Keunggulan Dan Kelemahan Masuk Jurusan TKJ SMK

Keunggulan Dan Kelemahan Masuk Jurusan TKJ SMK – Perkembangan IT saat ini sangat pesat, menjadikan hampir semua bidang pekerjaan seperti sektor Industri, Pertanian, Jasa, dan juga Perdagangan tak bisa lepas dari IT. Dan yang telah kita ketahui bersama bahwa Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini merupakan salah satu jurusan yang fokus di bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMK yang banyak diminati.

Dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan ahli IT, menjadikan peluang kerja lulusan TKJ ini semakin luas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian, serta keunggulan dan kelemahan jurusan TKJ SMK. Simak penjelasan berikut ini.

Keunggulan Dan Kelemahan Masuk Jurusan TKJ SMK

Keunggulan Dan Kelemahan Masuk Jurusan TKJ SMK

Apa Itu Jurusan TKJ SMK?

TKJ (Teknik Komputer Jaringan) merupakan jurusan SMK yang paling banyak di minati oleh para calon siswa baru. Jurusan yang fokus mempelajari tentang cara :

  1. Merakit dan menginstall sistem komputer,
  2. Mendalami dunia jaringan yang ada di dalam komputer, mulai dari dasar hingga membangun jaringan sendiri.
  3. Menjadikan dan mengatur komputer agar bisa terhubung ke internet dengan jaringan yang sudah dibuat sendiri,
  4. Melakukan konfigurasi Linux seperti membangun DHCP, DNS, dan Mail Server, serta
  5. Mempelajari tentang Mikrotik dan Cisco.

Ada beberapa hal penting yang bisa anda perhatikan sebelum memasuki jurusan TKJ, yaitu

  1. Anda harus senang untuk mempelajari komputer dan jaringan. Seperti, anda harus terbiasa dengan beberapa alat server seperti crimping tool dan kabel UTP,
  2. Anda juga harus siap dengan pelajaran matematika, karena jurusan ini menggunakan ilmu matematika walaupun tidak mendalam. Untuk materi yang dipelajari itu seperti install operasi sistem, materi sistem komputer dan sistem bilangan, ip address, dan mempelajari beberapa perangkat jaringan seperti router, switch, bridge, repeater, dan lainnya.
  3. Serta mempelajari cara membuat kabel UTP Cross Over, straight, dan mmapu Menyusun hardware PC seperti motherboard, harddisk, power suplay, dan sebagainya.
Baca Juga :  SMK Jurusan Sekretaris

Jadi di jurusan ini anda hanya akan mempelajari hardware sebanyak 40% dan 60% untuk software (berfokus pada software administrasi jaringan).

Prospek kerja atau peluang kerja jurusan TKJ ini sangat besar. Banyak perusahaan yang membutuhkan skill yang dimiliki oleh siswa jurusan TKJ. Lulusan SMK jurusan TKJ bisa bekerja sebagai teknisi komputer, teknisi jaringan, administrasi server, system analyst, dan data entry. Dengan materi pembelajaran mengenai jaringan dan komputer serta pengalaman PKL, lulusan SMK bisa bersaing di dunia industri, bahkan bisa membuka usaha sendiri seperti took komputer/laptop, membuka jasa servis komputer, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Jurusan TKJ SMK

Berikut beberapa keunggulan jurusan TKJ yang perlu anda ketahui, berikut diantaranya:

  1. Mempelajari Sistem Operasi

Pada jurusan TKJ, anda akan belajar dan mengenal tentang sistem operasi. Jadi setelah anda merakit komputer, dilanjutkan dengan isntalasi OS dan juga pelajaran tentang sistem kerja user hingga partisi harddisk dan konstruksi.

  1. Tidak Hanya Belajar Komputer Saja, Namun Jaringan Juga

Jurusan TKJ ini kompleks dan lebih rumit dari yang dibayangkan. Sehingga jurusan ini terbilang sangat sulit dan tidak sembarang orang bisa diterima di jurusan ini.

Di TKJ ini juga belajar mengenai setting IP address, server, dan jaringan local.

  1. Siswa Dibekali Keahlian Troubleshooting

Siswa SMK jurusan TKJ ini terbilang lebih unggul dari lulusan SMA, karena siswa TKJ menguasai pelajaran troubleshooting, yang dimana troubleshooting berguna untuk menyelidiki dan menyelesaikan permasalahan yang ada di Harddisk, RAM, dan CPU.

  1. Ada Praktek Kerja Untuk Menambah Pengalaman
Baca Juga :  Jurusan Analis Kesehatan

Sama dengan jurusan SMK lainnya, jurusan TKJ pun diwajibkan untuk magang atau yang biasa disebut PKL. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa tentang dunia kerja dan juga membantu merasakan segala permasalahan secara nyata di kehidupan sehari-hari terkait TKJ.

  1. Ada Peluang Kerja Besar Selepas SMK

Setelah melakukan PKL/Magang siswa akan memiliki sertifikat yang bisa digunakan sebagai referensi ntuk surat keterangan kerja. Dengan hal tersebut, siswa lulusan SMK akan lebih mudah mencari kerja dibanding siswa lulusan SMA.

Kelemahan Jurusan TKJ SMK

Dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki jurusan TKJ ini, jurusan ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berikut:

  1. Harus Benar-Benar Dikuasai

TKJ merupakan jurusan yang sulit dan tidak mudah, sehingga anda harus benar-benar menyukai dan menguasainya. Karena, anda tidak boleh asal dalam memasang komponen, jika asal maka semua komponen akan rusak dan berantakan.

  1. Biaya Praktek

Praktek jurusan TKJ ini umumnya membutuhkan komputer dan berbagai komponennya. Karena itu, dana yang dikeluarkan pada jurusan ini juga tidak sedikit.

  1. Harus Selalu Update

Dengan teknologi yang terus berkembang, anda harus rajin mengikuti info terbaru dan mengupgrade ilmu setiap saat.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, serta keunggulan dan kelemahan jurusan TKJ SMK. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi kepada pembaca, terutama untuk anda yang minat dan akan masuk ke jurusan TKJ SMK.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai jurusan TKJ SMK, bisa anda lihat pada artikel berikut https://pklsmk.com/smk-jurusan-tkj

Related Article…