PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja?

PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja? – Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini merupakan salah satu jurusan yang fokus di bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMK yang sangat populer dan banyak diminati.

Dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan ahli IT, menjadikan peluang kerja lulusan TKJ ini semakin luas. Jurusan ini juga mengadakan program PKL yang harus diikuti oleh siswa SMK. Siswa jurusan TKJ akan mempraktekan secara langsung teori yang sudah didapat di sekolah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian PKL, hal yang dipelajari di jurusan TKJ SMK, dan kegiatan yang dilakukan saat PKL oleh siswa jurusan TKJ SMK. Simak penjelasan berikut ini.

PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja?

PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja?

Pengertian PKL

PKL (Praktek Kerja Lapangan) adalah suatu kegiatan penting yang mengharuskan siswa SMK mengaplikasikan ilmu kejuruan dalam dunia industri/dunia kerja. Dengan adanya PKL ini diharapkan peserta dapat merasakan dan mengenal dunia kerja secara sesungguhnya dengan menerapkan teori yang sudah didapat di dalam kelas.

PKL juga bisa diartikan sebagai bentuk atau program penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang diikuti oleh siswa SMK yang dilakukan di dunia kerja berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai jurusan yang mereka ambil.

PKL dilaksanakan agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dengan menerapkan teori yang sudah dipelajari saat di sekolah. Dengan hal tersebut, siswa dapat beradaptasi dengan baik dengan dunia kerja. Sebelum program ini dilaksanakan, siswa akan dibekali ilmu dasar supaya bisa meminimalisir kendala-kendala saat penerapan kerja lapangan.

Kegiatan PKL juga merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu siswa SMK sehingga menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Baca Juga :  PKL SMK OTKP Kalimantan Barat

Pada intinya, program PKL dilaksanakan untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa mengenai dunia kerja. Dengan harapan siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga memilki etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja.

Oemar Hamalik berpendapat bahwa terdapat 9 model dalam pelaksanaan PKL, yaitu:

  1. Public Vocational Training
  2. Apprentice Training
  3. Vestibule Training
  4. On The Job Training (Latihan Sambil Kerja)
  5. Pre-Employment Training (Pelatihan Sebelum Penempatan)
  6. Introduction Training (Latihan Penempatan)
  7. Supervisory Training (Latihan Dengan Pengawasan)
  8. Understudy Training
  9. Sistem Kemagangan (Internship Training)

Hal Yang Dipelajari Di Jurusan TKJ SMK

TKJ (Teknik Komputer Jaringan), merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di SMK yang mempelajari tentang cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware yang ada di dalam komputer, mempelajari jaringan dasar, serta belajar sistem kerja jaringan dan pemrograman web.

Jika masuk ke jurusan ini, anda akan lebih mengenal tentang mikrotik, cisco, linux, dan perangkat jaringan lainnya, membangun jaringan pada macam-macam topologi, dan memecahkan masalah pada jaringan yang eror.

Beberapa hal yang akan dipelajari di jurusan TKJ ini tentunya berhubungan dengan dunia jaringan komputer.

Seperti berikut:

  1. Mulai dari dasar hingga membangun jaringan sendiri melalui router.
  2. Mengatur komputer agar bisa saling terhubung ke internet dengan jaringan yang sudah dibuat tersebut.
  3. Melakukan konfigurasi linux seperti membangun DHCP, Mail, server, DNS, dan lainnya.
  4. Mempelajari Mikrotik dan Cisco
  5. Mempelajari sistem operasi, seperti pengembangan sistem operasi, arsitekturnya, partisi harddisk, instalasi sistem operasi, dan pengelolaan sistem operasi agar dapat digunakan.
  6. Mempelajari networking dan beberapa jaringan komputer, seperti memahami referensi OSI, membuat jaringan berbagai topologi, mempelajari TCP, setting IP Address, membangun jaringan local, dan membangun jaringan server.
  7. Mempelajari pemrograman website, membahas tentang bagaimana website dibuat, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, CSS, PHP, dan MySQL.
  8. Mempelajari lebih dalam mengenai sistem operasi jaringan, mulai dari Langkah menyusun kebutuhan server, merakit server, memasang sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasikan server jaringan, melakukan backup dan restore server, dan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen dan troubleshooting server.
Baca Juga :  PKL Jurusan Multimedia Ngapain Aja?

Materi lebih detail yang diajarkan di jurusan TKJ SMK adalah:

  1. Hardware
  • Pengenalan Hardware
  • Perakitan PC, Komputer, Laptop, Notebook
  • Pengenalan alat-alat hardware
  • Belajar Troubleshooting
  • Service PC
  • Sistem Komputer
  • Perawatan dan Perbaikan
  1. Software
  • Pengenalan Sofware
  • Mengenal banyak tentang sistem operasi, seperti windows dan linux
  • Mengenal banyak aplikasi standar, aplikasi jaringan, pemrograman, antivirus, security, dan lain sebagainya.
  • Instalasi sistem operasi dan aplikasi
  • Pemrograman
  • Membangun website
  • Membuat program sederhana dan aplikasi
  1. Jaringan
  • Pengenalan jaringan dasar
  • Konsep topologi warnet, perusahaan, lan, man, dan wan
  • Merancang bangun jaringan
  • Mengenal alat-alat jaringan
  • Memahami cara penggunaan alat jaringan
  • Pelajaran security jaringan
  • Database server
  • Server
  • Komunikasi data
  • Komputer terapan

Kegiatan Yang Dilakukan Saat PKL

PKL adalah sarana bagi siswa untuk mengasah lebih dalam pengetahuan dan keterampilan dan juga menambah pengalaman untuk terjun ke dunia kerja, sehingga kegiatan ini sangat penting bagi siswa SMK. Kegiatan PKL jurusan TKJ ini mungkin akan berbeda-beda tergantung tempat PKLnya masing-masing. Dan yang pasti tidah jauh dengan software, hardware, dan jaringan.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dilakukan saat PKL jurusan TKJ:

  1. Menerima konsumen yang dating untuk service PC, Komputer, Laptop, atau Notebook.
  2. Membantu dalam instalasi windows.
  3. Membantu dalam pembuatan toko online untuk tempat PKL.
  4. Membuat blog online dan profil perusahaan tempat PKL tersebut.
  5. Membuat brosur iklan dan desain.
  6. Membuat PIN, sticker, cetak foto, dan sebagainya.
  7. Melakukan bongkar pasang dan perakitan pada komputer. 

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian PKL, Hal yang dipelajari di jurusan TKJ SMK, kegiatan yang dilakukan saat PKL jurusan TKJ. Semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada pembaca, terutama untuk anda yang akan dan sedang melakukan PKL.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang jurusan TKJ SMK, bisa kunjungi artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-tkj/

Related Article…