Pengertian Youtube

Pengertian Youtube – Hampir semua orang dan semua generasi mengenail dan pernah mendengar istilah Youtube. Dan banyak yang beranggapan bahwa youtube lebih dari TV karena pengguna dapat memilih channel mana yang akan ditonton dari seluruh dunia dengan gratis.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian youtube, kegunaan dan manfaat youtube, serta dampak positif dan dampak negatif youtube. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Youtube

Pengertian Youtube

Apa Itu Youtube?

Youtube pertama kali didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Mereka mengembangkan youtube pada bulan januari tahun 2005, yang memiliki kantor pusat di San Bruno, California. Youtube sendiri merupakan situs web yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, menonton, dan membagikan video secara publik.

Youtube menjadi tempat atau sarana yang terbaik untuk berbagai video dari seluruh dunia, mulai dari video pendek, tutorial, vlog, film pendek, trailer film, musik, edukasi, animasi, hiburan, berita, TV, serta beragam info menarik lainnya. Dengan pertumbuhan pengguna internet dan smartphone sehingga membuat video youtube semakin variatif. Youtube adalah media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat tidak memandang usia.

Biasanya Youtube Buat Apa Sih?

Youtube bisa digunakan untuk mengakses video di seluruh dunia dan membaginya kepada orang lain. Bisa untuk menonton film, melihat musik, dan video terbaru. Bisa untuk mencari berbagai informasi seperti gaya hidup, bisnis, hobi, hiburan, dan lainnya.

Youtube juga memudahkan kepada siapapun untuk berkarya dalam bentuk video dan bisa mempublikasikannya lewat akun pribadi, sehingga bisa di akses oleh masyarakat luas, yang nantinya akan mendapatkan saran, komentar, hingga kritikan yang sangat bervariasi profesi ini disebut dengan Youtuber atau pembuat konten di youtube.

Manfaat Youtube Bagi Para Penggunanya

Berikut adalah beberapa manfaat dari youtube bagi para penggunanya:

  1. Mendapatkan Uang

Untuk mendapatkan penghasilan dari youtube, anda bisa menggabungkan dan mengaitkan akun youtube anda ke adsense, pengguna bisa memperoleh imbalan dari google melalui klik ikan yang ditayangkan dari video mereka, setiap mengklik iklan pengguna akan memperoleh jumlah uang tertentu tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan.

Baca Juga :  Creator Youtube

Dari inilah para pengguna youtube mulai berlomba-lomba untuk menyajikan video terbaik mereka untuk mendapatkan viewer yang banyak, sehingga bisa mendapat keuntungan semakin banyak.

  1. Mengenal Dan Memasarkan Produk

Banyak pengguna youtube yang menggunakan media ini untuk memajukan bisnis yang dikelolanya. Dengan memasarkan produk di dunia maya membuka gerai baru yang bisa melayani pelanggan atau konsumen dengan jumlah yang besar. Video yang diupload ke youtube juga bisa menjadi media sosial yang ampuh untuk menampilkan katalog produk yang ditawarkan.

  1. Memberikan Pelayanan Gratis

Youtube menawarkan layanan gratis khususnya untuk menikmati dan mekakses video yang ada pad sistemnya. Dengan hal ini, siapapun orang yang mengakses video tidak perlu memiliki akun premium atau membayar uang dalam waktu tertentu/berlangganan.

  1. Bisa Mendownload Video-Video Tertentu

Youtube bisa memudahkan pengguna untuk mengakses dan menonton video yang masuk ke dalam database pengguna. Youtube juga memungkinkan penggunanya untuk mendownload beberapa video tertentu. Dan setelah di download, video dapat disimpan di gadget pengguna dan dapat dinikmati tanpa menggunakan data internet.

  1. Mendapatkan Sesuatu Melalui Video Tutorial

Dengan adanya video tutorial, pengguna akan mendapatkan pengetahuan dan infromasi tentang bagaimana cara dan tips membuat sesuatu yang diinginkan. Jika menonton video tutorial bahasa inggris juga bisa dengan mengaktifkan subtitlenya saja.

  1. Bisa Untuk Mengingat Kembali Memori

Dengan banyaknya video yang ada di youtube, bisa mengembalikan memori indah yang pernah anda alami. Contohnya anda bisa mendengarkan musik, menonton film atau tayangan yang pernah anda tonton pada masa kecil, anda bisa menemukannya di youtube.

Dampak Positif Dan Negatif Dari Penggunaan Youtube

Melihat dari pertumbuhan viewer youtube yang semakin berkembang, disini kami akan membahas seberapa besar pengaruh atau dampak youtube di masyarakat terutama bagi siswa atau pelajar. Berikut adalah dampak positif dan negatif dari youtube:

Baca Juga :  PELATIHAN DIGITAL MARKETING MATERI WA MARKETING

Dampak Positif

Dampak positif dari youtube adalah sebagai berikut:

  1. Youtube Bisa Menjadi Sumber Belajar

Hampir semua topik tersedia di youtube, seperti lagu, film, standup comedy, sulap, dan informasi berita terkini meliputi dunia politik, ekonomi, bisnis, bola, sampai video motivasi dan inspiratif, hingga channel pembelajaran meliputi berbagai jenis ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan untuk mempelajari banyak hal.

  1. Youtube Bisa Menjadi Ajang Menuangkan Kreativitas

Dengan membuat video sendiri dan menguploadnya di youtube, menjadikan kreativitas pengguna dan menjadikan pengguna melek akan teknologi. Dan jika berniat untuk mengupload video secara rutin, maka otomatis pengguna akan belajar mengenai cara editing video supaya video yang dihasilkan menarik. Dengan rutin mengupload video di youtube juga bisa menjadi lahan rezeki untuk anda.

  1. Youtube Bisa Menjadi Sumber Motivasi Dan Inspirasi

Dengan banyaknya informasi yang tersedia di youtube, memungkinkan pengguna untuk memperoleh motivasi dan inspirasi dari orang-orang hebat yang mereka gemari.

Dampak Negatif

Selain memiliki dampak positif, keberadaan youtube yang tengah digemari ini juga memiliki dampak negatif, berikut diantaranya:

  1. Keasyikan Menonton Video Youtube

Dengan banyaknya video yang mengedukasi di youtube, orang-orang yang mengakses youtube cenderung lebih mencari video hiburan dibanding video tentang pelajaran dan edukasi. Dan jika seseorang sudah terlalu asyik menonton youtube sehingga menghabiskan waktu untuk menonton.

  1. Memungkinkan Siswa Menonton Konten Dewasa

Walaupun youtube sudah dilengkapi dengan filter dalam penyajian konten, tidak sedikit dari anak dibawah umur atau yang masih remaja menggunakan segala cara untuk membuka situs bermuatan 18 tahun ke atas, tanpa sepengetahuan orang tua.

  1. Terjangkit Virus Komentar Berbau Nakal Dan Tidak Mendidik

Dibawah video youtube tersedia kolom untuk berkomentar guna untuk ruang berinteraksi subscribers dan admin. Namun banyak video yang mengundang kontroversi sehingga masyarakat ikut berkomentar yang tidak baik, bahkan ikut men-judge dengan kata-kata kasar.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian youtube, kegunaan dan manfaat youtube, serta dampak positif dan dampak negatif youtube. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada para pembaca.

Related Article…