PKL SMK BDP Sumatera Barat

PKL SMK BDP Sumatera Barat – Hai!  Apakah kamu seorang siswa/siswi SMP yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Yaps, tepat sekali kamu memilih artikel ini sebagai refrensi kamu untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Disini, mimin bakalan kenalin kalian salah satu jurusan SMK yang pastinya kalian suka yaitu BDP. Apa sih BDP itu? Terdengar asing bukan?

BDP adalah singkatan dari Bisnis Daring dan Pemasaran.

Yuk, simak lebih lanjut mengenai apa sih jurusan BDP itu?

Penjelasan PKL SMK BDP Sumatera Barat

Apa sih BDP itu? Seperti yang sudah mimin sebutkan, BDP adalah singkatan dari Bisnis Daring dan Pemasaran. BDP adalah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan serta keilmuaan menjadi seorang marketing, dimana siswa akan mempelajari ilmu dasar marketing, pengadministrasian barang, bisnis retail, serta kemampun praktik penjualan. Materi yang diajarkan dalam jurusan bisnis daring dan pemasaran ialah :

  • Manajemen Bisnis Ekonomi dan Administrasi Bisnis
  • Ilmu Komunikasi
  • Bisnis Online
  • Marketing
  • Retail
  • Penataan Produk dan lain lain

Min, prospek kerja di jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran apa sih?

Prospek kerja dalam SMK Jurusan BDP ada banyak, beberapa di antaranya yaitu :

  • Online Shop
  • Reseller dan Dropshipper
  • Sosial Media Marketing
  • Digital Marketing Staff
  • Wirausaha
  • Admin Marketing, dll.

Penjelasan Daerah Sumatera Barat

Di daerah Sumatera Barat, potensi jurusan Bisnis daring dan pemasaran bisa di bilang tinggi, karena salah satu keunggulan dari daerah Sumatera barat ini ialah potensi pertanian yang tersebar luas di wilayah Sumatera Barat.

PKL SMK di Sumatera Barat

PKL SMK di Sumatera Barat

Pertanian dengan komoditas antara lain kelapa sawit, kopi, karet, kulit manis, dan gambir, sedangkan potensi pertanian lainnya adalah kehutanan, perkebunan, dan perikanan. 

Baca Juga :  PKL SMK Multimedia DIY

Sumatera Barat juga kembali ekspor manggis dengan negara tujuan China setelah sempat terhenti akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Permintaan ekspor yang sangat signifikan dari Sumatera Barat yakni manggis, karet, kulit kayu manis, cangkang sawit, bungkil sawit dan produk turunan kelapa.

Lokasi PKL di Sumatera Barat

Setelah mengenal apa itu SMK Jurusan BDP dan Penjelasan Daerah mengenai potensi jurusan BDP tersebut, sekarang kita beralih topik, yaitu PKL.

Apa sih pkl itu?

PKL adalah singkatan dari Pratek Kerja Lapangan. PKL (praktek kerja lapangan) adalah sebuah proses pengajaran dengan cara memberi kesempatan kepada siswa dan siswi untuk magang di tempat kerja secara nyata.

Dengan adanya PKL ini, siswa/sisiwi bisa menerapkan ilmu yang didapat di bangku SMK pada kerja dunia nyata yang sesuai dengan bidangnya. Biasanya, lokasi PKL sudah di tentukan oleh pihak sekolah, adapun dari pihak sekolah yang memutuskan para siswa dan siswi untuk mencari tempat PKL itu sendiri sesuai jurusan masing-masing.

Untuk Jurusan BDP sendiri biasanya lokasi PKL BDP Sumatera Barat bertempat di beberapa industri ritel, perusahaan, UMKM dan lainnya.

Sebelum melakukan PKL, industri ritel/perusahaan yang direkomendasikan oleh sekolah melakukan perkenalkan seputar industri tersebut, mulai dari profil industri ritel/perusahaan tersebut, cara kerja, tata terbit atau kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sebelum melakukan pekerjaan dan lain-lain. 

PKL Online

Nah guys, di era pandemi ini semua kegiatan dilakukan secara online, begitu pun terlaksananya PKL BDP ini.

Baca Juga :  PKL SMK OTKP Kalimantan Barat

Loh kenapa? Kan jadi tidak terasa seperti PKL sungguhan, kita ingin punya pengalaman juga!

Yaa benar sekali memang tidak seperti definisi PKL, tetapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mengurangi dan melindungi diri kita dari resiko terkena penyebaran covid-19 yang belum mereda ini.

Tujuan di laksanakannya PKL Online ini adalah memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenal dan mengetahui tentang dunia industri, menjadi media pengaplikasian dari pembelajaran yang diperoleh dari sekolah untuk di terapkan di dunia industri.

Aktifitas PKL Online ini yaitu tetap melakukan tatap muka di sekolah serta mematuhi protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.

Pemerintah melarang bagi siswa dan siswi SMK tidak diperkenankan untuk melakukan PKL di luar kota/luar daerah karena kemungkinan penularan virus covid-19 ini akan besar dampaknya.

Siswa dan siswi PKL Online di bagi 2 sesi untuk shif pagi jam 08.00 – 11.00 WIB dan untuk shif siang jam 13.00 – 16.00 WIB, para siswa dan siswi harus mematuhi protokol kesehatan yang ada, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan handsanitizer dan melakukan jaga jarak antara teman ataupun guru pengawas.

Oh iya, berarti kita PKL di sekolah sama saja dengan melakukan pembelajaran seperti biasa dong min? Yes of course, tapi disekolah, kalian tidak di bimbing oleh para guru, melainkan para mentor PKL Online yang disediakan dari industri ritel/perusahaan yang direkomendasikan oleh sekolah, jadi para mentor lah yang mengunjungi dan mengawasi kita agar terasa efektif dan aman. 

Jadi gimana guys, tertarik masuk SMK Jurusan BDP? Yuk buruan daftar dan ajak teman-teman kalian

 

Related Article…