PKL SMK AKL Jatim

PKL SMK AKL Jatim – Sudah kelas 11 atau 12 di SMK? Dan sudah akan PKL?  Pastinya sudah lagi mulai cari-cari informasi tentang PKL kan ya?

Ingin tahu lebih banyak tentang PKL SMK khususnya jurusan AKL?  Simak langsung saja tulisan di bawah ini ya ….

Apa itu AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga)?

Teman-teman pasti pernah mendengar istilah AKL (atau biasa yang disebut Akuntansi). Atau adakah yang belum pernah mendengar sama sekali?

Apakah teman-teman tau arti dari istilah Akuntansi?

Singkatnya, Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang mencatat, mengelompokan, mengolah, dan menyajikan data yang berhubungan dengan transaksi keuangan.

Data tersebut, dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Jika teman-teman ingin mempelajari Akuntansi, maka teman-teman bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMK, karena di SMA tidak terdapat jurusan ini.

Setelah lulus, teman-teman akan memiliki keterampilan dalam memproses atau mengelola suatu transaksi keuangan.

Apa aja sih prospek kerja jurusan Akuntansi?

Beberapa prospek kerja jurusan akuntansi diantaranya : teller bank, budgeting analys, kasir, akuntan, auditor, dll.

Potensi Daerah Provinsi Jawa Timur

Sebagian besar SMK di Indonesia kini sudah terdapat jurusan akuntansi. Tidak terkecuali provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur

Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki potensi daerah diantaranya sektor industri, sektor pertanian,sektor perikanan, dan sektor pariwisata, sektor pertambangan, dan sektor energi yang sedang dikembangkan. Selain itu, pemerintah Jawa Timur tengah fokus pada upaya membuka industri baru di wilayah potensial.

Baca Juga :  PKL SMK Multimedia Jateng

Nantinya, seiring dengan berkembangnya potensi daerah tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni  untuk bekerja di sektor tersebut yang terdapat di Jawa Timur, tak terkecuali siswa lulusan SMK.

SMK sangat identik dengan dunia pekerjaan. Siswa yang lulus dari jenjang SMK diharapkan dapat langsung memasuki dunia pekerjaan dengan skill yang sesuai dengan jurusan masing-masing.

Salah satunya lulusan dari jurusan akuntansi. Siswa dari lulusan akuntansi nantinya dapat bekerja di bidang keuangan di salah satu sektor yang sudah disebutkan di atas.

Sebelum bekerja di bidang yang sesuai, di SMK, teman-teman akan melakukan kegiatan PKL.

PKL adalah kegiatan untuk mengasah ilmu yang telah didapatkan di jenjang SMK melalui praktek kerja langsung. Tujuannya adalah memberikan gambaran dan pengalaman kerja secara langsung bagi siswa SMK.

PKL dapat dijadikan sebagai syarat mengikuti USK atau Uji Sertifikasi Kompetensi dan ujian ini  dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan SMK. Durasinya sesuai dengan kebijakan sekolah masing masing, antara 3-6 bulan.

Sektor-sektor sudah disebutkan diatas dapat dimanfaatkan sebagai tempat PKL khususnya bagi siswa SMK di Jawa Timur. Untuk jurusan AKL dapat memanfaatkan sektor diatas sebagai tempat PKL. Tetapi harus memilih sektor yang sesuai dengan jurusan. 

Lokasi PKL di Jawa Timur

Selain di sektor-sektor seperti sektor industri, sektor pertanian, sektor perikanan, dan sektor pariwisata dll yang terdapat di Jawa Timur yang memungkinkan untuk menjadi tempat PKL siswa akuntansi, PKL untuk jurusan akuntansi juga dapat dilakukan di instansi pemerintah seperti kantor dinas, atau bisa juga di kantor pajak yang terdapat di dalam maupun di luar kabupaten/kota masing-masing.

PKL SMK jawa timur

PKL SMK jawa timur

PKL Online

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi sekarang ini memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat. Tak terkecuali bagi siswa SMK khususnya yang akan melakukan kegiatan PKL. Tetapi dengan diwajibkanya kegiatan PKL, maka kegiatan PKL harus dilakukan secara online atau bisa juga dilakukan secara tatap muka langsung dengan syarat melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Sumatera Barat

Dengan diperbolehkannya melakukan PKL secara online, maka memberikan ruang bagi siswa SMK untuk dapat melakukan PKL jarak jauh. Sehingga PKL dapat dilakukan di perusahaan yang berada luar kabupaten maupun provinsi. Walaupun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Tetapi tergantung perusahaan yang bersangkutan.

Ada beberapa perusahaan yang tetap menyediakan tempat PKL tetapi juga banyak perusahaan yang dalam kondisi ini tidak menyediakan tempat PKL.

PKL di PT. KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL

Salah satu perusahaan yang menyediakan tempat PKL di kondisi pandemi seperti ini adalah PT. KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL. PT. KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL menyediakan tempat PKL di bidang digital marketing. Dengan durasi waktu 3-6 bulan sesuai dengan jadwal sekolah. Selain jurusan akuntansi, terdapat jurusan lain yang bisa PKL di PT. KOMBAS DIGITAL INTERNASIOANL, yaitu : BDP, TKJ, RPL, OTKP, MM dan desain grafis.

Dikarenakan dampak Pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini, siswa SMK yang melakukan kegiatan PKL di PT. KOMBAS tidak dapat dilakukan secara tatap muka secara langsung. Bisa saja dilakukan secara tatap muka langsung, tetapi dikhususkan untuk siswa yang berdomisili sama dengan PT. KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL dan dengan jumlah siswa yang terbatas. Untuk siswa yang berdomisili jauh, seperti Jawa Timur, dapat melaksanakan PKL jarak jauh secara online

 

Related Article…