PKL SMK AKL BANTEN

PKL SMK AKL BANTEN – Jurusan AKL atau biasanya lebih familiar pada orang awam adalah Akuntansi. Agar lebih mengerti dan memperjelas, berikut ulasanya.

AKL atau Akuntansi Dan Keuangan Lembaga adalah salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan, dan termasuk  Bidang Keahlian Bisnis dan Management.

Dapat juga diartikan disini bahwa Akuntansi adalah segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan. SMK dengan jurusan AKL atau Akuntansi ini akan membekali siswa dengan kompetensi dalam mengelola seluruh transaksi keuangan. 

PKL SMK Akl Banten

PKL SMK Akl Banten

Pada jurusan AKL ini nantinya akan menyiapkan tenaga yang terampil dan juga ahli dalam mengembangkan tugas di bidang keuangan.

Seperti yang tadi telah dijelaskan bahwa siswa yang mengambil jurusan AKL akan mempelajari tentang semua proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan yang mencakup mulai dari pencatatan, mengklasifikasikan jenis transaksi, kemudian meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data yang disini bertujuan untuk menjadikan sebuah laporan keuangan menjadi lebih akurat. Yang mana nantinya akan digunakan oleh pihak-pihak di dalam perusahaan sebelum mereka membuat keputusan maupun kebijakan yang disepakati.

POTENSI DAERAH BANTEN

Seperti yang sudah diketahui bahwa di daerah Banten sendiri memiliki banyak sekali SMK yang di dalamnya terdapat jurusan AKL. Dalam hal ini terdapat juga potensi daerah seperti pariwisata, pertanian atau bidang lainnya yang dapat digunakan sebagai potensi dalam rangka pengembangan daerah juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan PKL jurusan AKL.

Potensi WIlayah Banten

Potensi WIlayah Banten

Di wilayah Banten salah satu potensi daerah yang unggul adalah dalam hal pertanian berupa palawija, padi yang memadai dan bisa menjadi surplus apabila diterapkan dengan teknologi yang tepat guna.

Baca Juga :  PKL SMK BDP Magelang

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah terutama SMK untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan atau badan yang bergerak dalam bidang tersebut. Nantinya bisa digunakan sebagai tempat PKL siswa-siswi SMK agar lebih dapat mengembangkan keahlian yang dimiliki. Siswa-siswi dapat belajar tentang pengelolaan biaya keuangan dalam sebuah usaha pertanian. 

Wilayah Banten yang mempunyai potensi SDA cukup besar berada di Kab. Lebak dan Pandeglang. Kedua kabupaten tersebut masih menyimpan potensi sumber daya air, pertanian, kehutanan, pertambangan dan pariwisata yang belum dikelola secara optimal.

Problematika ini tentu bisa dijadikan kerjasama antara pihak terkait dengan SMK jurusan AKL. Agar dapat ikut serta menjadi bagian dari pengembangan potensi daerah melalui kegiatan PKL.

Dalam hal lain, potensi wilayah Banten juga menonjol pada bagian perairan laut dan pesisir pulau. Di dalamnya terdapat program Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil sebagai bentuk penyiapan data dan informasi terkini bagi pemanfaatan sumber daya laut dan pesisir di wilayah Provinsi Banten.

Potensi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat PKL bagi siswa siswi yang berada di jurusan AKL. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh para siswa-siswi jurusan AKL pada saat pelaksanaan PKL dapat mengolah dan menjadikan data yang disini bisa dijadikan sebagai laporan keuangan dari program Pendayagunaan tersebut.

Selain potensi SDA yang dimiliki, Wilayah Banten juga terdapat banyak sekali tempat usaha seperti PT, CV, satuan lembaga maupun organisasi lainnya. Baik dalam bidang keuangan atau bidang lain seperti bisnis marketing.

LOKASI PKL SMK AKL DI BANTEN

Lokasi untuk pelaksanaan PKL bisa dikatakan menyebar secara merata di wilayah Banten. Seperti di Kab. Pandeglang dan Kab. Lebak. Di wilayah ibu kotanya sendiri yaitu Serang juga terdapat banyak tempat PKL.

Baca Juga :  Rekomendasi PKL SMK OTKP Banyumas

Biasanya yang menjadi tempat PKL adalah lokasi yang srategis dan dekat dengan kota. Adapun tempat yang jauh dari jangkauan transportasi misalnya disediakan atau biasanya mencari sendiri tempat di dekat PKL. 

PKL di PT KOMBAS DIGITAL INTERNASIONAL

Itu tadi sekilas tentang penjelasan PKL untuk jurusan AKL di wilayah Banten. Dalam masa pandemi, banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan di rumah atau WFH.

Seperti sekarang ini, di saat seharusnya di gunakan oleh para siswa siswi SMK kleas 11 melaksanakan PKL, namun banyak sekali sekolah yang menunda waktu pelaksanaan PKL.

Di PT Kombas Digital Internasional PKL secara offline tetap dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah.

PKL di PT Kombas Digital Internasional sendiri banyak sekali kegiatan yang dikerjakan. Mulai dari pembuatan akun email, akun yahoo yang nantinya digunakan untuk praktek berjualan online.

Selain itu melakukan pencatatan juga pembuatan master database dan master konten.  Melakukan record narasi  dan juga membuat artikel SEO.

Mempelajari bagaimana tahapan-tahapan dalam mempromosikan sebuah produk di media online. Kegiatan lainnya adalah mengikuti meet tentang penyampaian materi-materi yang akan dilaksanakan pada hari itu.

Di sini diajarkan bagaimana menggunakan platform media pembelajaran dan pengumpulan tugas untuk para siswa-siswi PKL yaitu platform akademikombas.co.id.

Di dalam platform  tersebut terdapat fitur untuk memeriksa pekerjaan yang telah disetorkan, dinilai dan diberi koreksi oleh mentor atau pembimbing. Dari situ kami bisa mempelajari dan memahami bagaimana sistem kerja Internet Marketing.

Related Article…