Persyaratan Lamaran Kerja

Persyaratan lamaran kerja – Sebelum melamar pekerjaan hal terpenting yang perlu disiapkan bagi para pencari kerja adalah lamaran kerja. Karena inilah yang menjadi pertimbangan bagi tim rekrutmen perusahaan dalam mencari kandidat terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berkas lamaran kerja adalah sebuah persyaratan lamaran kerja yang berisikan poin penting yang mampu membuka peluang untuk melamar agar diterima oleh perusahaan. Pada umumnya setiap perusahaan memiliki persyaratan lamaran kerja yang berbeda beda. itu dapat terjadi karena kebijakan manajemen yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun ada beberapa syarat lamaran kerja yang paling sering diminta oleh perusahaan dalam tahap melamar pekerjaan mulai dari surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup atau CV, portofolio, identitas pribadi, ijazah hingga lampiran.

Contents

LAMPIRAN LAMARAN KERJA APA SAJA?

Dalam lamaran pekerjaan ada beberapa lampiran tentang persyaratan yang telah diminta oleh perusahaan yang membutuhkan pekerja. Lampiran merupakan suatu dokumen tambahan untuk dokumen utama yang biasanya ditambahkan dalam surat, buku atau dokumen dokumen penting lainnya seperti pada surat lamaran kerja.

Fungsi dari lamaran kerja adalah sebagai petunjuk bagi perusahaan untuk keterangan tambahan atau melengkapi keterangan yang tertulis pada surat lamaran kerja.

Agar perusahaan yang dituju semakin yakin untuk menerima Anda, berikut ini umumnya ada dalam surat lamaran kerja :

  1. Foto copy kartu tanda penduduk (KTP)
  2. Foto copy ijazah terakhir
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Foto copy kartu keluarga (KK)
  5. Portofolio
  6. Pas foto
  7. Sertifikat keterampilan atau

CV LENGKAP TERDIRI DARI APA SAJA?

CV adalah sebuah dokumen yang memberikan informasi tentang kualifikasi seorang pelamar kerja. Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam pembuatan CV untuk melamar kerja. Namun Anda harus dibuat dengan baik dan benar agar CV dan dilirik oleh perusahaan.

Baca Juga :  Contoh CV Lamaran Kerja

Dalam membuat CV lamaran kerja ada beberapa hal penting yang wajib dicantumkan, antara lain sebagai berikut :

Data Diri

Yang paling pertama dan perlu adalah data diri yang meliputi nama dan jika memiliki. Gunakan juga pas foto close up dengan ekspresi yang bagus.

Selain itu, juga nomor telepon yang dapat dihubungi dan alamat email agar memudahkan perekrut untuk menghubungi anda jika memenuhi syarat untuk seleksi selanjutnya.

Pengalaman Kerja Atau Magang

Bagi yang sudah pernah bekerja, Anda bisa menuliskan tentang nama perusahaan dan posisi yang pernah Anda tempati masing-masing deskripsi pekerjaan secara singkat.

Namun jika anda belum pernah bekerja sebelumnya, anda juga bisa menuliskan informasi mengenai pengalaman magang. Karena perngalaman ini juga akan menjadi nilai tambah yang bagkus di mata perusahan.

Kemampuan Dan Pengalaman Organisasi

fasilitas yang anda miliki, yang relevan dan dibutuhkan di posisi yang anda inginkan. Misalnya jika Anda lulusan SMK bidang tata boga, jangan malu untuk memamerkan keterampilan Anda dalam makanan dan minuman di CV Anda.

Selain itu, pengalaman organisasi juga penting untuk dicantumkan. Anda bisa melakukan beberapa pengalaman organisasi di sekolah, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan apakah Anda memiliki kepemimpinan yang mumpuni.

APA SAJA SYARAT LAMARAN ONLINE?

Kemajuan teknologi internet saat ini memudahkan semua orang untuk melakukan berbagai hal secara online, salah satunya melamar pekerjaan.

Meskipun melamar pekerjaan online cukup mudah, kalian harus tetap memperhatikan beberapa hal termasuk syarat-syaratnya dan apa saja berkas yang perlu Anda kirim. Berikut ini beberapa dokumen atau berkas yang menjadi persyaratan lamaran kerja :

Baca Juga :  Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang berisi perkenalan singkat diri anda dan alasan mengapa anda tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut.

Melalui surat lamaran kerja anda bisa memberikan gambaran singkat tentang siapa diri anda dan keahlian yang dimiliki, pengalaman kerja serta alasan mengapa perekrut harus memilih anda.

Daftar Riwayat Hidup (CV)

Selain surat lamaran, CV atau riwayat hidup juga bisa menjadi salah satu syarat melamar pekerjaan online. CV adalah dokumen yang berisi tentang data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan informasi lainnya.

Portofolio

Portofolio merupakan hasil karya, keterampilan, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki. Dalam portofolio lampirkan pekerjaan atau keterampilan yang Anda miliki seperti desain, tulisan atau apapun yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Kumpulan dokumentasi keterampilan anda yang bisa menjadi nilai jual, misalnya anda punya blog atau YouTube maka lampirkan tulisan atau video yang pernah anda buat.

Ijazah Dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai bisa menjadi bukti latar belakang pendidikan pelamar yang dapat disesuaikan dengan posisi yang dibutuhkan. Persyaratan yang diminta perusahaan biasanya hanya ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan terakhir saja.

Sertifikat Keahlian

Sertifikat keterampilan atau keahlian bisa menjadi bukti jika Anda memiliki keterampilan yang memadai dan perusahaan membutuhkan itu. Lampirkan sertifikat yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Itulah beberapa persyaratan saat ingin melamar pekerjaan, siapkan dokumen tersebut dalam PDF jika ingin melamar pekerjaan secara online.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang akan melamar kerja. Jangan lupa kunjungi juga website kami untuk mendapatkan informasi lainnya. Terima kasih..

Related Article…