Mengenal Social Media Stategist

Mengenal Social Media Strategist – Mungkin anda sering melihat iklan yang menarik di social media. Dibalik itu ada seorang social media strategist yang merancangnya. Dalam social media, seorang social media strategist memiliki peran yang penting dalam mengatur jadwal dan isi kontennya.

Kemunculan profesi ini beriringan bersama dengan perkembangan teknologi digital dan media yang semakin pesat. Hal ini membuat banyak perusahaan mulai mencari dan membutuhkan profesi social media strategist untuk mengoptimasi akun perusahaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai profesi social media strategist, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Social Media Stategist

Mengenal Social Media Stategist

Pengertian

Seorang social media strategist memiliki tanggung jawab dan kendali untuk mengurus dan mengoptimasi social media milik perusahaan. Dengan cara mencari ide baru, membuat iklan, menganalisis report, dan berkolaborasi dengan tim lain untuk memastikan alur social media berjalan lancar.

Menjadi seorang social media strategist memang terlihat mudah dan sederhana, karena hanya mengupload foto atau video dan menambahkan caption saja. Hal ini salah, karena pekerjaan ini juga tidak mudah, karena seorang social media strategist harus merencanakan secara matang dan strategis.

Seperti membuat plan konten, pemilihan visual, kata-kata, dan hashtag yang tepat, serta memperhatikan waktu publikasi agar konten yang diiklankan dapat menjangkau target sebesar-besarnya.

Seorang social media strategist juga harus memikirkan bagaimana cara membuat brand awareness dan meningkatkan engagement di social media.

Saat bekerja, profesi ini akan berkoordinasi dengan tim digital marekting untuk menentukan strategi social media yang tepat, dan juga berkoordinasi dengan tim desain untuk memastikan desain dari konten yang akan ditayangkan sudah sesuai dengan rancangannya.

Baca Juga :  Tugas Seorang Data Analyst

Pekerjaan social media strategist akan berada di bawah pengawasan social media manager. Mereka akan memberikan masukan sebelum konten ditayangkan dan mengevaluasi hasil yang sudah dilakukan social media strategist.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, pekerjaan social media strategist banyak dibutuhkan oleh perusahaan, dan juga individu terutama di kalangan public figure.

Profesi ini akan membantu membangun citra dan popularitas publik, oleh karena itu profesi social media strategist sangat penting untuk membangun citra klien di hadapan warga net.

Gaji

Unruk gaji yang didapatkan sangat variatif, tergantung dengan perusahaan dan tingkatan posisi kerjanya. Untuk profesi social media strategist posisi staff mendapat gaji Rp 3.500.000 per bulan, dan untuk posisi spesialis bisa mencapai Rp 4.000.000.

Tetapi ada juga perusahaan yang mampu menggaji posisi staff sebesar Rp 7.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan.. Dan untuk posisi spesialis bisa mencapai dua digit.

Tugas-tugas

Tugas yang dilakukan seorang social media strategist sangat beragam, seperti mengamati tren yang ada di social media, dan membuat event dan kuis yang menarik.

Berikut adalah tugas yang umumnya dikerjakan social media strategist:

  1. Menganalisa dan mengevaluasi respon audiens di social media.
  2. Berinteraksi dengan audiens di social media.
  3. Membangun dan memperkuat identitas brand.
  4. Merencanakan strategi event.
  5. Memelihara kredibilotas brand dan menjaga kepercayaan pelanggan.
  6. Membuat plan konten social media yang disesuaikan dengan tujuan dan identitas brand.
  7. Mengikuti perkembangan tren social media.
  8. Memberikan arahan kepada tim desain berkaitan dengan visual konten yang akan dibuat.
Baca Juga :  Profesi Database Administrator

Kemampuan Yang Dibutuhkan

Berikut beberapa kemampuan yang dibutuhkan di profesi social media strategist:

  1. Kemampuan beradaptasi dan mengikuti tren yang ada

Seorang social media strategist harus mengikuti setiap perkembangan informasi dan tren yang sedang hangat dibicarakan.

Penting juga untuk memahami tools, aplikasi, dan teknologi, karena akan membantu menciptakan konten yang relevan.

  1. Pemahaman Estetika Visual

Penting untuk seorang social media strategist memiliki selera desain yang baik dan mampu menerjemahkan menjadi konsep yang menarik, agar konten yang ditayangkan menarik perhatian audiens.

Penting juga untuk menguasai tools desain seperti Photoshop, Corel Draw, Canva, dan sebgainya, guna untuk membantu menghasilkan desain yang menarik.

  1. Kemampuan Copywriting dan Storytelling

Seorang social media strategist harus memiliki kemampuan dalam menulis copywriting dan storytelling, karena untuk menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis yang menarik audiens untuk merespon.

Tetapi, harus disesuaikan dengan gaya bahasa dan penyampaian yang tepat di berbagai platform social media.

  1. Pengetahuan Dasar SEO

Dengan memiliki pengetahuan SEO, akan sangat membantu dalam merancang strategi marketing social media untuk menarik audiens lebih besar lagi.

  1. Manajemen Waktu Yang Baik

Social media strategist berkemungkinan besar akan mengurus lebih dari satu akun brand.

Dengan hal tersebut seorang social media strategist harus mampu membagi waktunya dengan baik, dengan pintar-pintar membuat prioritas, dan pekerjaan mana yang harus didahulukan.

 

Demikian penjelasan mengenai profesi social media strategist, mulai dari pengertian, gaji, tugas, dan kemampuan yang harus dimiliki.

Semoga dapat membantu dan memberi informasi kepada pembaca, terutama untuk anda yang tertarik dengan profesi ini, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk anda.

Related Article…