Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Data Scientist

Data Scientist – Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dunia bisnis kini semakin berkembang. Dengan hal tersebut, penggunaan data dalam bisnis juga semakin dibutuhkan. Dan pekerjaan Data Scientist termasuk salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada tahun 2022.

Lalu apa sih Data scientist itu? Data scientist merupakan seseorang yang berkemampuan untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan untuk menciptakan strategi bisnis.

Berikut adalah ulasan mengenai data scientist.

Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Data Scientist

Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Data Scientist

Pengertian Data Scientist

Data scientist adalah pekerjaan yang sedang populer dan dibutuhkan saat ini, yang bekerja antara gabungan pemrograman, statistik, dan matematika dengan tujuan untuk mengumpulkan, dan menganalisis kumpulan data yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Seorang data scientist biasanya bekerja secara tim, guna mengumpulkan berbagai data dan informasi. Dari data tersebut kemudian digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis yang baru.

Seorang Data scientist harus memiliki skill analisis yang kuat, pemahaman data yang baik, dan memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil temuannya.

Gaji Seorang Data Scientict

Berdasarkan indeed.com, rata-rata gaji yang didapat oleh seorang data scientist mencapai Rp 7.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan. Namun pada 26 Juli 2022, data pada indeed.com diperbarui, menjadi sebesar Rp 19.000.000 per bulannya.

Maka dapat disimpulkan bahwa gaji yang didapat tergantung tingkatan dengan pengalaman yang lebih tinggi seperti manajer. Semakin tinggi tingkatan mungkin akan mendapat gaji lebih dari yang disebutkan diatas.

Tugas Yang Dilakukan Data Scientist

Pada umumnya, Data scientist bertugas mengolah data di perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi berupa insight yang berguna.

Baca Juga :  Profesi Developer IT

Berikut adalah tugas yang dijalankan oleh seorang Data scientist:

  1. Mengolah Big Data

Tugas utama seorang data scientist adalah mengolah data. Seperti mengolah big data yaitu data yang memiliki jumlah yang sangat besar, beragam, dan terkumpul dalam waktu singkat.

Proses pengolahan data terdiri dari proses mengumpulkan data menggunakan query SQL, mengolah data menggunakan SPSS atau tools statistic lainnya, analisis data menggunakan Google Analytic, dan memvisualisasikan data menggunakan tools visualisasi data seperti R atau Matlab.

  1. Mempersiapkan Infrastruktur Data

Seorang data scientist bertanggung jawab untuk mempersiapkan infrastruktur data yang baik di perusahaan, dengan tujuan untuk memudahkan penyimpanan serta akses data jika diperlukan.

Hal ini menjadikan infrastruktur perusahaan menjadi bagus sehingga seluruh proses pengolahan data pun akan lebih cepat.

  1. Merancang Machine Learning

Seorang Data scientist juga bertugas merancang machine learning, dengan tujuan agar perusahaan mampu mengolah data lebih cepat dan dapat memprediksi berdasarkan data yang ada.

Contoh dari implementasi macjine learning adalah rekomendasi produk di marketplace, pengalaman di media social, dan lain sebagainya.

  1. Eksperimen Model untuk Mengolah Data

Seorang data scientist harus terus bereksperimen untuk model atau metode dalam menangani data, dengan hal ini pengolahan akan menjadi cepat dan tepat dan hasil analisis menjadi maksimal.

Kemampuan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Data Scientist

Jika ingin bekerja sebagai Data scientist, anda perlu menguasai bebearapa skill yang mendukung, sebagai berikut:

  1. Memahami Lingkup Pekerjaan Data Science

Jika ingin menjadi data scientist, anda tentu harus paham lingkup pekerjaan pengolah data. Data scientist merupakan orang yang berada dibalik kendali pengolahan data, dan harus mahir dalam pengambilan, penggabungan data, analisis, dan perolehan insight untuk melihat peluang perkembangan bisnis.

  1. Menguasai Statistika dan Peluang

Dalam menghasilkan insight, data scientist menggunakan metode statistik untuk menerjemahkan pola data. Sedangkan peluang diperlukan untuk mengindentifikasi besaran kemungkinan terjadinya suatu hal pada data.

Berikut adalah beberapa kemampuan statistika dan peluang untuk duna data science:

  • Memahami data lebih dalam
  • Mengidentifikasi relasi dan ketergantungan yang ada di dua variable
  • Memprediksi trend di masa depan dan memprediksi penyimpangan berdasarkan trend data sebelumnya
  • Tentukan pola dan motif data
  • Mengungkap anomali dalam data
  1. Pola Pikir Kritis, Detail, dan Logis
Baca Juga :  Tugas Yang Dilakukan Profesi Database Manager

Seorang data scientist penting untuk memiliki critical thinking, karena pekerjaannya berhubungan dengan analisa dan pengolahan data.

Karena data akan diolah dan diterjemahkan menjadi informasi yang berharga dalam membantu perusahaan untuk mengambil keputusan.

Ketelitian dan berpikir logis juga dangat diperlukan karena dalam mengolah data yang besar pasti membutuhkan ketelitian tinggi.

  1. Menguasai Tools yang Mendukung

Dengan memanfaatkan beberapa tools, akan mempermudah data scientist dalam pekerjaannya.

Berikut tools yang wajib diketahui:

  • Bahasa Pemrograman

Salah satu hard skill yang harus dikuasai oleh data scientist adalah keterampilan pemrograman. Bahasa pemrograman yang sering digunakan adalah Phyton, R, SQL, JavaScript, dan Java.

  • Tools Data Science

Merupakan alat yang digunakan untuk melakukan visualisasi data, memfasilitasi fungsi matriks, pemodelan statistik, dan algoritma. Beberapa tools yang sering digunakan adalah SAS, exel, Apache Spark, MATLAB, Tableau, ggplot2, dan masih banyak lagi.

  1. Kemampuan Data Wrangling

Kemampuan ini penting untuk dimiliki seorang data scientist. Dengan skill ini, membuat anda dapat mengolah data yang kasar seperti adanya informasi yang kurang lengkap, data duplikat, atau letak data yang tidak sesuai.

  1. Database Management

Skill ini diperlukan untuk menyusun penyimpanan data, sehingga data scientist mampu untuk mendefinisikan aturan validasi dan manipulasi data.

  1. Data Storytelling

Seorang data scientist harus mengemas data-data kompleks agar bisa dimengerti oleh semua pihak. Dengan skill data storytelling proses pengolahan data, mulai dari pengambilan data hingga memvisualisasikannya menjadi berguna dan mudah dipahami.

Demikian ulasan mengenai pengertian data scientist, beserta gaji, tugas yang dilakukan, dan beberapa kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist.

Semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi kepada para pembaca.

Related Article…