PKL Jurusan Akuntansi Ngapain Aja?

PKL Jurusan Akuntansi Ngapain Aja? – Akuntansi merupakan slah satu jurusan yang ada di SMK, pembelajrannya terdiri dari pembelajaran manual dan akuntansi komputer. Dengan mempelajari akuntansi siswa dapat mengembangkan pengetahuan dalam dunia akuntansi dan membuat buku keuangan untuk perusahaan.

Jurusan Akuntansi SMK ini juga diadakan kegiatan PKL, yang merupakan bentuk penyelenggaraan Pendidikan dan pelatihan kejuruan yang diikuti oleh siswa dengan bekerja secara langsung di dunia kerja.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian PKL, hal yang dipelajari di jurusan akuntansi SMK, dan kegiatan yang dilakukan saat PKL jurusan akuntansi. Simak penjelasan berikut ini.

PKL Jurusan Akuntansi Ngapain Aja?

PKL Jurusan Akuntansi Ngapain Aja?

Pengertian PKL

Praktek Kerja Lapangan atau yang disingkat menjadi PKL, merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara teori yang diajarkan di sekolah dengan praktek penguasaan keahlian melalui kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai keahlian sesuai dengan jurusannya.

PKL dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional sesuai dengan bidangnya. Siswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di sekolah dan sekaligus mempelajari ilmu baru di dunia kerja.

Tujuan diadakannya PKl adalah untuk:

  1. Mempersiapkan lulusan dan membina tenaga kerja baik struktural dan fungsional yang memiliki kemampuan melaksanakan loyalitas
  2. Kemampuan melaksanakan dedikasi
  3. Kemampuan berdisiplin baik dan memiliki etos kerja
  4. Agar lulusan jurusan akuntansi SMK memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan dunia kerja
  5. Memberi pengalaman kerja
  6. Menambah wawasan mengenai dunia kerja
  7. Siap untuk bekerja nantinya.
Baca Juga :  PKL SMK AKL Di Sulawesi Selatan

Dan untuk manfaat diadakannya program PKL ini adalah:

  1. Siswa mendapat pengalaman di dunia kerja dan menymbuhkan rasa percaya diri
  2. Melatih, mengasah skill siswa, mengenal lingkungan kerja, sehingga siswa siap untuk kerja setelah lulus.berikut 

Hal Yang Dipelajari Di Jurusan Akuntansi SMK

Akuntansi merupakan suatu kegiatan ekonomi yang terdiri dari:

  • Proses pencatatan
  • Proses peringkasan
  • Proses klarifikasi
  • Proses pengolahan
  • Proses penyajian data transaksi
  • Serta berbagai kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.

Tujuan akuntansi adalah menjadi tolak ukur dalam pengambilan keputusan perusahaan, sekaligus sebagai alat untuk menentukan status suatu bisnis.

Manfaatnya untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan.  Peluang kerja untuk lulusan jurusan akuntansi SMK ini juga terbilang luas, seperti staff akuntan, internal auditor, perencana keuangan, teller bank, kasir, dan credit analyst.

Berikut adalah mata pelajaran yang dipelajari di jurusan akuntansi, yaitu:

  1. Etika Profesi

Membahas tentang materi-materi yang menyangkut bagaimana kode etik dan hal lain yang berkaitan dengan profesi sebagai akuntan.

  1. Aplikasi Pengolah Angka

Mata pelajaran ini membahas tentang aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk mempermudah proses akuntasi.

  1. Akuntansi Dasar

Membahas tentang dasar-dasar akuntansi seperti konsep debit kredit, neraca keuangan, dan menyajikan laporan keuangan.

  1. Perbankan Dasar

Belajar mengenai dasar-dasar perbankan, seperti sejarah uang, sejarah bank, fungsi bank, dan sistem operasional lembaga perbankan.

  1. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

Mata pelajaran ini membahas mengenai buku besar dan kegunaannya, menemukan debit kredit, melakukan posting jurnal ke buku besar, dan menyajikan hasil posting entri jurnal ke buku besar.

  1. Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah

Membahas mengenai pengelolaan keuangan desa, penganggaran keuangan desa, da mengolah perpajakan pada Lembaga desa.

  1. Akuntansi Keuangan
Baca Juga :  PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja?

Membahas tentang penyajian laporan keuangan kepada pihak luar berupa laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, dan arus kas kepada pemegang saham.

  1. Komputer Akuntansi

Mata pelajaran yang membahas mengenai sistem akuntansi yang menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi.

  1. Administrasi Pajak

Siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Seperti pengertian pajak, fungsi pajak, dan lainnya yang berkaitan dengan pajak.

  1. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Mata pelajaran ini membahas mengenai kewirausahaan dan berbagai produk kreatif yang bisa dijadikan peluang wirausaha.

Kegiatan Yang Dilakukan Saat PKL

Siswa jurusan akuntansi akan mempraktikan langsung teori-teori yang sudah mereka dapat di sekolah, dengan mengikuti PKL diharapkan dapat meningkatkan mutu para siswa yang bisa digunakan untuk bekal masuk ke dunia kerja.

PKL merupakan kerja lapangan yang wajib dan penting untuk diikuti oleh siswa SMK sesuai jurusannya. Maksud diadakannya PKL adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Kegiatan PKL yang dilakukan jurusan akuntansi, adalah sebagai berikut:

  1. Tahap pertama yaitu peserta akan diberikan pelatihan terlebih dahulu dengan kurang lebih sebulan. Pelatiahnnya meliputi akuntansi dasar, akuntansi biaya, dan akuntansi perpajakan. Dari pelatihan ini siswa juga akan diberi sertifikat kompetensi.
  2. Selanjutnya siswa akan diberikan proyek berupa praktek sehingga anda kan mendapat pengalaman kerja sekaligus portofolio.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian PKL, materi yang dipelajari oleh jurusan akuntansi SMK, dan kegiatan yang dialukan jurusan akuntansi saat PKL. Semoga dapat membantu dan memberi informasi untuk para pembaca, terutama untuk anda yang akan dan sedang melaksanakan PKL.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jurusan akuntansi SMK, bisa kunjungi artkel berikut https://pklsmk.com/smk-akuntansi/

 

Related Article…