PKL SMK BDP Magelang

PKL SMK BDP MAGELANG – Dengan perkembangan internet saat ini, kegiatan PKL juga dapat berkembang. Yang sebelumnya kegiatan PKL harus siswa lakukan secara langsung di lokasi PKL, saat ini siswa dapat melakukannya secara online. Lalu bagaimana sebaiknya kegiatan PKL SMK BDP daerah magelang secara online?

Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing. Bidang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, siswa nantinya mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.

Pelajaran yang akan siswa dapatkan pada jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran selama 3 tahun yaitu Penataan produk, Bisnis online, Retail, Marketing dsb. Pembelajaran tersebut sangat siswa butuhkan dalam dunia bisnis khususnya marketing, sehingga akan ada banyak peluang agar siswa dapat membangun bisnisnya sendiri.

Selain menguntungkan, siswa juga dapat membantu orang lain karena dengan ikut mengembangkan bisnis tersebut akan menciptakan sebuah lapangan kerja yang saat ini sangat dicari oleh banyak orang.

Jurusan Bisnis Daring Pemasaran juga membekali siswa tentang bagaimana cara mengembangkan bisnis secara online, memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mengembangkan bisnis. Pengembangan bisnis secara online sudah tidak bisa diragukan lagi karena hampir seluruh masyarakat kini menggunakan media sosial.

Hal inilah yang dapat menjadi peluang usaha terutama bagi siswa jurusan Bisnis Daring Pemasaran, siswa akan mendapat bimbingan untuk langsung terjun kedunia kerja dan menjalankan praktik dengan pembekalan materi yang sudah diajarkan sebelumnya.

Daerah Magelang

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, bahwa pada tanggal 11 April 907 Masehi merupakan hari jadi Kota Magelang. Wilayah ini berbatasan dengan wilayah provinsi Daerah istimewa Yogyakarta. Dan daerah ini sangat terkenal dengan potensi wisata seperti candi Borobudur, candi pawon, dan wisata lainnya. Di kampung Meteseh contohnya, saat ini terdapat sebuah lumpang batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Kabupaten Grobogan

Selain wisata, Kawasan magelang sangat terkenal dengan lokasi makanan yang memang memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas ini mulai dari cita rasa hingga nilai historis yang mereka kandung. Lokasi sektor makanan di wilayah magelang ada yang buka pada siang hari dan ada juga yang buka di malam hari.

Lokasi PKL SMK BDP di Daerah Magelang

Tempat Prakerin Smk Jurusan Pemasaran Magelang, Bisnis Online di Era sekarang sudah bukan rahasia umum lagi. Dengan penyebaran informasi yang begitu cepat menghampiri kita semua. Jika kita berdiam diri terus maka akan menyebabkan efek negative ke diri sendiri. Oleh karena itu, kini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan bisnis kita melalui digital marketing.

Biasanya siswa akan mencari lokasi PKL yang memiliki hubungan dengan ilmu yang mereka dapat. Lokasi yang biasanya mereka pakai seperti bisnis retail, perusahaan yang bergerak dalam sistem retail, atau yang berhubungan dengan distribusi barang. Dengan berkembangnya internet, siswa juga dapat masuk ke lokasi yang bergerak dalam bidang digital marketing.

PKL Online

PKL SMK BDP Magelang

Pelaksanaan prakerin atau praktik kerja industri merupakan salah satu metode pembelajaran peserta didik Sekolah Kejuruan Menengah untuk mengenal secara langsung dunia kerja. Kegiatan prakerin ini memberikan pengalaman dan keterampilan tersendiri bagi siswa SMK untuk berlatih menyelesaikan pekerjaan dan target sesuai dengan waktu yang diberikan.

Namun, dalam era pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia ini, memberikan situasi yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Mulai dari kegiatan pembelajaran yang seharusnya siswa lakukan secara tatap muka kini dilakukan secara daring. Hal ini karena jika siswa lakukan secara tatap muka dapat berpotensi mengancam kesehatan siswa. Dengan adanya solusi pembelajaran secara daring bertujuan untuk meminimalisir resiko tersebarnya virus covid-19 dan kegiatan pembelajaran secara daring ini walaupun jauh dari kata sempurna tetapi banyak yang menganggap sebagai metode yang paling aman.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Daerah Batang

Begitu pula proses PKL Bisnis Daring dan Pemasaran yang sebelumnya siswa lakukan secara offline, kini harus siswa lakukan secara daring. Situasi seperti ini menjadi sebuah tantangan baru bagi generasi milenial. Dengan adanya perbedaan situasi seperti ini juga sangat berpengaruh pada siswa PKL Bisnis Daring dan Pemasaran.

PKL Online ini dapat menambah pelajaran dan pengalaman kerja khususnya dunia digital marketing yang belum siswa dapatkan sebelumnya di sekolah melalui sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan pihak sekolah, PKL Online ini dapat siswa laksanakan di rumah masing masing siswa sehingga tetap mematuhi aturan Pemerintah. Dalam PKL Online ini ada beberapa tahapan yang harus siswa Bisnis Daring dan Pemasaran lakukan seperti Tahap Pengenalan, Tahap Asessmen, Tahap Pelatihan, Tahap Produksi dan Tahap Penilaian.

PKL Online di PT. Kombas

Salah satu perusahaan yang menyediakan kegiatan PKL secara online adalah PT. Kombas Digital Internasional. Lokasi PKL yang satu ini menyediakan kegiatan PKL secara online. Siswa menjalankan kegiatan PKL nantinya menggunakan sistem Project based learning. Sistem ini akan membuat lebih banyak berkembang. Siswa selama menjalankan kegiatan PKL menggunakan platform khusus bernama akademikombas.co.id.

Nah bagi kalian yang sedang mencari lokasi PKL, pilih saja PT. Kombas Digital Internasional sebagai lokasi PKL kalian. Jika berminat kalian bisa menghubungi di nomor 0811-2829-002. Untuk infomasi yang lebih lengkap kalian bisa mengunjungi akademikombas.co.id.

 

Related Article…