Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin – Jika kamu bingung untuk memilih jurusan lanjutan untuk sekolah, maka sangat tepat untuk kamu datang ke tempat kami. Ada beberapa jurusan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan sekolah. Salah satunya adalah jurusan teknik mesin

Jurusan teknik mesin adalah jurusan yang secara umum mempelajari tentang dasar fisika dan matematika yang antara lain adalah pergerakan mesin. Lalu ada juga aliran air untuk mesin, serta material dan desain mesin.

Ada juga tentang elemen mesin yang penting seperti roda gigi dan sumber mata air serta metode pengolahan dan produksi juga pengendalian melalui komputer juga dipelajari pada jurusan ini.

Tanpa kalian tau ternyata teknik mesin tidak hanya belajar tentang mesin saja dan tekhnik-tekhniknya akan tetapi pemahamannya lebih luas lagi. Akan tetapi apakah kalian sudah mengetahui tentang pengertian tekhnik mesin itu sendiri. Jika belum simak artikel berikut ini.

MENGENAL APA ITU TEKNIK MESIN

Teknik mesin adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar fisika dan matematika dan menjadi salah satu bidang ilmu tekhnik yang paling tua yang ada di dunia. Selain itu pengertian tekhnik mesin bisa diartikan dengan penggabungan fisika tekhnik dan matematika yang terdiri atas ilmu material untuk mendesain sistem mekanis dan juga menganalisa, membuat dan mempertahankan sistem mekanis.

Baca Juga :  Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Inti bidang ilmu pada tekhnik mesin meliputi mekanika dan dinamika lalu termodinamika dan analisa struktur, ilmu material serta kelistrikan. Penggunaan alat bantu atau yang bisa disebut dengan tool yang digunakan pada bidang tekhnik mesin meliputi computer-aided design atau CAD serta computer-aided manufacturing atau CAM.

Alat bantu seperti manajamen siklus juga digunakan untuk mendesain sekaligus menganalisa pabrik, peralatan, mesin industri, sistem pemanasan, sistem pendinginan, sistem transpor seperti pesawat, kapal laut, serta robotika dan peralatan kesehatan. Jadi bisa diartikan tekhnik mesin merupakan cabang ilmu yang menangani tentang desain dan produksi serta pengoperasian mesin-mesin.

ALASAN HARUS MEMILIH JURUSAN TEKHNIK MESIN

Jurusan Teknik Mesin

Saat ini banyak sekali industri motomotif yang sangat membutuhkan lulusan jurusan tekhnik mesin dikarenakan semakin berkembang pesatnya mesin membuat jurusan tekhnik mesin saat ini banyak diminati dan jika kamu ragu kamu bisa lihat artikel ini agar mungkin bisa membuat kamu tertarik pada jurusan tekhnik mesin.

Lulusan jurusan tekhnik mesin saat ini sangat gencar dicari oleh industri otomotif untuk merancang kendaraan bermotor. Tidak hanya industri otomotif saja yang gencar mencari lulusan jurusan ini, ternyata industri kedirgantaraan juga sangat membutuhkan lulusan jurusan tekhnik mesin untuk merancang sekaligus merakit pembuatan pesawat terbang.

Tetapi pada industri kedirgantaraan lebih gencar mencari lulusan jurusan tekhnik mesin dirgantara. Selain itu perusahaan di industri manufaktur dan otomatisasi juga membuka peluang kerja bagi para lulusan jurusan tekhnik mesin. Wah banyak ya industri yang begitu membutuhkan lulusan jurusan ini.

Baca Juga :  SMK Jurusan Tata Boga Di Bandung

Menciptakan alat yang sesuai dengan bioteknologi merupakan peranan penting bagi para lulusan jurusan tekhnik mesin. Lalu ilmu yang kamu dapatkan setelah masuk ke jurusan tekhnik mesin bisa kamu kembangkan dengan cara membuka usaha sendiri atau menjadi pengusaha.

Ilmu yang kamu dapat tentu akan menjadi nilai jual yang tinggi bagi industri dan perusahaan karena mereka pasti membutuhkan teknologi atau alat dsri sumber daya terbarukan.

PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN TEKHNIK MESIN

Jurusan tekhnik mesin saat ini sudah banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia dan oleh karena peluang kerja akan jurusan tekhnik juga semakin banyak. Ditambah dengan perkembangan mesin membuat karier yang bervariasi bagi para lulusan jurusan ini. Jadi untuk kamu menentukan jurusan apa? Kamu bisa masuk ke jurusan tekhnik mesin ini. Kalau kamu masih bingung lulusan jurusan ini akan bekerja sebagai apa kamu bisa melihat artikel dibawah ini.

  1. Mekanik Pesawat dan Mekanik Mobil.
  2. Bagian Perencanaan Produk Otomotif.
  3. Perancang sekaligus Teknisi Mesin dan Robot.
  4. Operator Pabrik dan Wirausaha serta dosen.

REFERENSI SMK, yang ada jurusan tekhnik mesinnya yaitu :

  1. SMK N 4 Jakarta.
  2. SMK N 1 Singosari
  3. SMK PGRI 3 Malang.
  4. SMK Sunan Drajat.
  5. SMK N 5 Semarang.

 

Related Article…