Jurusan SMK Elektronika

Ternyata SMK tidak kalah dengan perguruan tinggi, buktinya apa yang dipelajari dalam universitas ada dalam SMK. Contohnya, ialah jurusan teknik. Jurusan SMK Elektronika tersebut beroriantasi dengan perkembangan teknologi yang menjadi kemajuan dalam bidak teknik.

Untuk pembahasan lebih dalam, Kalian simak di bawah ini ya..!!!

Pengertian Jurusan Elektronika

Jurusan Elektronika

Jurusan Elektronika

Jurusan SMK Elektronika merupakan jurusan yang mempelajari komponen listrik dan juga peralatan – peralatan semi konduktor untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Siswa akan dibekali dengan konsep, pengembangan, perancangan, serta produksi perangkat listrik. Tak hanya itu, Kalian akan diajarkan metode pembangkitann dengan sumber energi baru, metode control penghematan energi, dan metode penyimpanan enegri.

Di sini siswa akan dituntun untuk memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang system control dan maintenance peralatan bidang industri. Jika pada jurusan lain mengadaptasi pada perkembangan teknologi, justru jurusan ini penentu pada kemajuan teknologi.

 

Materi yang dipelajari

  • Dasar Kelistrikan Elektronika

Teori yang menyangkut kelistrikan telah lama diindentifikasikan orang setelah banyaknya percobaan untuk memahami perilaku perpindahan electron.

Dalam ilmu kelistrikan ada beberapa besaran dasar yang sangat dominan dan penting, diantaranya adalah;

  • Besaran Tegangan (Voltage)

Bentuk potential yang terjadi dan dinyatakan di dalam satuan besarannya.

  • Besaran Arus (Current)

Pergerakan arus listrik yang mengalir dari potential tinggi ke potential rendah di antara dua titik pada media penghantar.

  • Besaran Daya (Power)

Perbedaan potential dan mengalirnya arus dalam satu keadaan aktivitas elektris sehingga menimbulkan gaya.

  • Besaran Resistansi

Faktor hambatan yang menyebabkan adanya pengurangan atau pembatasan dalam suatu aktivitas elektris.

  • Dasar Elektronika

Konsep dasar mempelajari alat listrik arus lemah dengan mengoperasikan aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat elektronik.

  • Sistem Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Sistem yang dibangun dari komponen utama, yaitu CPU. Komponen tambahannya, yaitu Memory Unit, Input Output Unit (I/O).

  • Teknik pemrograman

Sebuah kumpulan intruksi untuk menjalankan perintah suapaya tepat menyelesaikan persoalan.

  • Rangkaian Elektronika

Terbentuknya suatu sistem atau fungsi pemroses sinyal sederhana dari dua komponen.

  • Programmable Logic Control (PLC)

Merupakan mikroprosesor yang dipergunakan untuk mengatur proses industri secara otomatis, seperti pengawasan dan pengontrolan mesin suatu pabrik.

  • Komunikasi Data dan Interface

Komponen untuk mengirim pesan dengan menggunakan media.

  • Sensor dan Aktuator

Sensor sebagai pengubah parameter fisik menjadi output listrik, sedangkan actuator pengubah sinyak listrik menjadi output listrik.

  • Perekayaan Sistem Kontrol

Mengelola, mengarahkan, atau mengatur perangkat/sistem lain.

 

PKL SMK Elektronika

PKL SMK Jurusan Elektronika

PKL SMK Jurusan Elektronika

Di SMK bukan hanya materi saja yang diajarkan, namun mempraktikkannyapun penting. Tentu berbeda dengan SMA yang cara belajarnya hanya dengan materi.

Pembelajaran yang mengahruskan siswa untuk praktik adalah melalui praktik lapangan kerja yang disingkat dengan PKL atau nama lainnya ialah prakerin. PKL ini merupakan tugas yang sangat wajib dilaksanakan dan merupakan syarat kelulusan siswa SMK. Namanya saja sekolah kejuruan, tentunya harus ada implementasi ilmu sesuai yang siswa pelajari.

Saat masa prakerin, siswa akan dikirim sekolah untuk magang di perusahaan – perusahaan. Kurun waktunya tergantung sekolah yang menentukan. Begitu pula dengan pelaksanaannya. Biasanya tugas prakerin ini didapatkan saat semester IV/V dan bahkan ada yang sehabis Ujian Nasional.

Di dunia magang siswa akan mengerjakan job desk masing – masing sesuai keahliannya. Untuk siswa jurusan Elektro, mereka akan menempati perusahaan yang berhubungan elektronik. Contohnya, perusahaan yang memproduksi hardware dan software mengarah pada mikrokontroller.

Siswa akan mendapatkan banyak ilmu baru yang mungkin di sekolah tidak diajarkan. Tidak hanya itu, prakerin ini merupakan pengalaman kerja karena sudah secara langsung terjun di perusahaan – perusahaan.

Bagi siswa jurusan Elektro, bersiap – siaplah kalian disiapkan tenaga kerja profesional ahli listrik yang akan kalian dapatkan setelah masa prakrin. Namun, dengan catatan jika kalian tekun dan semangat.

 

Peran Penting Jurusan SMK Elektronika Dalam Dunia Kerja

Inilah alasan mengapa jurusan Elektronika dibutuhkan oleh dunia kerja.

  1. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini sudah tidak bisa dihentikan, terutama dalam Maka dari itu, sudah pantasnya diperlukan tenaga – tenaga terampil untuk mengembangkan kemajuan teknologi dan jurusan Elektronika inilah yang akan menjadi penentu perkembangan teknologi nantinya.
  2. Saat ini perusahaan – perusahaan memanfaatkan sistem elektronika untuk membantu proses produksi dengan suplai tenaga listrik besar.
  3. Petrumbuhan intrastruktur telekomunikasi masih membutuhkan jurusan Elektronika walaupun, sudah ada Teknik Telekomunikasi.
  4. Untuk melakukan eksperimen serangkaian desain baru rekayasa teknik, pekerjaan di laboratirum akan membutuhkan lulusan Elektronika.

 

Prospek Kerja SMK Jurusan Elektronika

Prospek Kerja Jurusan Elektronika

Prospek Kerja Jurusan Elektronika

Ika jurusan ini memiliki peran penting dalam kemajuan teknlogi, maka pastinya akan mempunyi peluang kerja. Berikut yang dapat dijadikan refernsi pekerjaan Kalian;

  1. Industri Telekomunikasi

Kalian bisa menempati sebagai softwere engineer, SOP consultant, android developer.

  1. IT

Kalian dapat mengambil di posisi bussiner analyst atau IT Auditor.

  1. Ahli Robotik

Waaah dari namanya saja sudah keren. Di sini kalian dapat merancang robot sesuai dengan kebutuhan manusia.

  1. Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik pastinya membutuhkan lulusan Elektronika, karena lulusan ini sudah ahli dalam bidang listrik.

  1. Teknisi Ahli

Di sekolah sudah diterapkan pengetahuan tepat guna, maka para lulusan dapat menempati posisi ini. Seperti, otomotif, perkapalan, kelistrikan, hingga ndustri aviasi atau yang disebut pesawat.

  1. Intansi Pemerintah dan BUMN

Tidak hanya perusahaan swasta saja yang membuka lowongan untuk tenaga lulusan Elektronika, namun pemerintahpun turut menyediakannya. Seperti, PT. KAI, PTBA, PLN, Pertamina, Hingga PGN.

 

Demikianlah sekilas informasi tentang Jurusan Elektronika, semoga bermanfaat dan membantu para readers untuk menemukan apa yang mereka cari. Lebih kurangnya saya minta maaf ya.. Terimasih sudah membaca.. byee!

Baca Juga :  SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Related Article…