PKL SMK BPD Jepara Terbaru

PKL SMK BPD Jepara Terbaru – Prakerin (Praktik Kerja Industri) maupun PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah suatu kegiatan penting yang mengharuskan siswa/siswi SMK mengaplikasikan ilmu kejuruan dalam dunia industri/dunia kerja.

Dengan adanya PKL ini diharapkan peserta dapat merasakan dan mengenal dunia kerja secara sesungguhnya dengan menerapkan teori yang sudah didapat di dalam kelas.

Lalu bagaimana kegiatan PKL SMK BPD itu? Apa saja kegiatan yang ada di jurusan BPD? Simak artikel berikut ini.

PKL SMK BPD Jepara Terbaru

PKL SMK BPD Jepara Terbaru

Jurusan BPD Adalah

Bisnis Daring dan Pemasaran atau yang disingkat BPD adalah sebuah jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan yang mempelajari dasar-dasar keilmuan pada program Bisnis dan Pemasaran, serta dasar-dasar kemampuan marketing baik secara konvensional maupun melalui media daring (Online/Internet).

Pada jurusan ini siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan, dan membaca peluang di dunia bisnis. Para siswa juga akan dilatih agar mampu menggunakan media online seperti situs web maupun media sosial sebaik mungkin.

SMK Jurusan BPD

SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran atau BPD merupakan salah satu kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran. Jurusan BPD ini mempelajari keilmuan dan praktik tentang pada bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media internet.

Pada pembelajaran selama 3 tahun, siswa akan diajarkan bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis di dalamnya.

Siswa juga akan dibekali materi agar mampu menggunakan media online seperti situs web maupun media sosial sebaik mungkin, sehingga para siswa diharapkan mampu meggunakan dan menerapkannya sebagai e-commerce.

Secara Khusus Tujuan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran adalah membekali para siswa dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Kimia Industri

Berikut merupakan tujuan lain dari jurusan BPD:

  1. Menerapkan prinsip-prinsip bisnis dan etika bisnis secara professional yang diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.
  2. Memiliki keahlian yang spesifik dalam bidang manajemen ritel dan pelayanan yang semakin dibutuhkan di dunia kerja.
  3. Pembekalan kompetensi untuk membangun hubungan pelanggan dari mulai prospecting sampai mempertahankan pelanggan serta menjadikan pelanggan sebagai mitra perusahaan.
  4. Pembekalan teknik komunikasi dan negosiasi dengan menggunakan teknologi komunikasi.
  5. Pembekalan keterampilan praktis penataan produk.

Kegiatan SMK BPD

Selain Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, di SMK pasti diajarkan mata pelajaran muatan peminatan kejuruan sesuai Kompetensi Keahlian yang diambil.

Berikut ini, adalah mata pelajaran yang dipelajari di SMK Jurusan BPD:

  1. Penataan Produk

Mata pelajaran penataan produk akan membahas mengenai cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan. Pengelompokkan tersebut juga memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen agar membeli produk tersebut. Dalam pengelompokkan produk, siswa juga dituntut untuk benar-benar memahami spesifikasi produk tersebut.

  1. Bisnis Online

Pada mata pelajaran ini, siswa akan dibekali bagaimana cara pemasaran melalui internet. Pemasaran tersebut bisa dengan situs web atau memanfaatkan social media yang ada. Dengan berbisnis online tentunya akan lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Misalnya, biaya untuk sewa ruko, membeli stock barang, membayar karyawan dan lain sebagainya.

  1. Pengelolaan Bisnis Ritel

Mata pelajaran Pengelolaan bisnis ritel mempelajari bagaimana pengaturan keseluruhan faktor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel. Misalnya, faktor yang mempengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

  1. Administrasi Transaksi
Baca Juga :  Jurusan Kehutanan

Dalam mata pelajaran Administrasi Transaksi, siswa dibekali agar dapat melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur, sehingga hasil pencatatan tersebut mudah dipahami.

  1. Produk Kreatif Kewirausahaan

Pada mata pelajaran ini, para siswa dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas yaitu bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan ha katas kekayaan intelektual.

PKL SMK BDP Jepara Terbaru

PT Kombas merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan Fasilitas PKL online. Apalagi diera pandemi seperti saat ini, menjalankan PKL secara offline tidak semudah tahun tahun yang lalu, jadi pemerintah menyarankan untuk para pihak sekolah menyelenggarakan PKL online ini.

PT Kombas menyediakan jasa PKL online dengan menggunakan platform akademi kombas. Kegiatan PKL yang dilakukan oleh PT Kombas ini juga tidak kalah jauh dengan tempat PKL yang lain yaitu pemberian materi, tugas dan juga penilaian yang dilakukan dengan menggunakan platform yang akan mempermudah siswa saat mengerjakan tugas yang diberikan.

Siswa juga akan mendapatkan bimbingan dari mentor sesuai dengan bagiannya masing-masing. Mentor di PT Akademi Kombas juga merupakan orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing. Ilmu yang akan didapatkan oleh para siswanya tidak setengah-setengah dan pasti akan bermanfaat untuk para siswa. Hal ini juga menjadi peluang untuk siswa khususnya jurusan BPD di Kabupaten Jepara untuk lebih berkembang melalui kegiatan PKL.

Demikian artikel tentang kegiatan PKL SMK BDP yang mungkin dapat bermanfaat dan memberikan informasi untuk para pembaca.

Untuk informasi PKL selengkapnya, bisa langsung kunjungi saja https://pklsmk.com/

Info PKL SMK lainnya juga dapat anda temukan di https://akademikombas.co.id/

Related Article…