Kelas Berapa Siswa SMK Melakukan PKL?

Kelas Berapa Siswa SMK Melakukan PKL? – Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan yang mewajibkan siswa SMK untuk mengikutinya, guna untuk mengaplikasikan teori yang sudah dipelajari ke dalam dunia kerja.

Sebelum melaksanakan kegiatan PKL, biasanya pihak sekolah akan mengadakan pembekalan softskill selama 1 minggu, dengan harapan saat menjalankan PKL siswa bisa menjadi pribadi yang jujur, sopan, terampil, dan professional.

Dan saat pulang PKL siswa diharapkan bisa menerapkan ilmu yang telah didapat saat menjalankan PKL untuk bekal nantinya saat masuk dunia kerja.

Sebelum menjalankan PKL, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh siswa. Apa saja hal-hal tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Kelas Berapa Siswa SMK Melakukan PKL?

Kelas Berapa Siswa SMK Melakukan PKL?

Apa itu PKL SMK?

Praktek Kerja Lapangan atau yang biasa disingkat dengan PKL, adalah kegiatan yang mengharuskan siswa SMK mengaplikasikan ilmu kejuruan ke dalam dunia kerja secara nyata, guna untuk lebih mengenal dunia kerja berdasarkan teori yang sudah didapat selama belajar di sekolah.

PKL juga mengajarkan kepada siswa tentang bagaimana kehidupan dunia kerja dengan didampingi teori yang sudah dipelajari di sekolah, siswa juga diharapkan mampu memahami apa saja aturan yang ada di dunia kerja, sehingga saat sudah lulu siswa sudah benar-benar siap secara mental dan teori untuk bekerja.

SMK mewajibkan siswanya untuk mengikuti kegiatan PKL, karena memiliki manfaat yang sangat banyak.

Berikut diantaranya:

  1. Melahirkan siswa yang bisa menjembatani relevansi teori dan terapan ke dalam bidang keilmuannya.
  2. Melatih proses pembelajaran, terutama untuk mengembangkan skill para siswa.
  3. Melatih kemampuan keterampilan dan manjerial.
  4. Membentuk etos kerja yang baik untuk para siswa.
  5. Membentuk pola piker konstruktif
  6. Melatih mental dan profesionalitas yang sesuai dengan program studi yang dipilih.
  7. Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan dunia kerja.
  8. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian professional dan berkualitas yang sesuai dengan era teknologi informasi dan komunikasi saat ini.
  9. Yang terakhir yaitu, PKL dijadikan sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan, karena pengalaman kerja sangat dibutuhkan sebelum siswa terjun ke dunia kerja yang nyata.
Baca Juga :  PKL SMK BDP Purbalingga

Hal Penting Yang Harus Disiapkan Saat PKL

Sebelum melaksanakan kegiatan PKL, siswa harus mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa hal penting yang harus dipersiapkan saat melaksanakan PKL.

Beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Tempat PKL

Hal ini penting, karena akan berkaitan dengan apa yang siswa ingin kuasai sesuai dengan jurusannya, pengalaman yang bisa siswa peroleh, dan lain-lain.

  1. Cari Informasi Tentang Tempat PKL

Saat sudah menentukan tempat, siswa bisa mencari tahu lebih banyak tentang tempat PKL seperti, keuntungan apa saja yang bisa didapatkan jika melaksanakan PKL di tempat tersebut.

  1. Kuasai Dasar Materi Jurusan

Dasar kompetensi jurusan sangat penting untuk dipelajari kembali, karena akan menunjang dan mendukung pelaksanaan PKL.

  1. Belajar Berinteraksi Dengan Orang Lain

Siswa diharapkan belajar untuk menjadi sabar, dan sopan ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal ini penting karena dengan sikap yang sopan akan memudahkan siswa untuk bergaul, menambah relasi, dan juga bisa berkenalan dengan orang-orang yang nantinya dapat membantu siswa.

  1. Persiapkan Mental
Baca Juga :  PKL SMK BDP Banyumas

Salah satu tujuan diadakannya program PKL adalah siswa akan belajar untuk siap mental disetiap kegiatan PKL, contohnya seperti kegiatan PKL yang mungkin mengharuskan siswa untuk kost, dan hidup secara mandiri (jauh dari orang tua).

  1. Menjaga Sikap Dan Perilaku

Diantaranya seperti berpakaian rapi dan sopan, bertegur sapa dengan para pegawai, bertanya disaat yang tepat seperti ketika disaat tidak sibuk, hindari untuk mengobrol dan bercanda terlalu keras di ruangan karena akan mengganggu pegawai yang sedang bekerja.

  1. Pelihara Hubungan Baik

Bisa dilakukan dengan cara menghormati atasan atau pembingbing, seperti berpamitan ketika hendak pulang, izin ketika tidak bisa masuk, dan ucapkan terima kasih. Hal ini bermanfaat ketika siswa akan membuat laporan, jika sewaktu-waktu membutuhkan keterangan data pelengkap, dan mungkin memberikan peluang untuk siswa bisa bekerja disana nantinya.

  1. Isi Buku Jurnal

Siswa akan ditugaskan untuk rutin menulis kegiatan PKL nya di dalam buku jurnal atau yang biasa dikenal dengan Logbook. Hal ini dijadikan salah satu bukti kegiatan pelaksanaan PKL siswa.

Siswa SMK PKL Kelas Berapa?

PKL adalah salah satu syarat dan proses yang harus dilalui siswa SMK khususnya pada tingkat ke 2 atau kelas XI agar dapat naik kelas. PKL dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan.

Dengan PKL, siswa akan mendapat nilai, pengalaman bekerja, berinteraksi dengan orang baru, terbiasa dengan peralatan kerja dan bahkan mendapatkan uang saku.

Penutup

Itulah ulasan mengenai pengertian PKL SMK, manfaat PKL SMK, hal penting yang harus dipersiapkan saat PKL, dan siswa kelas berapa yang mengikuti PKL SMK. Semoga dengan ulasan ini dapat membantu dan memberikan informasi kepada pembaca terutama untuk anda yang akan melaksanakan PKL.

Related Article…