PKL SMK AKL Kalimantan Tengah

PKL SMK AKL Kalimantan Tengah – Siapa sih yang masih belum tau tentang jurusan dari AKL ? Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga atau AKL merupakan salah satu jurusan favorit yang ada di sekolah menengah kejuruan dengan peminat yang cukup banyak.

Akuntansi dan Keuangan Lembaaga (AKL) adalah bidang studi di sekolah menengah kejuruan yang mempelajari tentang pengelolaan transaksi keuangan, mulai dari pencatatan, pengelompokan, pengolahan, dan penyajian data yang berhubungan dengan keuangan.

Tujuan seseorang masuk dalam bidang studi ini selain karena peluang kerja yang sangat besar setelah lulus, ilmu akuntansi juga sangat dibutuhkan dalam aspek kehidupan. Di jurusan akuntasi sendiri sangat mengandalkan ketelitian dalam proses belajarnya. Jurusan ini hadir di tengan tengah pendidikan dengan maksud agar keuangan yang ada di Indonesia bisa lebih baik kedepannya.

Di jurusan akuntansi sendiri mempunyai  mata pelajaran muatan nasional dan lokal yang biasa ada di sekolah-sekolah menengah kejuruan lainnya. Untuk mata pelajaran peminatan sendiri hanya ada jurusan akuntansi dan bidang manajemen lainnya. 

Penjelasan Daerah Di Kalimantan Tengah

Di Kalimantan Tengah sendiri yang beribukota Palangkaraya memiliki pontensi baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Karet, rotan, dan kelapa sawit merupakan salah satu sumber daya alam di sana. Sumber daya manusianya juga tidak kalah berlimpah. Diantaranya ada perkebunan, perikanan, pariwisata,kehutanan, dan masih banyak lagi. Ini juga memungkinkan jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) untuk bisa PKL di Kalimantan tengah.

PKL SMK AKL di Kalimantan Tengah

PKL SMK AKL di Kalimantan Tengah

Seperti di bidang perkebunan, pasti mereka membutuhkan tenaga administrasi tenaga akuntansi untuk mengelola keuangan dan membutuhkan data-data keuangan yang biasa dikerjakan oleh seorang atau siswa dengan jurusan akuntansi. Walaupun seperti itu, tidak menutup kemungkinan orang yang bukan akuntansi sekalipun pasti juga bisa mengelola keuangan asal memiliki skill dan ilmu dibidang tersebut.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Banyumas

Perikanan yang ada di Kalimantan tengah juga menjadi potensi yang unggul disana. Dalam bidang perikanan juga pasti membutuhkan seseorang yang mampu untuk mengelola keuangan,seperti mendata transaksi ekspor impor.Tempat pariwisata juga menjadi tempat untuk praktek kerja lapangan,karena didalamnya dipastikan juga ada layanan untuk administrasi.

Di bidang kehutanan sendiri juga membutuhkan seseorang yang mampu mengelola data-data dan administrasi mengenai laporan keuangan.Dan masih banyak lagi bidang dan potensi potensi di Kalimantan yang bisa dijadikan sebagai tempat PKL.

Lokasi PKL di Daerah Kalimantan Tengah

Adapun daerah-daerah di Kalimantan tengah yang biasa dijadikan sebagai tempat PKL, yaitu daerah perkebunan di  Ibu Kota Palangkaraya dan Kab. Pulang Pisau, tempat pariwisata di Kab. Kotawaringin Barat dan Kab. Kotapalangkaraya, daerah perikanan atau kelautan di kab. Palangkarya dan Kab. Kotawaringin barat, serta daerah kehutanan di Kab. Palangkaraya dan kab. Gunung Mas.

Selain dari yang disebutkan diatas, banyak juga perusahaan-perusahaan dan instansi yang menerima PKL. Seperti di PT, CV, Kantor Pajak, Kantor Dinas, Bank Umum,dan serta Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Baca Juga :  Mengapa Siswa SMK Penting Melaksanakan PKL

PKL Online

Di satu sisi,di dalam jurusan akl juga ada kegiatan praktek kerja lapangan. Apasih yang dimaksud dengan pkl? Pkl atau praktek kerja lapangan merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan program kerja sekolah dengan dunia kerja atau industri. Praktek Kerja Lapangan bisa dilakukan oleh siswa SMK maupun mahasiswa.

Diadakannya PKL sendiri diharapkan siswa lebih mengerti tentang dunia kerja yang akan dilaluinya di masa yang akan datang. Durasi dari pkl sendiri dari mulai 2 bulan sampai 6 bulan . Setelah diadakannya PKL, maka siswa diharuskan untuk membuat laporan dari hasil prakerin yang telah dilaksanakannya tersebut.

Di tengah pandemi seperti saat ini, pasti pelaksanaan praktek kerja lapangan memliki kendala yang cukup banyak, karena dilarangnya untuk berkerumun yang mengakibatkan melonjaknya tingkat penyebaran covid-19.

Akan tetapi, pelaksanaan praktek kerja lapangan juga harus dilaksanakan , mengingatkan syarat untuk melaksanakan usk atau uji sertifikasi kejuruan adalah harus sudah melaksanakan pkl. 

PKL Di PT. Kombas Digital Internasional

Pelaksanaan  PKL secara online dapat dilakukan di tengah pandemi  ini. Seperti di PT. Kombas Digital International yang menyediakan layanan pembelajaran digital marketing secara gratis ataupun regular( berbayar).

Layanan ini juga bisa online maupun offline tergantung kebutuhan dan domisili tempat tinggal. Untuk di daerah Kalimantan Tengah sendiri, bisa mengikutinya dengan online. Di PT. Kombas Digital Internasional sendiri kita diajarkan bagaimana membuat strategi marketing dengan baik dan benar. Macam-macam divisi di PT. Kombas sendiri adalah Akademi Kombas, Kombas Digital Agensi, dan Kombas Perdagangan.

Related Article…