sayangnya, di masa pandemic seperti sekarang, banyak tempat PKL yang terpaksa membatasi kerja di kantor secara langsung. Hal ini untuk mengurangi resiko adanya penyebaran virus covid-19.  Tentu saja ini menjadi salah satu kendala yang sedikit menghambat kegiatan termasuk kegiatan PKL. Lalu bagaimana solusinya?

PKL secara online bisa menjadi solusinya. Siswa tetap bisa melakukan kegiatan PKL walaupun dari rumah. Dengan memanfaatkan media internet, siswa tetap dapat berkegiatan. Lalu bagaimana jalannya kegiatan PKL online itu?

Kegiatan PKL Online

PKL jenis akan bergantung pada layanan internet untuk berjalannya kegiatan. PKL akan tetap mendapatkan tugas tertentu dengan memanfaatkan layanan internet seperti conference atau social media sebagai alat komunikasi.

Pemanfaatan ini sedang gencar untuk mensiasati adanya virus corona. Dengan ini, kerja dan kegiatan PKL tetap dapat berlangsung asalkan tersedia internet. Perusahaan yang memakai sistem ini sudah cukup banyak. salah satunya ada di kota purwokerto yaitu PT. Kombas.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Jabar

PKL online di PT Kombas

Kombas menjadi salah satu perusahaan yang menerapkan sistem PKL secara online untuk siswa SMK. Dengan menggunakan sistem ini, siswa mendapatkan kemudahan dan tetap dapat menjalankan PKL dari rumah masing-masing. PT. Kombas adalah perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa digital marketing. Lalu kenapa anak Desain Grafika bisa PKL di Kombas?

Kombas sangat berhubungan dengan bidang Desain Grafika. Beberapa jasa yang PT. Kombas tawarkan adalah jasa dalam pengelolaan social media, desain website, dan pengelolaan website. Tentu bidang tersebut sangat berkaitan dengan Desain Grafika. Jadi PT. Kombas sangat cocok untuk PKL jurusan Desain Grafika.

Kombas juga sedang mengembangkan platform untuk keperluan pengajaran yang bernama Akademi kombas. Di akademi kombas, siswa dapat mengecek tugas dan materi yang dapat mereka pelajari sehingga jarak tidak menjadi halangan. Selain itu, platform ini akan mempermudah siswa untuk mengecek apa saja yang harus mereka lakukan selama PKL di PT. Kombas.

PKL di PT. Kombas akan memberi banyak keuntungan untuk siswa. Selain ilmu, kemampuan siswa juga bakal lebih terasah. Karena sistem pembelajaran akan membuat siswa lebih aktif. Selain itu, siswa juga berkesempatan untuk mendpaat penyaluran kerja. Menarik banget kan?

Jadi gausah bingung lagi PKL di PT. Kombas aja.

 

Sekian dulu pembahasan sedikit tentang PKL SMK Desain Grafika (DG) DIY. Semoga dapat memberikan info untuk para pencari lokasi PKL dimanapun kalian berada. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang kegiatan PKL SMK, kunjungi saja pklsmk.com. kunjungi juga akademikombas.co.id untuk info PKL lainnya.

Related Article…